Berita

Libas Persiraja, PSS Sleman Lolos ke Semifinal

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Kembali bermain dihadapan suporternya, Laskar Sembada membuka serangan melalui Ichsan Pratama dari sayap kanan hingga harus dijatuhkan oleh lini pertahanan Persiraja Banda Aceh. Aditya Putra Dewa maju sebagai eksekutor berusaha mengirimkan bola ke kotak penalti tetapi dapat dihalau oleh pagar hidup.

Tuan rumah akhirnya mencetak gol pada menit ke-12. Diawali dari umpan terobosan Rifal Lastori ke kotak penalti. Bola diambil Rangga Muslim yang berlari dari sayap kanan. Mantan pemain PSIM Yogyakarta tersebut mengirimkan umpan pendek yang dapat dikonversi Cristian Gonzales menjadi gol.

Lastori kembali menginisiasi serangan balik setelah menerima umpan dari Gonzales dalam skema serangan balik. Setelah melakukan dribble cepat, ia memberikan bola ke Rangga di kotak penalti. Gagal mencari ruang tembak, Rangga kembali memberikan bola pendek ke Lastori. Dalam situasi satu lawan satu, pemain pinjaman dari Borneo FC itu gagal menyelesaikan peluang.

Persiraja Banda Aceh giliran menyerang di tengah babak pertama. Viktor Pae dari sisi kanan mengirimkan umpan silang mendatar ke kotak penalti. Bola berbahaya tidak diantisipasi oleh lini belakang PSS Sleman sehingga menemui Abu Bakar di sisi seberang. Untung saja sepakannya masih melebar.

Tidak ada peluang berbahaya lagi di sisa paruh pertama. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum. Babak kedua, Super Elja kembali tancap gas. Ichsan membuka peluang melalui shooting dari depan kotak penalti setelah melakukan kombinasi satu dua dengan Gonzales, namun masih melebar.

Tim tamu gantian menginisiasi serangan melalui Viktor Pae di sisi kiri memanfaatkan Bagus Nirwanto yang salah mengambil keputusan. Umpan silang ia kirimkan ke kotak penalti di mana ada satu rekannya berdiri bebas di tiang jauh. Untung saja bola dapat dihalau Dewa.

Pada menit ke-56, Gonzales berhasil mencetak gol keduanya. Berawal dari kombinasi Lastori dan Ichsan, bola diberikan ke depan kotak penalti. Di mana Gonzales berdiri bebas mendapat ruang tembak. Tendangan mantan pemain Timnas Indonesia tersebut mengenai bek lawan. Bola justru melambung sehingga gagal dijangkau kiper lawan dan dengan mulus masuk ke gawang.

Dua menit kemudian serangan balik cepat melalui Ichsan yang kemudian mengirim umpan kepada Lastori di sisi kanan. Walaupun bola sempat dihentikan, Lastori masih bisa mendapatkan bola. Ia lalu melakukan dribble cepat masuk ke kotak penalti. Bola kemudian diumpankan ke depan gawang di mana Gonzales dengan mudah melakukan tap in dan memberikan gol ketiganya di laga ini.

Laskar Sembada tak mengendurkan serangan. Dalam skema serangan balik, Lastori bergerak ke halfspace sehingga membebaskan ruang di sayap kiri. Bola diumpankan ke Ichsan yang kemudian melepaskan umpan lambung ke Gonzales di tiang jauh. Bola ditinju oleh kiper, namun dapat dijangkau oleh Dave. Memanfaatkan gawang yang kosong, ia dengan mudah mencetak gol keempat PSS Sleman.

Gol terakhir tuan rumah diawali oleh serangan yang dibangun oleh Amarzuki di halfspace kanan dan terpaksa dilanggar keras oleh lini pertahanan Persiraja. Dewa yang menjadi eksekutor melakukan shooting langsung ke pojok atas tiang jauh. Kiper Persiraja tak menyangka bola mengarah ke gawang. Sejurus kemudian, terciptalah gol cantik dari mantan pemain Martapura FC tersebut.

Hasil 5-0 pada laga ini merupakan kemenangan terbesar bagi Super Elja di musim ini, sekaligus meloloskan Laskar Sembada ke semifinal Liga 2 musim ini dengan status juara Grup B. Dengan ini, hanya tinggal berjarak selangkah saja dengan promosi ke Liga 1.

 

Komentar
Andhika Gilang

Perintis @tapakbola. Dapat dihubungi secara personal melalui akun @AndhikaGila_ng