Berita

Laskar Sembada Menangi Laga Terakhir Sebelum Libur Kompetisi

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Peluit tanda dimulainya pertandingan ditiup wasit Kasman di tengah hujan deras yang mengguyur Stadion Maguwoharjo. Martapura FC langsung keluar menyerang ditandai dengan sepakan Aidil Bogel yang masih melebar di kiri gawang Stya Beny.

Sementara PSS Sleman baru mendapat peluang saat Ichsan Pratama dilanggar pemain bertahan tim tamu. Namun, tendangan bebas Dave Mustaine masih jauh melambung ke arah penonton di tribun kuning.

Seakan tak mau membiarkan tuan rumah keluar dari tekanan, Martapura FC kembali menggalang serangan. Pada menit ke-6 Uko Wahyu melepaskan shooting lemah, bola yang licin sempat lepas dari dekapan Beny tetapi masih dapat diaman kembali.

Tak ingin terus dikurung, Laskar Sembada akhirnya bisa membangun serangan. Berawal dari skema sepak pojok yang dikirim Adi Nugroho, bola liar langsung saja disambar Ichsan Pratama. Tendangan Ichsan melambung di atas mistar Juni Irawan.

Semenit berselang, Ichsan kembali terlibat dalam penciptaan peluang. Menerima through pass dari Tambun Naibaho, pemain bernomor punggung 23 tersebut melepaskan umpan silang ke arah Rival Lastori. Lastori bermaksud melakukan first time shoot, tetapi sama sekali tidak menemui sasaran.

Pada menit ke-11, tuan rumah akhirnya memecah kebuntuan. Bagus Nirwanto yang sedang naik membawa bola memutuskan untuk melepaskan tendangan. Sepakannya dibelokkan oleh Ichsan Pratama lalu kembali membentur bek Martapura FC. Juni Irawan yang terlanjur mati langkah tak kuasa menahan bola. Skor 1-0 untuk PSS Sleman.

Ichsan Pratama kembali mendapat peluang saat pemain belakang tim tamu berusaha menyapu crossing Adi. Bola membentur Ichsan dan mengarah ke gawang, namun masih melambung. Dave juga menunjukkan aksinya saat menyambar bola liar hasil umpan lambung Vandy Prayogo di depan kotak penalti. Tendangannya sedikit melambung di atas gawang Martapura FC.

Dave kembali mendapat peluang pada menit ke-34. Menerima umpan Munyeng di lini tengah, Dave melakukan kerja sama satu-dua dengan Ichsan Pratama. Umpan matang Ichsan di depan kotak penalti langsung disambar Dave. Bola sepakannya masih melambung tipis saja di atas mistar.

Tim tamu juga beberapa kali menciptakan peluang melalui sisi kiri yang dihuni Aidil Bogel dan Aditya Putra Dewa. Menit ke-28 Aidil Bogel berhasil mengelabuhi Bagus Nirwanto, tetapi cut back-nya dapat dihalau Arie Sandy. Sembilan menit kemudian kerja sama mereka berdua kembali mengancam, namun tendangan Aditya Putra Dewa masih menyamping.

Memasuki lima menit terakhir, PSS Sleman kembali mendapat beberapa peluang. Super Elja mendapat hadiah penalti karena Dave ditarik saat berusaha menyambut sepak pojok Adi Nugroho. Tambun Naibaho yang maju sebagai eksekutor gagal menunaikan tugas setelah tendangannya hanya membentur mistar.

Rival Lastori juga mendapat kesempatan pada menit ke-42. Berada di kotak penalti, dua kali beruntun tendangannya membentur pemain lawan sedangkan sepakan ketiga hanya menghasilkan tendangan gawang bagi Martapura FC.

Babak pertama ditutup dengan peluang dari sepak pojok Bagus Nirwanto. Adi Nugroho yang menyambut umpan memberikan bola ke depan gawang. Bala mengarah ke Tambun yang berinisiatif melakukan overhead kick, tetapi masih sedikit melambung.

Awal paruh kedua hingga menit ke-52, bola dikuasai oleh Martapura FC mesikipun tidak ada satupun peluang yang membahayakan gawang Beny. PSS Sleman baru berhasil keluar dari tekanan saat Vandy Prayoga mengambil tendangan bebas akibat Ichsan dijatuhkan paksa.

Tidak ada serangan berbahaya juga yang dihasilkan oleh tim tuan rumah. Hingga menit ke-65, Rangga Muslim yang sebelumnya masuk menggantikan Adi Nugroho melakukan serangan balik cepat. Tambun yang meneruskan serangan dari Rangga mengirim umpan kepada Lastori yang berlari menuju kotak penalti.

Lastori berusaha menguasai bola sebelum akhirnya ditabrak oleh pemain belakang Martapura FC. Wasit menunjuk titik putih atas pelanggaran tersebut. Kali ini, Dave maju sebagai eksekutor. Namun, sama seperti Tambun, tendangannya mengenai mistar gawang Juni Irawan.

Dua menit berselang, Ichsan yang sedari awal laga menjadi motor serangan ditekel dengan keras saat berusaha mengawali serangan. Akibat pelanggaran tersebut, Ichsan harus ditandu keluar lapangan. Ilham Irhaz yang mengambil tendangan bebas mengarahkan bola ke kiper Martapura FC, namun masih berhasil ditepis.

Rival Lastori benar-benar merepotkan tim tamu. Menerima umpan Dave, pemain pinjaman dari Borneo FC tersebut berhasil melakukan dribbling melewati dua pemain belakang sebelum akhirnya bola dapat dihalau dari kotak penalti.

Lastori kembali menunjukkan kontribusinya setelah menerima umpan jauh dari Vandy Prayogo di sisi bersebrangan. Tak mau egois, ia memberikan umpan kepada Tambun yang berada di dalam kotak penalti. Sayang tendangan Tambun masih dapat ditepis kiper tim tamu.

Sebelumnya Tambun juga terlibat dalam peluang Laskar Sembada. Pemain asal Sumatera Utara tersebut memberikan umpan matang kepada Rangga Muslim yang berlari masuk ke sisi kiri kotak penalti. Namun, tendangan Rangga masih menyamping di sisi kanan gawang tim tamu.

Tamu dari Kalimantan juga sempat mendapat peluang saat Tolle gagal membuang bola yang malah mengenai tangannya sendiri. Tendangan bebas untuk Martapura FC diambil oleh Aditya Putra Dewa. Bola sepakannya mengarah ke kiri bawah gawang PSS Sleman, tetapi dapat diselamatkan oleh Beny.

Sepuluh menit terakhir nyaris tak ada serangan berarti dari kedua tim. Wasit meniupkan peluit panjang di antara remang-remang langit sore yang menandai kemenangan ketiga PSS Sleman di Liga 2 musim ini. Setelah pertandingan ini, kompetisi akan memasuki masa libur panjang. Selama itu, Laskar Sembada akan tetap bercokol di tempat kedua klasemen sementara.

Komentar
Andhika Gilang

Perintis @tapakbola. Dapat dihubungi secara personal melalui akun @AndhikaGila_ng