Berita

Preview Piala Indonesia 2018: PSD Demak vs PSS Sleman

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

PSS Sleman akan menjalani laga perdana Piala Indonesia 2018 pada Rabu (18/07/2018) dengan melawat ke Stadion Citarum, Semarang. Stadion yang terletak di jantung kota Semarang ini dipilih untuk menggantikan Stadion Pancasila Demak yang sedang direnovasi.

Piala Indonesia sendiri kembali digelar setelah vakum hampir 6 tahun. Piala Indonesia kali ini diikuti seluruh klub Liga 1 dan Liga 2, serta ada beberapa kontestan dari Liga 3. Secara format, Piala Indonesia menggunakan sistem gugur, apabila ada yang bermain imbang, akan dilanjutkan dengan adu penalti.

Super Elang Jawa sebenarnya tak memiliki catatan yang gemilang saat mengikuti turnamen ini. Mereka hanya sempat pernah sekali bertarung hingga ke partai semifinal. Kala itu PSS harus terhenti langkahnya oleh tim Arema Malang. Setelah itu di edisi setelahnya prestasi terbaik PSS hanya bisa melangkah hingga babak kedua.

Untuk laga perdana ini PSS Sleman tampaknya akan memainkan para pemain yang biasanya jarang mendapat tempat utama. Rotasi ini penting dilakukan mengingat mereka sedang berjuang untuk merebut capolista Liga 2 Grup Timur yang cukup ketat.

Selain itu, ketatnya jadwal Liga 2 membuat Seto tak lagi memiliki banyak pilihan. Mau tidak mau pelatih yang sedang mengambil kursus kepelatihan AFC-Pro itu harus memainkan pemain yang jarang turun di liga. Hal tersebut juga disampaikan oleh Seto ketika sesi wawancara.

“Melawan PSD Demak kita akan memainkan pemain yang jarang tampil,” tuturnya.

Langkah Seto ini dinilai tepat karena komposisi pemain pelapis tidak begitu kontras dengan pemain utama. Tak hanya itu, momen ini juga baik untuk para pemain pelapis agar mendapat jam terbang tambahan.

PSD Demak tentu saja tidak akan menyerah begitu saja. Tim yang kini berkiprah di Liga 3 Indonesia ini tengah berjuang lolos ke fase nasional. Laskar Kalijaga banyak dihuni skuat muda dikarenakan format liga yang menentukan hal itu. Akan tetapi, melawan klub besar sekelas PSS Sleman tentu saja akan mendongkrak semangat mereka untuk memenangkan pertandingan tersebut.

Prediksi pemain yang akan dimainkan oleh coach Seto untuk sektor penjaga gawang kemungkinan besar akan diisi oleh Beny Setya. Untuk lini pertahanan diprediksi akan diisi oleh Yudi Khoirudin dan Sahrul Kurniawan dengan dibantu Akbar Zakaria dan Yericho. Di sektor gelandang kemungkinan besar akan ada Wahyu Sukarta, Ilhamul Irhaz, Samsul  dengan dibantu Mila dan Thaufan di sektor penyerang sayap. Untuk posisi striker sangat mungkin akan diisi oleh I Made Wirahadi yang sudah pulih dari cedera.

Patut kita nantikan kiprah Super Elang Jawa di Piala Indonesia 2018. Dengan materi pemain yang bisa dibilang lebih baik ketimbang lawan, bukan tidak mungkin PSS Sleman akan membawa pulang poin penuh.

Komentar
Bagus Ananditya

Penikmat ketela bakar ketika waktu Maghrib tiba. Bisa ditemui di akun @BagusAnanditya