Berita

Preview Persiwa Wamena vs PSS Sleman: Wajib Rebut Poin!

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Putaran pertama Liga Indonesia 2018 akan ditutup pada pekan ini. Super Elja dijadawalkan akan melawat ke kandang Persiwa Wamena di Stadion Mashud Wisnusaputra, Kuningan, Senin (30/07/2018). Di laga terakhir putaran pertama ini kedua tim tentu saja akan berjuang mati-matian guna mengamankan 3 poin demi memperbaiki peringkat di papan klasemen. Jika menang, peluang PSS untuk naik ke posisi pertama akan sangat terbuka lebar. Sementara dengan tambahan poin maksimal tentu akan membuat Persiwa berpeluang keluar dari posisi juru kunci.

Paska kekalahan di laga sebelumnya kala bertemu PSIM Jogja di Stadion Sultan Agung, coach Seto terus berupaya untuk memperbaiki permainan agar target untuk menjadi yang terbaik dalam gelaran ini tercapai. Tentu saja evaluasi-evaluasi diberikan oleh pelatih yang sedang menempuh kursus kepelatihan AFC-Pro ini mengingat banyaknya kesalahan individu-individu dan kurangnya ketenangan pemain pada laga sebelumnya.  Di pertandingan nanti, Seto tetap optimis mampu membawa 3 poin agar terus menjaga peluang merebut capolista Grup Timur.

Dari segi komposisi pemain, Laskar Sembada harus kehilangan kapten tim Hisyam Tolle karena harus menjalani hukuman kartu merah di laga sebelumnya. Sebagai penggantinya, Seto membawa Sahrul Kurniawan untuk mengisi pos di lini belakang. Inilah kali pertama Tolle harus absen sebagai pemain utama sejak tim diambil alih oleh Seto.

Prediksi pemain yang akan turun dalam pertandingan pekan ke-11 ini, untuk penjaga gawang, Ega Risky berpotensi untuk tetap dimainkan meskipun sejauh ini hanya mampu menorehkan clean sheet sebanyak dua kali saja. Pos di lini belakang diprediksi akan diisi oleh duet Zamzani dan Sahrul Kurniawan untuk bek tengah, dengan dikombinasi Bagus Nirwanto dan Vandy Prayogo untuk bek sayap.

Di sektor gelandang, trio Arie Sandy, Dave Mustaine dan Ichsan Pratama kemungkinan besar akan tetap tampil. Untuk  posisi sayap, diprediksi akan diisi oleh Rifal Lastori dan Slamet Budiono. Sementara untuk pemain terdepan, Tambun Naibaho tampaknya masih akan menjadi andalan coach Seto untuk mengedor lini pertahanan lawan.

Tim tuan rumah Persiwa Wamena sendiri di musim ini nampaknya belum menemukan permainan terbaiknya. Di awal kompetisi, Persiwa Wamena harus memulai liga dengan poin minus 6 akibat hukuman yang dijatuhkan dari federasi. Memasuki akhir putaran pertama saja Persiwa baru mengumpulkan 3 poin, hasil dari 2 kali menang dan 3 kali seri. Hal itu tentu saja bukan menjadi catatan yang apik untuk sang pelatih Suimin Diharja.

Secara permainan, Persiwa Wamena sering menerapkan long ball dari lini belakang. Pola permainan tersebut tentu sangat tidak cocok karena tidak adanya pemain dengan postur yang ideal untuk menyambut bola tersebut. Akan tetapi, tim yang kini berkandang di Kuningan ini memiliki kelebihan saat menyerang dengan mengandalkan kecepatan sayap mereka.

Dalam segi bertahan, jarak antar pemain sering kali sangat jauh. Hal itu memudahkan pemain lawan yang memiliki kecepatan untuk merangsek masuk ke kotak penalti Persiwa. Terbukti pada laga terakhir menjamu Kalteng Putra FC, sang tamu berhasil mengeksploitasi kelemahan tuan rumah untuk mencuri kemenangan. Jika Seto dan para pemainnya jeli dalam melihat situasi dan kondisi ini, bukan tidak mungkin PSS akan merebut poin penuh di kandang Persiwa Wamena sore nanti.

Komentar
Bagus Ananditya

Penikmat ketela bakar ketika waktu Maghrib tiba. Bisa ditemui di akun @BagusAnanditya