Berita

Players To Watch: Duel Lini Tengah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Duel klasik akan kembali hadir dengan mempertemukan Persiba Balikpapan dan PSS Sleman di Stadion Batakan, Kamis (5/07/2018). Dua tim ini pernah beberapa kali dipertemukan di kasta tertinggi dalam gelaran Liga Indonesia beberapa musim silam, tepatnya pada musim 2006.

Persiba Balikpapan pada musim 2017 tak mampu berkutik di Liga 1, sehingga Laskar Beruang Madu  harus rela turun ke kasta kedua Liga Indonesia. Sama halnya dengan Elang Jawa, sejak terdegradasi beberapa tahun silam, tim asal Kabupaten Sleman tersebut belum mampu kembali ke kasta teratas Liga Indonesia.

Pertemuan kedua tim pada laga di Balikpapan ini akan menjadi pertemuan pertama antara kedua tim di kompetisi resmi setelah terakhir kali mereka bertemu pada musim 2006. Kala itu tuan rumah berhasil memenangkan laga dengan skor akhir 1-0 atas tamunya.

Selain menjadi duel klasik, laga yang sedianya akan dihelat di Stadion Batakan tersebut akan menjadi duel sengit di lini tengah. Pada laga nanti, setidaknya ada dua sosok di lini tengah yang menjadi andalan masing-masing tim untuk mengkreasi serangan ke jantung pertahanan lawan.

Ichsan Pratama

Dalam 5 laga yang telah dilakoni oleh Laskar Sembada, Ichsan Pratama telah bermain 4 kali dengan mendulang 1 gol kala mampu menghempaskan Martapura FC pada bulan Mei lalu. Berduet dengan Dave Mustaine di lini tengah, Ia kerap tampil cemerlang dengan gerakan tanpa bola yang ciamik dan passing-passing nan akurat.

Gelandang bernomor punggung 23 tersebut sering disebut-sebut sebagai motor serangan PSS Sleman. Bagaimana tidak, kreatifitasnya saat membagi bola ketika ada celah di lini belakang lawan kerap berbuah peluang manis untuk Elang Jawa.

Bisa dibilang bahwa pria asal Bogor ini adalah salah satu key player yang dimiliki PSS Sleman. Tak hanya itu, perannya terlihat sangat penting manakala ujung tombak PSS Sleman sedang dijaga dengan ketat dan Ichsan Pratama mampu muncul di kotak penalti lawan sehingga tak jarang Ia mampu memanfaatkan crossing dari sisi sayap. Bukan berlebihan jika sosoknya bisa disandingkan dengan Juan Mata yang membela Manchester United karena memainkan peran yang sama di masing-masing tim.  

Bryan Cesar

Laskar Beruang Madu tampaknya juga memiliki pemain kunci di lini tengah Persiba Balikpapan. Ia adalah Bryan Cesar, pemain bernomor punggung 8 ini sering tampil apik dalam beberapa pertandingan yang dilakoni Persiba Balikpapan.

Dengan melihat kualitasnya, bisa dibilang bahwa sosok satu ini adalah tipikal gelandang serba bisa. Artinya, selain mampu meredam serangan lawan, ia mampu mengkreasi serangan dengan baik.

Pada saat uji tanding melawan PSS Sleman di Stadion Batakan beberapa waktu yang lalu, Ia sudah pernah merasakan mencetak gol ke gawang Laskar Sembada meskipun akhirnya mereka harus takluk dari tamunya dengan skor tipis 2-3.

Tandukannya waktu itu menunjukan bahwa Ia memang sosok gelandang potensial dengan mampu berduel di udara dengan baik. Sejauh ini mantan penggawa Barito Putra U-21 ini telah menyumbang satu gol kala mampu menahan imbang Kalteng Putra di awal musim yang lalu. Selain itu perannya lewat umpan-umpannya yang akurat kerap mampu dimanfaatkan Fengky Turnando dan kawan-kawan.

Dua sosok tersebut patut untuk kita pantau perannya pada laga perdana lawatan ke Kalimantan tersebut. Apakah Ichsan Pratama mampu kembali membawa PSS  menjaga tren positifnya, atau justru Bryan Cesar mampu membawa Persiba Balikpapan untuk bangkit dari hasil buruknya? Tentu layak untuk kita nantikan.

Komentar
Bagus Ananditya

Penikmat ketela bakar ketika waktu Maghrib tiba. Bisa ditemui di akun @BagusAnanditya