Berita

Hattrick Tambun Naibaho Bawa PSS Sleman Gasak Persibat Batang

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Menjamu Persibat Batang di kandang sendiri, PSS Sleman langsung tancap gas dari menit awal. Belum genap dua menit pertandingan berjalan, Thaufan Hidayat melakukan tusukan dari sisi kanan setelah menerima umpan dari Ilham Irhas. Sayang sekali sepakan Thaufan masih melambung.

Tak hanya dari sisi kanan, Rangga Muslim di sisi kiri pun bebeberapa kali merepotkan pertahanan tim tamu. Umpan terobosan yang ia berikan kepada Tambun Naibaho pada menit ke-11 menjadi salah satu peluang bagi PSS Sleman. Namun, umpan Rangga lebih dekat kepada kiper Persibat, Tri Febri.

Lima menit kemudian, memanfaatkan tingginya garis pertahanan Persibat, Yericho Christiantoko melepas through pass yang gagal diantisipasi pemain bertahan Persibat. Tambun dengan cekatan mengejar bola dan merobek gawang Persibat setelah sebelumnya mengelabuhi satu pemain bertahan serta penjaga gawang tim tamu.

Kubu Persibat tak tinggal diam. Anak asuh Daniel Roekito mencoba membangun serangan. Namun, baru menit ke-22 Persibat mampu melepaskan tembakan melalui Busari. Beruntung bagi Ega Rizky, tembakan mantan kapten PSS Sleman tersebut hanya melenceng di sisi kiri gawangnya. Tak patah arang, Busari kembali mengancam lima menit berselang, tetapi tendangannya masih melambung.

Memasuki menit ke-36, Ilham Irhas melepas umpan yang memanjakan Thaufan untuk melakukan penetrasi. Melihat Rangga Muslim di tiang jauh, Thaufan melepas umpan silang. Seketika Sleman Fans bersorak, tetapi wasit berkata lain. Rangga yang sempat menceploskan bola ke gawang Persibat dinyatakan dalam posisi offside saat menerima umpan dari Thaufan.

Di akhir babak pertama, Thaufan dan Rangga bertukar posisi. Thaufan yang kini berada di sisi kiri penyerangan Super Elja sempat memiliki peluang setelah menerima umpan Hisyam Tolle, tetapi masih gagal memperbesar keunggulan. Babak pertama ditutup dengan sepakan Agung Supriyanto yang masih dapat diamankan Ega Rizky dengan mudah.

Di awal babak pertama, PSS Sleman melakukan penyegaran. Syamsul Bahri masuk bersama Dave Mustaine, Ichsan Pratama, serta Irkham Mila. Baru saja menginjak rumput, Syamsul langsung memberikan ancaman. Sayang sekali umpan panjangnya gagal dikontrol dengan baik oleh Mila.

Tak mau kalah, Persibat juga memberikan ancaman melalui Agung Supriyanto. Penyerang bernomor punggung 31 tersebut menerima umpan dari Ugiek Sugiyanto di kotak penalti PSS Sleman. Namun, tendangan Agung masih belum mampu menjebol gawang Ega Rizky.

Dalam jangka waktu 10 menit berikutnya, permainan menjadi milik Laskar Sembada. Kali ini Tambun Naibaho menjadi aktor utama. Rentetan peluang PSS Sleman diawali dengan tendangan melambung dari Tambun setelah mengontrol bola liar akibat kesalahan bek tim tamu dalam menghalau umpan Dave Mustaine.

Kemudian, kerja sama antara Rangga Muslim dan Yericho Christiantoko dari sisi kiri diakhiri dengan umpan silang yang gagal dijangkau Tambun. Selanjutnya, giliran Tambun melayani rekannya. Penyerang asal Samosir tersebut memberikan umpan terobosan bagi Rangga Muslim. Keberuntungan belum memihak kepada Rangga. Ia gagal menyelesaikan peluang posisi satu lawan satu menghadapi Tri Febri.

Gawang Persibat akhirnya kembali jebol pada menit ke-60. Kerja sama antara Rangga Muslim dan Irham Mila dari sisi kanan diakhiri dengan umpan manis yang memanjakan Tambun. Tanpa tekanan berarti dari pemain belakang tim tamu, Tambun dengan mudah menceploskan bola ke dalam gawang lawan.

Menit ke-68, PSS Sleman kembali mendapat peluang. Kerja sama Rangga dan Ichsan dari sisi kiri diakhiri umpan silang ke tiang jauh yang hanya menghasilkan sepak pojok. Sebelum sepak pojok diambil, Herkis melakukan pergantian fullback dengan memasukkan Wirabuana Prayoga dan Bagus Nirwanto.

Selang empat menit, Rangga memiliki peluang satu melawan satu dengan Tri Febri setelah menerima umpan dari Ichsan Pratama. Ketenangan yang masih kurang membuat sepakan Rangga masih melenceng di sisi kanan gawang Persibat.

Bagus Nirwanto yang baru beberapa menit masuk, menjadi kreator serangan pada menit ke-73. Membangun serangan dari bawah, pemain yang akrab disapa Munyeng tersebut melepaskan umpan kepada Tambun. Dengan teknik tinggi, Tambun berhasil melambungkan bola di atas penjaga gawang Persibat. Tendangan tersebut membuat Tambun tercatat di papan skor untuk ketiga kalinya.

Tim tamu sempat memperkecil ketertinggalan di metnit akhir pertandingan. Tendangan bebas dari sisi kanan pertahanan PSS Sleman gagal dihalau dengan sempurna. Bola liar mengarah kepada Busari yang selanjutnya berhasil menceploskan bola ke gawang Ega Rizky.

Sampai peluit panjang ditiup, skor akhir tidak berubah. Kemenangan 3-1 atas Persibat Batang menjadi kemenangan ketiga PSS Sleman selepas Copa Sleman. Kemenangan ini juga menlanjutkan catatan apik Super Elja yang selalu menang melawan tim peserta Liga 2 dalam tajuk uji tanding.

Komentar
Andhika Gilang

Perintis @tapakbola. Dapat dihubungi secara personal melalui akun @AndhikaGila_ng