Berita

Penalti Sidik Saimima Menangkan PSS Sleman

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Mantan manajer tim PSS Sleman, Sismatoro, membuka sambutan sebelum sepak mula laga Celebration Game. Kemudian, Retno Sukmawati selaku manajer baru tim Laskar Sembada dan Soekeno sebagai CEO PT. Putra Sleman Sembada bergantian memberikan sambutan.

Setelahnya, wasit Ahmad Nur meniup peluit tanda dimulainya pertandingan yang disaksikan sekitar 26 ribu penonton dari kedua kubu itu. Awal babak pertama laga berjalan tak begitu menarik. Bola lebih sering berada di lapangan tengah.

Serangan PSS Sleman dimulai oleh Rangga Muslim yang berhasil masuk ke kotak penalti. Pemain kelahiran Bima itu berusaha mengelabuhi kiper Persis Solo, Sukasto Efendi. Namun, bola lebih dekat kepada mantan kiper Madura FC tersebut sebelum Rangga berhasil melepaskan cut back.

Persis Solo membalas melalui serangan yang diinisiasi Imam Budi Hernandi. Pemain bernomor punggung 19 itu menyisir sisi kanan pertahanan Laskar Sembada, lalu melepaskan umpan ke kotak penalti. Azka Fauzi yang menerima umpan langsung melakukan placing, namun Ega Rizky masih sigap menepis bola.

Ingin memberikan kesempatan untuk semua pemain, tuan rumah memasukkan Irkham Mila, Taufiq Febrianto, dan pemain yang masih berstatus trial, Mariando Uropmabin.

Peluang berikutnya didapatkan Super Elja melalui Slamet Budiono yang tinggal berhadapan dengan kiper, tetapi bola masih dapat ditepis oleh Sukasto Efendi. Di akhir babak pertama, Slamet Budiono ditarik keluar digantikan oleh Hari Yudo.

Menjelang akhir paruh pertama, Ega Rizky melakukan blunder yang sempat dimanfaatkan pemain sayap kanan Persis Solo yang berhasil membuat bola bergulir pelan ke arah gawang. Ega Rizky berusaha mengejar bola dan tepat di garis gawang, ia dapat menghalau si kulit bulat.

Babak kedua dimulai dengan pergantian pemain dari PSS Sleman. Jodi Kustiawan, Hamdan Zamzani, Ricky Kambuaya, Asyraq Gufron, Derry Rachman, Qischil Gandrum, dan Try Hamdani dimasukkan. Di pertengahan babak, giliran Haris Tuharea, Sidik Saimima, dan Adam Maulana yang masuk.

Peluang berbahaya lebih dahulu didapatkan oleh tim tamu. Persis Solo dua kali mendapatkan tendangan bebas dari posisi yang ideal. Keduanya dieksekusi oleh Heru Setiawan dan semuanya mengarah ke gawang. Namun, bola masih bisa diamankan oleh Try Hamdani.

Giliran PSS Sleman mendapat peluang dari bola mati. Haris Tuharea dilanggar di samping kotak penalti setelah mendapat bola dari lemparan ke dalam. Sidik Saimima yang maju sebagai eksekutor melengkungkan bola ke arah gawang, tetapi dapat ditepis kiper lawan.

Super Elja akhirnya dapat menjebol gawang Sukasto Efendi melalui titik putih. Pergerakan Ricky Kambuaya di kotak penalti terpaksa dijatuhkan oleh pemain Persis Solo. Sidik Saimima yang menjadi algojo mengarahkan bola ke sebelah kanan gawang dan berhasil memberikan keunggulan.

Sidik Saimima kembali memberikan ancaman. Bola hasil tendangan sudutnya menemui Hari Yudo di tengah kotak penalti. Sayang sekali sepakannya masih dapat ditepis kiper. Begitu pula bola liar yang disambar Ricky Kambuaya masih dapat ditangkap Sukasto Efendi.

Laga ditutup dengan peluang Hari Yudo setelah mendapat umpan terobosan Derry Rachman. Mantan pemain Kalteng Putra itu berusaha melewati kiper dan terjatuh, namun bukan merupakan pelanggran. Hingga peluit panjang ditiup, PSS Sleman berhasil mempertahankan keunggulan 1-0 atas Persis Solo.

Komentar
Andhika Gilang

Perintis @tapakbola. Dapat dihubungi secara personal melalui akun @AndhikaGila_ng

Comments are closed.