Opini

Empat Alasan kenapa PSS harus Kalahkan Madura FC

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

PSS akan melanjutkan perjuangannya dalam mengarungi babak 8 Besar dengan melawan Madura FC, hari Selasa (6/11) besok. Pertandingan ini menjadi laga kandang pertama Super Elja semenjak berjuang di babak ini. Sebelumnya Busari dkk telah melakoni 2 kali tandang.

Di dua laga tandang sebelumnya, PSS berhasil menahan Persita 1-1 di Tangerang. Yang terbaru, PSS harus mengakui keunggulan Persiraja Banda Aceh dengan 2-1.

Pertandingan besok bukanlah pertandingan yang sepele, targetnya jelas: wajib menang. Memang tidak perlu dipertanyakan lagi kenapa PSS harus menang di pertandingan ini. Namun saya mencoba menekankan, setidaknya ada 3 hal yang menjadi poin penting kenapa PSS harus menang melawan Madura FC.

  1. Memperbaiki peringkat

Seperti kita ketahui, sampai saat ini PSS baru mengumpulkan 1 poin dari 2 pertandingan awal. PSS harus rela berada di dasar klasemen dengan catatan 1 kali imbang dan 1 kali kalah. Jika PSS berhasil meraih kemenangan di laga ini, otomatis posisi mereka akan terangkat dan akan mempermudah jalan menuju babak semifinal.
Namun jika PSS kembali gagal mendapatkan poin maksimal, maka jalan menuju semifinal bakal lebih terjal dan sangat sulit dicapai.

  1. Ajang revans

Madura FC adalah satu-satunya tim yang berhasil mengalahkan PSS 2 kali berturut-turut di kandang maupun tandang. Di pertemuan pertama, PSS harus mengakui keunggulan Madura FC 1-2 dengan gol di menit-menit akhir.

Pada pertemuan kedua di Pulau Garam, PSS juga harus gigit jari setelah dipermalukan dengan skor 1-0. Pada pertemuan ketiga ini, PSS harus bisa melakukan revans. Jangan sampai PSS dipermalukan oleh Madura FC 3 kali berturut-turut dalam 1 musim. Dua kali bertemu dengan Madura FC seharusnya cukup bagi tim pelatih untuk benar-benar memahami pola permainan Madura FC sehingga bisa menemukan cara yang jitu untuk mengalahkan mereka.

  1. Meningkatkan mental pemain

Kekalahan di Aceh tentu meninggalkan kesan buruk bagi para pemain. Apalagi gol kekalahan muncul di babak perpanjangan waktu babak kedua. Mental para pemain PSS saat sedang berada di posisi kurang bagus.

Kemenangan adalah cara yang paling mujarab untuk meningkatkan mental para pemain PSS. Pertandingan kandang ini bisa jadi momentum untuk mengembalikan kepercayaan diri para penggawa Super Elja. Sehingga mereka siap kembali bertarung mati-matian di pertandingan away melawan Madura FC di pekan ke-4.

  1. Meraih kembali kepercayaan dari Sleman Fans

Dua pertandingan tandang tanpa kemenangan sepertinya membuat para Sleman Fans mulai kehilangan kesabaran dan mempertanyakan keseriusan PSS untuk promosi ke Liga 1. Berbagai macam kritikan tajam dan pedas mengalir kepada tim PSS maupun Individu pemain.

Kemenangan di laga lawan Madura FC tentu bisa sedikit mengobati kekecewaan Sleman Fans dan setidaknya meraih kembali kepercayaan dari mereka. Kepercayaan bahwa PSS memang serius untuk naik kasta musim ini.

Itulah beberapa poin yang seharusnya menjadi perhatian dari pihak pelatih ataupun manajemen dalam menghadapi laga kandang besok. Sudah seharusnya semua komponen di dalam tim PSS (manajemen, pelatih, pemain, dan suporter), bersama memiliki satu prinsip yang sama:

Mbuh Piye Carane, Kudu Menang! Ra Urusan!

Komentar
Ahmad Indra Pranata

Dokter muda yang mencintai sepakbola, bisa kamu hubungi di akun Twitter @mamas_ahmad