Analisis

Menilik Calon Lawan PSS Sleman: Kalimantan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Liga 2 Indonesia dijadwalkan akan bergulir mulai 23 April 2018. Format 2 wilayah dipilih untuk meringankan biaya tour setiap tim. Dari 24 tim peserta Liga 2, ada 9 tim yang berasal dari luar Jawa. Sangat tidak memungkinkan apabila Liga 2 dilakukan dalam format satu wilayah. Mengingat keuangan tim Liga 2 jauh berbeda dengan kontestan Liga 1. PSS Sleman telah dipastikan akan tergabung dengan Grup Timur Liga 2 Indonesia 2018. Semua kontestan asal Pulau Kalimantan turut meramaikan grup timur tersebut. Lantas, bagaimana persiapan calon lawan PSS Sleman yang berasal dari Pulau Kalimantan itu?

Persiba Balikpapan

Laskar Beruang Madu harus rela turun kasta ke Liga 2 2018, setelah meraka tak mampu bangkit dari keterpurukan kala berlaga di Liga 1 2017. Pasca terdegradasi, kubu Persiba terus melakukan persiapan guna menyambut kompetisi musim 2018. Dalam turnamen pramusim, Persiba turut serta dalam gelaran turnamen Piala Gurbernur Kaltim (PGK) dengan hasil sekali menang dan dua kali kalah. Selain mengikuti PGK, Persiba juga menggelar turnamen trofeo bertajuk Battle of Borneo yang diikuti klub Liga 1. Di luar dugaan, anak asuh Wanderley Junior itu mampu keluar menjadi juara.

Di jajaran pemain, skuat Persiba kali ini dihuni banyak muka baru. Tampak juga mantan penggawa PSS Sleman musim lalu, Rosi Noprihanis, yang merapat ke tim yang kini berkandang di Stadion Batakan tersebut. Selain itu. ada pula muka-muka lama pemain senior yang sudah malang-melintang di Liga Indonesia, yakni Siswanto yang turut meramaikan skuat Persiba musim 2018.

PSS Sleman sempat betemu Persiba dalam rangka uji tanding beberapa waktu lalu. Lewat pertarungan yang sengit, PSS akhirnya berhasil mengandaskan perlawan tuan rumah dengan skor akhir 2-3. Dari pertandingan tersebut, ada satu nama yang wajib diwaspadai PSS jika bertemu dengan Persiba pada Liga 2 mendatang, yakni Bryan Caesar. Si pemain berhasil menaklukan gawang PSS dua kali dalam satu laga uji tanding tersebut.

Martapura FC

Tim yang berkandang di Stadion Demang Lehman ini selama beberapa musim terakhir masih belum juga beranjak dari kasta kedua Liga Indonesia. Padahal. Laskar Sultan Adam ini kerap tampil trengginas pada fase grup dan mampu lolos ke fase berikutnya. Termasuk pada musim 2017 lalu di mana mereka berhasil tampil hingga babak 4 besar dan nyaris promosi ke Liga 1. Sayang, nasib baik kembali belum menaungi mereka seperti musim-musim sebelumnya.

Kini jajaran pelatih Martapura tampak mempersiapkan tim dengan cukup serius. Setelah mengikuti Piala Presiden 2018, Martapura FC melakukan tur Jawa dengan menggelar uji tanding bersama tim lokal setempat. Untuk jajaran pemain, Hartono Ruslan merekrut beberapa pemain baru seperti Cristopher Sibi, Eki Nurhakim dan Resky Fandi. Pemain andalan mereka, Aidil Bogel nampak masih bertahan di Martapura. Sembari menunggu kejelasan Liga dan sekaligus menjaga kebugaran pemain, tim yang kini bekerjasama dengan apparel Kelme ini menggelar uji tanding dengan tim lokal Kalimantan.

Walau tidak sering bertemu, PSS dalam perjalanannya dalam kancah Liga Indonesia pernah beberapa kali bertanding melawan klub dari Kota Intan ini. Pada tahun 2016 dalam pertandingan yang digelar di Maguwoharjo, Laskar Sembada berhasil menumbangkan tim tamu dengan skor 2-1. Namun ketika gantian bertandang ke Kalimantan, PSS kalah dengan skor cukup telak yakni 3-0.

Kalteng Putra

Dari 3 tim asal Kalimantan peserta Liga 2 Indonesia 2018, Kalteng Putra menjadi tim yang paling serius dalam persiapannya untuk kompetisi April mendatang. Selama pramusim berlangsung pelatih mereka, Kas Hartadi, menambah skuat Kalteng Putra dengan mendatangkan 3 pemain yang sudah banyak makan asam garam di Liga 1. Mereka adalah Michael Orah, Zulvin Zamrun dan Ferry Aman Saragih yang didatangkan unuk menambah kekuatan tim asal Palangkaraya tersebut.

Sebelumnya mantan pemain Persela, Taufiq Kasrun telah mendahului bergabung dengan tim. Secara keseluruhan, Kalteng Putra musim ini dihuni nama-nama yang tak asing di persepakbolaan Indonesia. Jelang kick-off liga, pelatih yang kini berlisensi A AFC ini menambah lini pertahanan dengan mendatangkan mantan punggawa PSGC Ciamis, Dendi Agustan. Dalam laga pramusimnya, Joko Sasongko dan kawan-kawan turut mengikuti gelaran piala Presiden 2018. Pada gelaran tersebut, Kalteng Putra mampu tampil cukup mengejutkan dengan total meraih 4 poin dari 3 laga.

Di laga pramusim lain, mereka kalah dari Borneo FC, menang atas Persiba Balikpapan di kandang dan seri di Stadion Batakan, Balikpapan.

Dari pengalaman sebelumnya, tim asal Kalimantan kerap tampil mengejutkan. Namun, diharapkan PSS Sleman tetap mewaspadai hal seluruh aspek pertandingan, baik faktor teknis maupun faktor non-teknis.

Tetap semangat Super elja!

Komentar
Bagus Ananditya

Penikmat ketela bakar ketika waktu Maghrib tiba. Bisa ditemui di akun @BagusAnanditya