Cerita

Peran Penting Dirga Lasut

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Sosok gelandang cenderung lebih dianggap sebagi pengumpan atau pemberi bola ke penyerang. Lain hal ketika pola permainan di sepakbola modern yang kian unik dan lebih kreatif dengan memaksimalkan kemampuan sang pemain. Sederhananya pola permainan era sekarang memaksa semua pemain tampil dengan mobilitas tinggi dengan didukung fisik mumpuni pastinya. Tak jarang sebuah klub memliki stok gelandang yang berlebih karena sang peracik strategi lebih mengutamakan kreasi permainan.

Peran gelandang sangatlah penting, disaat bertahan mereka harus mengupayakan bola kembali ke timnya sehingga serangan lawan putus di tengah-tengah. Sama halnya dalam menyerang, mereka dituntut menghidupkan serangan lewat kreatifitas dari lini kedua. Sosok gelandang kerap kali memecah kebuntuan apabila penjagaan striker sangat ketat.

Di Inggris banyak sekali contohnya gelandang yang sering mencetak gol. Seperti Gerard, Lampard dan Tim Cahill pada eranya.

Sleman memiliki gelandang sepert itu. Sorotan pastinya tertuju pada Mahardiga Maranando Lasut. Pria kelahiran Manado 28 tahun silam telah mencetak 7 gol dalam 10 pertandingan terakhir PSS Sleman. Ia menjadi top skor sementara tim Laskar Sembada. Sang peracik tahu betul kemampuan pria bernomor punggung 15 ini hingga ia menjadi ikon lini tengah super elja.

Dari 7 gol yang tercipta hampir seluruhnya berkat assist Rizky Novriansyah yang sering ditugaskan mengembalikan bola ke gelandang untuk langsung di shoot ke gawang lawan (wall pass). Hasilnya terbukti kala menjajal Persibas 2 kali di laga kandang dan tandang. Kedua kaki mantan punggawa persija ini nampak sangat aktif dari beberapa gol ia cetak lewat tendangan keras kaki kiri.

Tak hanya mencetak gol, ia juga kerap memberikan umpan panjang ke winger maupun sontekan kreatif ke juru gedor laskar sembada. Tendangan bola mati lelaki bertato ini patut diwaspadai lawan meskipun beberapa kali masih digagalkan tiang gawang.

Publik Sleman sangat beruntung memiliki sosoknya meskipun super elja memiliki banyak stok gelandang hebat lainnya. Ratusan passing success PSS Sleman di setiap laga buah hasil dari kedua kakinya. Lini tengah seakan hidup dengan adanya Dirga Lasut disana. Tangguh dalam berduel, disiplin saat bertahan dan kreatif kala menyerang merupakan sesuatu hal yang pantas untuk beliau. Gol paling menarik versi penulis yakni kala PSS berhadapan dengan Persibas Banyumas.

Gol pada menit 90 ini mengingatkan pada strategi fast break jitu ala coach Freedy Mulli. Rizky lari ke samping, Dirga lari ke tengah, winger memberikan umpan apik ke tengah dan yak gol terjadi.

Laga melawan Persibangga kembali ia membuktikan skill nya dihadapan puluhan ribu Sleman fans dengan 2 gol yang indah yang sekaligus membawa super elja menjauh dari kejaran PSCS Cilacap maupun PSGC Ciamis. Creative Playmaker sangat cocok untuknya. Penulis sedikit teringat aksi Tim Cahill saat bermain, meskipun ditempatkan dibelakang striker ia mampu mencetak banyak gol dan menghidupkan permainan.

Hampir memliki kesamaan dengan gelandang negri Kanguru itu, bertato dan tampil elegan di setiap laga.
Semoga saja Dirga Lasut tetap tampil konsisten dan terus menambah pundi-pundi golnya untuk PSS Sleman. Persaingan sengit untuk mendapatkan starting eleven membuat semua pemain tak hanya Dirga tampil maksimal. Sukses Selalu Dirga!

 

Komentar