Analisis

Menilik Calon Lawan PSS Sleman: Sumatera

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Kabarnya Liga 2 Indonesia akan dimulai pada 7 April 2018, dengan format 2 wilayah yang diikuti total 24 klub. Semua klub pastinya sedang giat-giatnya mempersiapkan kompetisi mendatang dengan berburu pemain berkelas untuk mengisi skuat mereka.

Tak hanya itu sebagian tim juga menggelar laga uji tanding atau mini turnamen pramusim baik dari level tim daerah hingga tim luar negeri yang sedang tur pramusim di Indonesia. Sangat menarik untuk disimak persiapan mereka. Ulasan ini untuk mengetahui sepanjang apa persiapan calon lawan PSS Sleman dalam Liga 2 Indonesia 2018.

Aceh United

Aceh United merupakan debutan di kasta kedua liga Indonesia setelah tahun lalu mampu mengkandaskan PSAD Balikpapan dengan skor 2-0 pada perebutan tempat ketiga. Tim yang dibina oleh HM Zaini Yusuf ini, nampaknya sangat serius untuk mempersiapkan skuat timnya menuju Liga 2 Indonesia 2018.

Dalam jajaran pelatih, Aceh United mengontrak Simon Elissetche yang pernah membawa Karketu FC (tim liga 1 Timor Leste) merengkuh juara nasional. Untuk pelatih kiper tim asal aceh itu diisi  mantan kiper timnas, yakni Markus Horison.

Skuat Aceh United saat ini dihuni Osas Saha yang baru saja mendapatkan naturalisasi dan beberapa pemain yang moncer di Liga Indonesia seperti Rully Desrian, Syakir Sulaiman, dan Hendra Sandi.

Aceh United sendiri menggelar turnamen pramusim di kandangnya dengan mengundang kontestan Liga 2 asal Sumatera yakni Semen Padang dan PSPS Pekanbaru. Turnamen itu sendiri dimenangkan oleh tim yang berkandang di Stadion Harapan Bangsa itu.

PSPS Riau

Askar Betuah terhenti langkahnya pada babak 8 besar Liga 2 2017 sehingga memaksa tim asal Riau ini bertahan di kasta kedua sepak bola Indonesia. Sipendri ditunjuk sebagai pelatih PSPS sementara karena Jafri Sastra memutuskan untuk meninggalkan PSPS.

Skuat PSPS Riau kali ini cenderung berbeda dengan kompetisi tahun lalu. Banyak pemain yang hijrah ke tim lain seperti Dzumafo, Leo Guntara dan Victor Pae yang jadi andalan pada musim lalu. Akan tetapi bek tangguh Wahyu Kristanto dan gelandang Firman Septian masih bertahan di Riau. PSPS kini memiliki striker haus gol pengganti Dzumafo yakni Rahman Abanda.

Dalam persiapan kompetisi mendatang, tim kebanggan masyarakat Riau ini telah mengikuti beberapa turnamen seperti Piala Presiden 2018 dan Cawan Cup 2018. Meskipun hasilnya belum memuaskan, Sipendri menuturkan “Turnamen pramusim memang sejak awal kami jadikan ajang untuk mengukur latihan-latihan kami selama ini. Secara permainan kami sudah bagus. Memang hasil akhir tidak berpihak kepada kami saja,” seperti dilansir lewat media official PSPS.

Semen Padang

Masyarakat Padang harus merelakan tim kebanggaanya turun kasta setelah laskar Kabau Sirah tak mampu bersaing dalam ketatnya Liga 1 2017. Tentu saja hal itu membuat beberapa pemain hijrah ke tim lain. Rico Simanjuntak memilih bergabung bersama Persija, Novan Setya merapat ke Sriwijaya FC dan seluruh pemain asing hengkang karena regulasi.

Praktis pelatih Safriyanto Rusli harus mencari pemain baru yang ideal untuk kompetisi mendatang. Bergabungnya Mardiono dan Elthon Maran menambah harapan besar tim asal Padang ini untuk menemani Irsyad Maulana Cs kembali ke Liga 1 Indonesia.

Laga uji tanding yang dilakoni Semen Padang hingga saat ini belum membuat Safriyanto puas. Ia akan menambah beberapa pemain, “Ya, kebutuhan utama sekarang striker murni. Ini masih kita cari. Berbeda dengan pemain tengah. Masuknya Elthon Maran, Abdul Rahman Lestaluhu, Manda Cingi, lini tengah kita saya rasa sudah komplit.

Sebelumnya telah ada yang lama Irsyad, Rudi, Frido, Finno dan Mardiono. Ditambah eks. tim junior Semen Padang, Rosad dan Ronaldo Eko,” dilansir dari indosport.com.

Persiraja Banda Aceh

Tim asal Aceh lainnya yakni Persiraja Banda Aceh bertahan di kasta kedua liga Indonesia setelah susah payah berjuang di jalur play-off Liga 2 Indonesia 2017. Untuk pelatih sendiri Persiraja masih mengandalkan pelatih muda berbakat asal Aceh yakni, Akhyar Ilyas. Manajemen Persiraja nampaknya serius dalam persiapan kompetisi mendatang.

Tak tanggung-tanggung, laskar Rencong ini terbang hingga ke Malaysia untuk melukan uji tanding. Musim ini Persiraja memboyong 3 penggawa PSPS Riau yakni Fiwi Dwipan, Luis Irsandi dan Defri Riski yang juga pernah merumput bersama Persija.

Meskipun pembagian grup belum terlaksana oleh pengelola liga, 4 tim asal Sumatera ini patut dipantau perkembangnnya.

 

Komentar
Bagus Ananditya

Penikmat ketela bakar ketika waktu Maghrib tiba. Bisa ditemui di akun @BagusAnanditya