Berita

Bertandang ke Palangkaraya, Laskar Sembada Raih Hasil Imbang

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Tak terhitung jumlah genangan air di lapangan Stadion Tuah Pahoe pada awal babak pertama. Hujan deras yang sebelumnya mengguyur Kota Palangkaraya membuat kondisi lapangan kurang ideal bagi kedua tim.

Namun, hal itu tak menyurutkan penggawa PSS Sleman untuk membangun serangan. Belum genap lima menit, Rangga Muslim menyisir sayap kiri lalu melepaskan bola lambung ke kotak penalti. Umpan silang yang ia kirimkan justru mengarah ke gawang Kalteng Putra, tetapi dengan sigap Riki Pambudi menepis bola.

Sayap kiri menjadi sisi favorit Laskar Sembada di awal babak pertama. Penetrasi Ichsan Pratama harus dihentikan paksa oleh lini pertahanan tuan rumah. Dewa yang mengambil bola mati mengirimkan umpan lambung ke kotak penalti. Hampir saja Heri Susilo melakukan gol bunuh diri setelah gagal membuang bola.

Menit ke-20 menjadi titik balik permainan kedua tim. Giliran Made Wirahadi yang harus dijatuhkan oleh Asyraq Gufron di sisi kiri pertahanan PSS Sleman. Firman Utina memilih melakukan tendangan langsung ke tiang jauh dari gawang Ega Rizky, namun masih belum menemui sasaran.

Kembali sisi yang dijaga oleh Dewa dieksploitasi pemain Kalteng Putra. Siswanto menemukan celah untuk melakukan umpan silang setelah melewati mantan pemain Martapura FC itu. Bola mengarah ke Wirahadi yang berada di depan gawang. Untung saja Ega Rizky melompat untuk menepis bola sundulan penyerang yang pernah membela PSMS Medan itu.

Sementara itu, Super Elja berusaha memanfaatkan peluang dari sepak pojok dengan Gonzales sebagai target di kotak penalti. Hasilnya tak terlalu buruk, satu sundulan on target dan satu lagi hanya tipis di atas gawang Kalteng Putra. Meski begitu, hingga turun minum tak ada gol yang dihasilkan dari kedua tim.

Babak kedua dimulai dengan lapangan yang sudah mulai mengering. Tampak sudah tak ada lagi air yang menggenang. PSS Sleman mulai membangun serangan melalui Bagus Nirwanto dari sisi kanan. Umpan silangnya membuat Heri Susilo kembali hampir melakukan gol bunuh diri ketika membuang bola.

Sepak pojok yang diberikan kepada Super Elja menghasilkan bola liar di depan kotak penalti setelah lini pertahanan Kalteng Putra kurang sempurna dalam melakukan clearance. Bola disambar saja oleh Ichsan Pratama, namun masih tipis menyamping dari gawang Riki Pambudi.

Ichsan kembali mengancam pertahanan Kalteng Putra. Melakukan tusukan setelah menerima umpan terobosan dari Dave Mustaine, Ichsan mengirimkan cut back ke Irkham Mila di kotak penalti. Mila yang tak terkawal mendapat ruang tembak, tetapi sepakannya masih lemah.

Kalteng Putra gantian membahayakan gawang Ega Rizky. Menerima umpan lambung dari sisi kanan, M. Rais dengan mudah menguasai bola di dalam kotak penalti. Keberuntungan masih memihak kepada Laskar Sembada, sepakan M. Rais masih menyamping dari gawang.

Pertengahan babak kedua, Dave menghantikan paksa serangan Kalteng Putra di depan kotak penalti. Dadang Apridianto yang maju sebagai eksekutor mengarahkan bola ke tiang dekat, tetapi masih membentur mistar.

Seakan tak mau kalah, Dewa juga menunjukkan kelasnya dalam mengeksekusi bola mati. Mendapat tendangan bebas setelah Rangga dijatuhkan di sisi kanan, Dewa langsung mengarahkan bola ke gawang Riki Pambudi sehingga kiper Kalteng Putra itu harus berjibaku menepis si kulit bulat.

Menit ke-86, Busari mencatatkan shot on target pertamanya setelah menggantikan Dave. Berawal dari kerja sama antara Rifal Lastori dan Ichsan Pratama. Gelandang gaek tersebut mendapat bola di dalam kotak penalti. Namun sayang sekali tendangan masih mengenai kaki Riki Pambudi.

Peluang terakhir di laga ini diperoleh M. Rais yang mendapat bola setelah Ikhwan Ciptady tidak sempurna dalam membuang bola. Akan tetapi, Ega Rizky masih bisa menyelamatkan tendangan lemah dari Rais.

Hingga laga bubar skor tetap imbang tanpa gol. Hasil ini bisa dibilang sedikit menguntungkan bagi PSS Sleman. Namun untuk bisa lolos ke final, Laskar Sembada masih harus memenangi pertandingan leg kedua di Stadion Maguwoharjo. Jika saja pada laga yang dilangsungkan hari Rabu (28/11) berakhir imbang dengan Kalteng Putra berhasil mencetak gol, tim dari Palangkaraya itu yang akan maju ke final.

Komentar
Andhika Gilang

Perintis @tapakbola. Dapat dihubungi secara personal melalui akun @AndhikaGila_ng