Analisis

Belajar Mengenal Istilah Statistik Dalam Sepakbola (Bagian 1)

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Statistik merupakan pengetahuan yang berhubungan dengan cara pengumpulan data, penyusunan data, pengolahan data, penganalisisan data, serta penyajian data berdasarkan kumpulan dan analisis data yang dilakukan.

Di sepakbola, statistik digunakan untuk menganalisis kemampuan pemain, perkiraan strategi suatu tim, analisis pertandingan, scouting pemain serta kebutuhan data tim dan masih banyak lagi.

Di dunia sepakbolaan modern penggunaan statistik sudah marak dilakukan, bahkan sudah menjadi konsumsi publik sehari-hari. Statistik juga merupakan bentuk sederhana dari ilmu sains yang dikombinasikan dengan ilmu olahraga, bisa dikatakan juga sports science.

Bahkan di zaman yang sudah modern ini banyak suporter yang sudah berpikir cerdas. Mereka tidak hanya melihat pertandingan dan hasil suatu pertandingan saja, tapi mereka sekarang sudah melihat dari berapa raihan statistik tim maupun statistik pemain yang bertanding.

Jadi mereka bisa mengetahui secara singkat, pemain mana yang bermain buruk maupun yang bermain baik.

Kita bisa melihat banyak dari konten Sleman Football yang sudah memakai berbagai istilah statistik sepakbola. Misalkan saja setelah pertandingan, Sleman Football selalu mengunggah statistik pertandingan tim PSS Sleman ataupun individual statistik pemain dalam bentuk grafis maupun tulisan.

Match Stats: Persibangga Purbalingga vs @pssleman #COSE #POIN3 #PSS #Sleman #Liga2 #slemanfootball

A post shared by Sleman-Football.com (@slemanfootball) on

Dalam menentukan MOTM (man of the match) tim statistik SlemanFootball pun juga memilih menggunakan raihan data statistik yang diperoleh pemain.

Kali ini Sleman Football akan menngajak kalian sedikit belajar mengenal istilah statistik dalam sepakbola. Kali ini kita akan belajar mengenal apa itu ball possesion, shot on target, shot off target, shot blocked, dan apa itu shot accuracy.

Pertama, ball possesion adalah istilah untuk penguasaan bola, artinya berapa lama waktu suatu tim dalam menguasai bola atau persentase jumlah total seluruh umpan sukses dan gagal suatu tim dalam sebuah pertandingan.

Kedua, shot on target adalah seluruh percobaan tendangan yang mengarah ke gawang, entah bola itu masuk ke gawang, berhasil dihalau kiper, pemain belakang atau pemain terakhir lawan.

Ketiga, shot off target adalah seluruh percobaan tendangan ke gawang yang arah bolanya melebar, melenceng dari gawang maupun mengenai tiang atau mistar gawang.

Keempat, shot blocked adalah semua percobaan tendangan yang mengarah ke gawang yang membentur atau dapat di blok oleh pemain lawan.

Kelima , shot accuracy adalah perhitungan antara shot on target dibagi dengan semua shot (tidak termasuk tendangan yang berhasil di blok lawan)

Sekilas dari lima istilah statistik di atas mungkin dalam belajar statistik itu bisa dibilang mudah-mudah gampang, karena kita dituntut untuk selalu mengingat dan menghafal.

Semuanya bisa dimulai dengan rajin membaca. Jangan malas membaca, belajar, dan menambah wawasan baru dalam statistik sepakbola. Jadilah suporter yang militan di atas tribun tapi tetap cerdas dan mempunyai wawasan yang luas.

Semoga bermanfaat guys!

Artikel bagian kedua bisa dibaca di sini.

Komentar