Berita

Preview PSBS Biak vs PSS Sleman: Optimis Menang!

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

PSS Sleman akan menjalani laga ke-4 Liga 2 Indonesia dengan bertandang ke Biak pada hari Jumat (11/05/2018). Para pemain hanya memiliki jeda 4 hari untuk berisitirahat pasca mampu menahan Persegres Gresik akhir pekan yang lalu.

Dengan waktu istirahat yang terbatas, mereka juga dipaksa harus menempuh perjalanan dengan waktu tempuh yang panjang untuk sampai ke Biak. Sedikit banyak, tuan rumah tentu memiliki keuntungan lebih dalam hal kebugaran karena pada laga sebelumnya mereka menggelar laga kandang di rumah sendiri.

PSS Sleman sendiri kini menempati papan tengah Grup Timur dengan meraup 4 poin dari 3 pertandingan. Lima gol telah dicetak oleh Laskar Sembada dan kemasukan 4 gol selama 3 pertandingan yang sudah berjalan.

Di lain pihak, PSBS Biak juga memiliki catatan yang kurang baik dari 3 pertandingan yang mereka jalani. Dari dua laga away di musim ini, PSBS dipaksa takluk atas tim tuan rumah Blitar United dan Persigo Semeru FC. Sedang laga home terakhir, PSBS hanya mampu bermain seri kala menjamu PSIM akhir pekan lalu.

Berkaca dari beberapa pertandingan sebelumnya, PSBS Biak terlihat lebih sering menyerang pertahanan lawan lewat lini sayap mereka yang memiliki kecepatan di atas rata-rata. Terbukti dari 2 gol yang telah dibuat PSBS bermula dari umpan-umpan dari sektor sayap.

Ada 2 pemain yang harus diwaspadai oleh lini belakang PSS Sleman. Nama pertama adalah James Rogi yang pernah merumput bersama Perserui. Si pemain memiliki postur badan yang cukup tinggi dan proporsional. Hal ini tentu akan sangat membahayakan lini belakang PSS ketika terjadi duel udara. Satu lagi adalah sosok yang juga wajib diwaspadai adalah Manuel Mambrasar. Ia memiliki postur kecil dengan didukung kecepatan lari yang mumpuni. Terbukti ia sudah mencetak 2 gol kala bertandang ke Jawa Timur.

Apabila ingin meraup poin penuh di Bumi Cendrawasih, PSS harus mampu mematikan sayap-sayap cepat yang dimiliki oleh PSBS Biak. Selain itu, kelemahan yang dimiliki tim yang berkandang di Stadion Cendrawasih ini adalah transisi saat bertahan. Hal itu dapat dimanfaatkan oleh lini tengah PSS untuk melakukan fast break atau counter attack, mengingat koordinasi lini belakang PSBS yang juga tidak terlalu baik.

Di atas kertas, PSS seharusnya bisa unggul dari segi pola permainan dan komposisi pemain. Kreativitas serangan PSS Sleman masih lebih baik ketimbang calon lawan. Jika ditunjang finishing yang lebih baik dari sebelumnya, bukan tak mungkin Super Elja pulang dengan membawa poin penuh.

Akan tetapi ada beberapa faktor lain yang dapat menjegal PSS meraup poin penuh di markas lawan. Masalah ketenangan dan komunikasi antarpemain masih dianggap kurang baik dan tertata. Mereka masih sering tampil terburu-buru, khususnya dalam menyerang dan penyelesaian akhir yang terkadang tidak dieksekusi dengan matang.

Di laga nanti, PSS Sleman diharapkan mampu mendulang poin saat melawat ke Biak untuk menutupi poin yang hilang di laga-laga sebelumnya. Kemenangan adalah harga mati dengan melihat track record PSBS Biak yang memang tidak begitu bagus.

Komentar
Bagus Ananditya

Penikmat ketela bakar ketika waktu Maghrib tiba. Bisa ditemui di akun @BagusAnanditya