Berita

Draft Pembagian Wilayah Liga 2

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Setelah PSSI menentukan jadwal kick off dan format awal kompetisi Liga 2 2018, langkah selanjutnya adalah menyusun rancangan pembagian wilayah dan juga jadwal kompetisi. Seperti kita ketahui bersama, Liga 2 direncanakan kick off pada 7 April 2018.

Liga 2 diikuti oleh 24 tim yang akan dibagi menjadi 2 wilayah. Pembagian menjadi 2 wilayah memang menjadi pilihan yang paling realistis karena Liga 2 musim ini diikuti oleh tim-tim dari Aceh sampai Wamena. Dengan membagi menjadi 2 wilayah, diharapkan pengeluaran tim-tim peserta akan dapat ditekan.

Beberapa waktu ini, muncul draft yang diposting oleh penggiat SOS, Akmal Marhali. Dari draft tersebut, Liga 2 dibagi menjadi 2 wilayah, Barat dan Timur. Pembagiannya pun berdasarkan kedekatan wilayah tiap klub dan juga memperhatikan rivalitas antar klub pada beberapa kasus. Namun, yang perlu digarisbawahi adalah bahwa ini masih sebatas draft dan bukan dikeluarkan langsung oleh PT LIB selaku operator liga.

Dalam draft yang muncul, PSS masuk ke Wilayah Barat, yang mencakup klub-klub dari Pulau Sumatera dan Pulau Jawa bagian Barat dan Tengah. PSS akan bertemu 4 tim Sumatera yaitu Persiraja Banda Aceh, Aceh United, PSPS Riau, dan Semen Padang FC. Dari wilayah Banten dan Jawa Barat, PSS akan menghadapi Cilegon United, Perserang Serang, Persita Tangerang, dan Persika Karawang. Sedangkan untuk tim di wilayah Jawa Tengah, PSS akan bersaing dengan Persibat Batang, Persik Kendal, dan Persis Solo.

Dari sisi jarak memang PSS lebih diuntungkan ketika berada di Wilayah Barat, tercatat hanya ada 4 tim yang berada di luar Pulau Jawa, dan jaraknya pun berdekatan. Aceh United dan Persiraja Banda Aceh masih berada di dalam satu provinsi NAD. Semen Padang dan PSPS Riau berada di dua Provinsi yang berdekatan. Hal ini otomatis akan menghemat biaya akomodasi dan faktor kebugaran tim daripada harus bertandang ke Wamena atau Biak.

Jika dari segi persaingan, persaingan di kedua wilayah akan merata. Semua tim Liga 2 sudah mempersiapkan diri sejak jauh-jauh hari untuk menghadapi Liga 2. Ke depannya tiap wilayah akan diambil 4 klub teratas untuk maju ke babak 8 besar, dan PSS akan bersaing dengan klub-klub seperti Aceh United, PSPS, Semen Padang, Cilegon United, Persika, dan Persis Solo.

Satu hal yang pasti, PSS tidak boleh meremehkan lawan. Dengan sistem kompetisi penuh, setiap pertandingan akan sangat menentukan. Poin demi poin harus diamankan jika tidak ingin terpeleset dari 4 besar. Semua pertandingan adalah final.

Komentar
Ahmad Indra Pranata

Dokter muda yang mencintai sepakbola, bisa kamu hubungi di akun Twitter @mamas_ahmad