Berita

Format dan Sistem Pertandingan Liga 2 2018

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Sejak Senin pagi (16/4) PSSI dan PT. Liga Indonesia Baru mengadakan managers meeting dengan para klub peserta Liga 2 guna membahas sistem pertandingan dan regulasi yang akan diterapkan untuk musim 2018.

Acara tersebut menghasilkan beberapa keputusan, di antaranya penyelenggaraan Liga 2 2018 akan diikuti oleh 24 tim di mana klub-klub tersebut akan dibagi menjadi 2 wilayah. Sistem pertandingan memiliki lima babak yakni dimulai dari penyisihan grup, perempat final, semifinal, perebutan tempat ketiga serta babak final.

Tim yang lolos ke final akan otomatis promosi ke Liga 1 diikuti oleh tim peringkat ke tiga yang akan menjalani laga hidup mati terlebih dahulu. Sementara itu tim yang menempati posisi 10, 11 dan 12 di masing-masing wilayah harus rela terdegradasi ke Liga 3.

Selanjutnya format home and away akan digunakan dalam babak penyisihan hingga semifinal. Untuk laga final dan perebutan tempat ketiga akan menggunakan format single match. Sebagai pembuka, laga Liga 2 musim 2018 akan bergulir pada Senin (23/4/2018) di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah dengan mempertandingkan Persis Solo kontra Semen Padang.

Kampiun dari Liga 2 akan diganjar dengan hadiah 1,5 miliar dan runner up 1 miliar. Lalu untuk posisi ketiga mendapatkan 500 juta dan posisi ke-4 mendapat hadiah 250 juta.

Hal ini membuat persaingan di Liga 2 tak bisa dipandang sebelah mata. Tim-tim tersebut harus mati-matian berjuang untuk menghindari jurang degradasi. Ibarat kata, 24 klub akan memperebutkan 3 jatah promosi dan menghindari 6 slot jatah degradasi.

Terlebih PSS Sleman yang musim ini telah mematok target ke Liga 1, tentu harus menjalani ketatnya penyisihan grup melawan tim-tim kuat di wilayah timur seperti terbagi di pembagian klub wilayah timur ini.

Daftar klub yang tergabung dalam wilayah timur Liga 2 2018

Komentar
Awaludin

Masih menimba ilmu di UIN Sunan Kalijaga dan masih akan terus mencintai PSS. Bisa dihubungi via akun Twitter @al_arif14