Analisis

Peluang PSS untuk Lolos 8 Besar

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Liga 2 sudah memasuki pekan ke-17, dan masih menyisakan sisa 5 pertandingan lagi. Untuk sementara PSS berada di peringkat ke-2 dengan 34 poin. Pertanyaan besar yang sering dilontarkan Sleman Fans kepada kami adalah: Bagaimana hitung-hitungan supaya PSS lolos ke babak 8 besar?

Walaupun kompetisi masih sangat panjang, masih menyisakan 5 pertandingan, kami akan coba untuk melakukan hitung-hitungan tim yang diprediksi lolos ke 8 besar dan berpotensi untuk mengganggu PSS. Namun, di awal perlu kami tekankan bahwa sepakbola tidak seperti matematika, bukan sebuah hal yang pasti karena banyak sekali hal yang bisa memengaruhi hasil pertandingan di lapangan.

Saat ini, hingga pekan ke-17 Madura FC, PSS, Kalteng Putra, dan PSMP berada di posisi 4 besar klasemen sementara. Untuk posisi saat ini bisa dilihat di tabel berikut:

Klasemen Sementara Wilayah Timur Sampai Pekan ke-17

Mari kita mulai dengan 5 laga sisa dari 4 tim teratas di Wilayah Timur:

Dari jadwal di atas, kita bisa lihat ada sedikit perbedaan antar tim terkait dengan perbandingan laga sisa: antara pertandingan kandang dan tandang. Madura FC dan PSS sedikit tidak diuntungkan karena harus menjalani 3 pertandingan tandang dan 2 kandang. Berbeda dengan Kalteng Putra dan PSMP yang masih menyimpan 3 pertandingan kandang.

Pertama, pembahasan akan kita mulai dengan opini terumum di sepakbola Indonesia: tuan rumah punya peluang besar untuk menang. Jika kita berpegang pada opini tersebut, maka setiap tim yang mengisi posisi 4 besar akan memiliki poin akhir sebagai berikut:

Klasemen Akhir dengan Skenario Pertama

 

Jika dihitung menggunakan cara sederhana tersebut (tuan rumah selalu menang), PSS akan bisa memastikan diri untuk lolos ke babak 8 besar dengan nilai 40 poin, dan berada di posisi kedua karena kalah head to head dengan Madura FC. Dengan skenario ini, PSS akan bertemu dengan posisi 4 Wilayah Timur dan posisi 1 dan 3 Wilayah Barat di babak 8 besar.

Yang kedua, perhitungan akan kita lakukan sedikit melakukan analisis berdasarkan kekuatan kedua tim yang bertanding: materi pemain, form beberapa pertandingan ke belakang, posisi mereka di klasemen. Dengan analisis ini, premis “tuan rumah berpeluang besar untuk selalu menang” tidak akan digunakan.

Dengan prediksi yang kedua tadi, maka klasemen akhir Wilayah Timur adalah sebagai berikut:

Klasemen Akhir dengan Skenario Kedua

Di akhir fase grup, PSS akan keluar sebagai juara grup dengan raihan 43 poin. Hal itu akan membuat PSS bertemu dengan peringkat ketiga Wilayah Timur, Peringkat 2 dan 4 Wilayah Barat.

Itulah analisis singkat tentang peluang PSS untuk bisa lolos ke 8 besar. Sebenarnya kesempatan PSS untuk lolos sangatlah besar. Namun, sekali lagi kami ingatkan, sepakbola bukanlah ilmu pasti, analisis ataupun prediksi tentu bisa meleset. Satu hal yang pasti harus dilakukan oleh PSS adalah mengintip dan memilih calon lawan di babak 8 besar agar target naik ke Liga 1 tidak meleset lagi.

Komentar
Ahmad Indra Pranata

Dokter muda yang mencintai sepakbola, bisa kamu hubungi di akun Twitter @mamas_ahmad