Analisis

Belajar Mengenal Istilah Statistik Sepakbola (Bagian 2)

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Menyambung artikel sebelumnya di Mengenal Istilah Statistik Sepakbola (Bagian 1), artikel kali ini akan menambah wawasan kalian tentang istilah statistik pada sepakbola lainnya.

Di kesempatan kali ini Sleman Football akan mengajak kalian belajar mengenal apa itu dribble(take-ons), tackles, clearance, interception, dan recovery.

Pertama, mulai dari dribble(take-ons) adalah usaha dari suatu pemain melewati pemain lawan.

Dribble dikatakan sukses ketika pemain melewati pemain lawan dengan bola masih di dalam penguasaan. Dan dribble dikatakan gagal ketika orang yang membawa bola ditekel lawan, atau ketika orang yang membawa bola menutupi bola (over run).

Kedua, tackles adalah ketika pemain yang berduel pada bola bawah dengan pemain lawan yang membawa bola sukses merebut bola menjadi penguasaan pemain tersebut.

Tekel dikatakan sukses ketika bola berhasil direbut oleh pemain yang melakukan tekel atau salah satu rekan timnya atau bola keluar dari arena permainan dan menjadi “aman”. Tekel dikatakan gagal ketika usaha tekel yang dilakukan tidak berhasil atau berujung pada pelanggaran.

Ketiga, clearance adalah sebuah aksi yang dilakukan pemain lini pertahanan membuang bola menjauhi gawang tanpa bermaksud mengumpan kepada rekan timnya.

Keempat, interception adalah kondisi di mana pemain memotong bola umpan lawan dengan bergerak ke jalur umpan tersebut.

Kelima , recovery adalah kondisi ketika seorang pemain memenangkan bola kembali saat keadaan lose ball (bola bebas) atau ketika bola mengarah langsung pada pemain tersebut.

Setidaknya di Bagian 1 dan Bagian 2 ini, kalian semua telah tahu sepuluh macam istilah statistik sepakbola. Dalam belajar statistik itu bisa di ilang mudah-mudah gampang, karena kita di tuntut untuk selalu mengingat dan menghafal.

Tunggu tulisan kami berikutnya mengenai istilah-istilah dalam dunia statistik sepakbola lainnya. Jangan malas membaca, belajar, dan menambah wawasan baru dalam statistik sepakbola.

Jadilah suporter yang militan di atas tribun tapi tetap cerdas dan mempunyai wawasan yang luas. Semoga bermanfaat guys , see you on next article!

Komentar