Editorial

Langkah Strategis Sleman Football

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Tidak terasa situsweb Sleman Football sudah memasuki bulan kedua mengudara di jagad maya. Ada suka dan duka tentunya. Tapi, sambutan Sleman Fans dan publik sepakbola pada umumnya terus memelihara semangat kami untuk berkarya.

Hanya saja persoalan mulai mendera. Dana yang kami gunakan selama ini berasal dari investor sudah menipis, karena memang hanya diset untuk cukup 1-2 bulan saja. Setelahnya, Sleman Football dituntut untuk bisa mandiri menghidupi dirinya sendiri.

Oleh karenanya kami akan mulai melakukan rencana strategis agar media komunitas ini senantiasa bisa hidup dan bermanfaat bagi semua pihak. Kami akan mulai memikirkan bagaimana cara memperoleh pemasukan.

Jika Sleman Football ini diibaratkan sebagai sebuah start up, maka di bulan kedua ini kami mulai merancang business plan dan bersiap mendapatkan pendanaan atau bahasa kerennya monetize.

Ada dua hal yang kiranya bisa kami lakukan. Pertama, mulai mencari iklan untuk ditampilkan di sleman-football.com dan akun media sosial. Langkah ini umum digunakan oleh semua start up media.

Kedua, memproduksi dan menjual signature merchandise Sleman Football. Untuk yang satu ini kami memikirkan betul untuk tidak berbenturan dengan merchandise tentang PSS atau sepakbola Sleman yang sudah beredar. Karena itu pula, kami berpikir untuk memproduksi secara terbatas.

Mengapa terbatas?

Kami berhitung mengenai kebutuhan operasional bulanan, mulai untuk membayar domain, hosting, akomodasi untuk mengirim crew awaydays, dan seabrek kebutuhan lain, kiranya kami hanya akan memproduksi sejumlah merchandise yang jika terjual keuntungannya cukup untuk membiayai operasional SF.

Itu juga untuk membatasi kami agar nantinya tetap fokus berkarya di media melalui tulisan, analisis, maupun konten kreatif lain, bukan malah lebih fokus jualan. Sakcukupe wae yo ora lik?

Lha, bagaimana kalau nanti ada calo?

Tenang, kami juga memikirkan hal tersebut. Kami akan coba cari cara terbaik untuk mengantisipasi hal itu. Lagipula sebenarnya muluk-muluk kalau kami berpikir hal itu bisa terjadi, ini kan “cuma” signature merchandise Sleman Football, bukan jersey PSS Sleman.

Ya langkah kami tentu tidak semua akan berjalan mulus. Tapi, perlahan kami coba untuk terus berkembang. Siapa tahu di masa depan, selain berkarya untuk PSS dan Sleman, kami juga bisa memberi sumbangan materi bagi klub tercinta.

Ah bermimpi memang mudah, eksekusinya yang biasanya sulit. Mari bersama memulai langkah awal untuk diikuti langkah-langkah strategis selanjutnya demi mewujudkan mimpi Sleman Kota Sepakbola.

Komentar
Joko Sembada

Menanti waktu untuk menikmati teh di beranda rumah bersamamu, dik...