Cerita

Fakta Menarik Pertandingan PSGC vs PSS

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Di pekan ke-13, PSS Sleman berhasil mengkandaskan perlawanan tuan rumah PSGC Ciamis dengan skor tipis, 2-3. Ketiga gol PSS dicetak oleh Dirga Lasut (2 Gol), dan kapten Busari. Ada beberapa fakta menarik yang tersaji di pertandingan yang digelar di Stadion Galuh Ciamis. Mari kita simak bersama, fakta-fakta menarik yang berhasil dihimpun.

1. Duabelas pertandingan tanpa kekalahan

Stadion Maguwoharjo dipercaya sebagai venue pembukaan Liga 2 2017. Pertandingan yang mempertemukan PSS Sleman dan PSCS Cilacap. Semua mata penggemar bola tertuju ke Sleman, dimana akan terjadi rematch final ISC B. Kedua tim kembali dipertemukan di malam itu, dan hasilnya juga sama: PSCS Cilacap berhasil mempecundangi PSS Sleman di depan pendukungnya sendiri dengan skor tipis 0-1.

Tamparan yang keras di awal musim Liga 2 langsung direspon positif oleh PSS SLeman. Pada pertandingan selanjutnya, PSS selalu mendapatkan poin. Sejak dikalahkan PSCS sampai match week ke 13, PSS tidak pernah mengalami kekalahan. 12 pertandingan dilakoni PSS tanpa sekalipun menderita kekalahan, dengan rincian 11 kemenangan dan 1 hasil seri. Hasil seri didapatkan saat PSS bertandang ke Batang, melawan Persibat Batang.

2. Dirga Lasut sebagai Top Scorer sementara

PSS memiliki striker yang bagus seperti Riski Novriansyah, dan juga Chandra Waskito yang sempat menduduki daftar top scorer ISC B 2016. Namun, ternyata di Liga 2, mereka tidak mencetak banyak gol untuk PSS Sleman. Justru, seorang Dirga Lasut yang berposisi sebagai gelandang tengah yang menjadi top scorer klub dengan 11 gol.

Tidak hanya itu, sementara ini Dirga Lasut juga menduduki puncak daftar pencetak gol di Liga 2. Dirga Lasut bersaing dengan striker Kalteng Putra, Rizaldy Bauwo, yang sudah mengoleksi 10 gol. Di bawahnya lagi, ada Trubus Gunawan (Persewangi), dan Misbakhus Solikhin (Persebaya) dengan 8 gol nya.

Dirga menjadi pemain spesialis tendangan bebas, jika tidak salah sudah 3 gol dia cetak dari free kick. Melihat progress permainan Dirga Lasut, bisa jadi di akhir musim ini Dirga keluar menjadi top scorer Liga 2.

3. Poin terbanyak

Dari 13 pertandingan yang telah dilakoni oleh PSS Sleman, 34 poin berhasil dikumpulkan. Jumlah ini menjadi jumlah poin terbanyak dari seluruh tim yang berlaga di Liga 2, dari grup 1- grup 8.

Rincian poin yang diperoleh PSS adalah 18 poin di kandang (6W 1L) dan 16 poin tandang (5W 1D). PSS masih bisa menambah poin mereka, ketika bertandang ke kandang PSCS Cilacap.

4. Kebobolan 2 gol

Selama 12 Minggu, PSS menjadi salah satu tim yang memiliki pertahanan kokoh. Hal ini terbukti dengan hanya 2 gol yang bersarang di gawang mereka. Pemain-pemain seperti Waluyo, Jodi Kustiawan, Hisyam Tolle, dan Zamzani dengan ulet menjaga gawang yang dijaga oleh Syahrul Fadil.

Pada match week 13, PSS harus kebobolan 2 gol dalam satu pertandingan. Jumlah kebobolan paling besar yang diterima PSS di Liga 2. Gol yang bersarang di gawang Try Hamdani salah satunya berasal dari titik putih.

5. Lima pemain terkena Kartu Kuning

Menurut akun @PSSleman, setidaknya ada 5 pemain yang mendapatkan kartu kuning di pertandingan melawan PSGC. Try Hamdani, Jodi, Waluyo, Tedi Berlian, dan Busari adalah list pemain yang harus mengantongi kartu kuning. Hal yang sangat disayangkan, seharusnya para pemain bisa mengendalikan diri supaya bermain lebih tenang.

Ini harus menjadi catatan khusus bagi tim pelatih, untuk menghindari adanya pemain yang absen karena akumulasi kartu. Jika ada pemain yang harus absen di babak 16 Besar akan menjadi kerugian besar untuk PSS.

6. Tidak jadi Live

Awalnya, laga PSGC vs PSS akan ditayangkan langsung oleh TV One, namun ternyata sampai pukul 18.30 tidak ada tanda-tanda TV One menyiarkannya secara langsung. Tentu saja hal ini memicu kemarahan warganet, ribuan akun Sleman Fans meminta klarifikasi kepada TV One terkait hal ini. Presenter cantik @Sandraolga tidak lepas dari kemarahan netizen, video permohonan maafnya “diserang” Netizen Sleman. 1064 reply dan 313 retweet pasti membuat Handphone wanita Indo-Jerman ini tak berhenti bergetar.

Melalui akun twitternya, TV One menyampaikan permohonan maaf karena gagal menayangkan pertandingan dikarenakan ada gangguan Satelit. Tidak hanya TV One yang mengalami trouble dalam siaran langsung, tapi juga Trans 7, ANTV, dan beberapa TV Nasional lainnya.

Komentar
Ahmad Indra Pranata

Dokter muda yang mencintai sepakbola, bisa kamu hubungi di akun Twitter @mamas_ahmad