Berita

Preview Borneo FC vs PSS Sleman: Wajib Curi Kesempatan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Piala Indonesia telah memasuki  babak 16 besar. Setelah sebelumnya sempat ada kabar terkait penundaan kelangsungan kompetisi ini, pada akhirnya operator menyatakan turnamen ini tetap dilanjutkan pada bulan Februari ini.  Para kontestan yang tersisa kini diisi mayoritas tim Liga 1. Di babak ini, Super Elang Jawa dijadwalkan akan melakoni laga leg pertama ke kandang Borneo FC, Jumat (15/2).

Seto hanya menambah dua orang penggawa saja dari jajaran skuat terakhir kala berhadapan dengan Barito Putera, mereka adalah Nerius Alom dan Arsyad Yusgiantoro. Beberapa pemain yang statusnya masih trial tak ikut diboyong ke tanah Borneo. Tak tampak pula nama Wahyu Sukarta yang tampil sangat menawan kala mampu menahan imbang Barito Putera di Maguwoharjo.

Dari segi komposisi sebelas awal, Seto sepertinya tak akan banyak mengubah susunan skuat seperti laga terakhir lalu. Mantan trio Mojokerto Putra masih akan menjadi andalan di posnya masing-masing kecuali Derry yang mengantongi kartu merah. Sebagai gantinya, kemungkinan besar Jajang Sukmara akan mengisi pos yang ditinggal Derry.

Untuk lini tengah, dengan masuknya nama Nerius Alom, Seto akan semakin punya opsi di posisi ini. Begitu juga dengan Arsyad yang siap diturunkan untuk beroperasi di sektor winger. Kemungkinan besar kedua pemain ini akan mendapat porsi ketika melawat ke kandang Borneo FC. Selain untuk kebutuhan taktik, membaurkan pemain baru dengan pemain lama tentu akan menambah chemistry antarpemain di tim.

Kunci merebut poin di Borneo adalah dengan bermain rapi dengan perpindahan aliran bola yang cepat. Dalam segi bertahan pun, PSS bisa menerapkan pressing sejak bola bergulir di area bertahan Borneo FC guna memutus serangan tim lawan dan membuat mereka tidak dapat mengembangkan permainan.

Bagaimana dengan Borneo FC? Laskar Pesut Etam juga tengah mempersiapkan skuatnya jelang gelaran Liga 1 mendatang di bawah asuhan pelatih anyar mereka, Fabio Lopez. Skuat Borneo FC kian istimewa karena mendatangkan beberapa pemain asing berkelas.

Jan Lammers dan Javlon Guseynov akan berduet mengisi lini pertahanan Borneo FC. Sedangkan Renan Silva akan bertandem dengan Asri Akbar maupun Dirga Lasut di sektor tengah. Untuk sektor penyerang, Fabio Lopez bisa menjajal Lerby ataupun Matias Conti. Lini sayap mereka juga dihuni pemain muda yang eksplosif macam Terens Puhiri, Ambrizal Umanailo, hingga mantan pemain PSS musim lalu, Rifal Lastori.

Dari segi rekor pertemuan, kedua tim belum pernah bertemu lantaran Borneo FC bisa dibilang adalah tim yang cukup baru. Namun, PSS Sleman punya catatan apik kala melawat ke Kalimantan. Sebelumnya, kala melawat ke Kalteng Putra pada semifinal Liga 2 musim lalu, Super Elja berhasil menahan imbang tim asal Palangkaraya tersebut. Tren positif juga terjadi pada Januari lalu kala dua gol K.H Yudo berhasil menaklukan Barito Putera pada babak 32 besar Piala Indonesia leg pertama.

Setidaknya catatan apik itu bisa digunakan sebagai acuan semangat meskipun PSS masih akan turun full team menggunakan jasa pemain lokal.

Come On Super Elja!

Komentar
Bagus Ananditya

Penikmat ketela bakar ketika waktu Maghrib tiba. Bisa ditemui di akun @BagusAnanditya

Comments are closed.