Berita

Preview PSS Sleman vs Kalteng Putra: Siap Revans!

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

PSS Sleman dijadwalkan akan menjamu tamunya Kalteng Putra dalam lanjutan Liga 2 Indonesia 2018 Grup Timur di Stadion Maguwoharjo (25/09). Dalam pekan ke-18 ini, PSS harus menjalani pertandingan berat. Bisa dibilang bahwa laga nanti adalah laga big match Grup Timur karena keduanya hanya berselisih 4 poin dan berada di urutan 2 dan 3 pada papan klasemen. Laga ini tentu saja sebagai ajang revans, karena dalam putaran pertama PSS Sleman dipaksa takluk di Stadion Tuah Pahoe dengan skor 1-0.

Di pekan sebelumnya, Super Elja mampu menaklukan Persiba Balikpapan dengan susah payah. Ini artinya, pekerjaan rumah dari laga sebelumnya harus sesegera mungkin diselesaikan oleh Seto untuk menyambut laga melawan Kalteng Putra nanti. Terlebih lagi beberapa pemain belum dinyatakan sembuh total dari cedera yang dideritanya.

Namun kubu tuan rumah cukup percaya diri karena pemain andalan mereka hampir selalu bermain konsisten di laga home seperti Ichsan Pratama, Rangga Muslim, dan Rifal Lastori. Hal itu ditambah semakin padunya Cristian Gonzales dengan para pemain di lini kedua untuk lebih banyak menciptakan peluang.

Tidak adanya sosok gelandang yang berposisi sebagai central midfielder, membuat permainan PSS kurang berkembang. Aliran bola yang cukup rapi seperti pada putaran pertama jarang terlihat seiring cederanya Dave Mustaine.

Sementara tim tamu datang dengan motivasi tinggi untuk memangkas selisih 4 poin atas PSS Sleman. Sejauh ini, Kalteng Putra menjadi tim yang cukup berbahaya ketika bermian away. Dalam putaran kedua, Laskar Isen Mulang mampu membawa pulang 5 poin dari 4 pertandingan away terakhirnya. Hal itu menjadi peringatan untuk skuat PSS di laga nanti.

Meskipun banyak melepas pemain bintangnya di jeda transfer paruh musim yang lalu, tim asal Kalimantan ini justru baru merasakan sekali kekalahan kala melawat ke Gresik di pekan ke-17. Namun pada kenyataannya Kalteng Putra masih meninggalkan banyak celah yang bisa dimanfaatkan oleh anak-anak Sleman.

Permainan anak asuh Kas Hartadi ini sering tidak berkembang jika sang lawan menerapkan pressing tinggi. Kelamahan satu lagi adalah kurangnya koordinasi lini belakang saat menghadapi sepakan bola mati maupun saat serangan balik cepat terjadi.

Akan tetapi setidaknya Kalteng Putra memilki skuad yang sangat berpengalaman di level nasional. Nama-nama besar seperti Firman Utina, Zainal Haq, Taufiq Kasrun, dan Ambrizal turut menaikkan performa tim kebanggan asal Kalimantan Tengah tersebut. Ditambah lagi dengan turut bergabungnya Dicky Prayoga yang mengisi pos sayap, membuat serangan Kalteng Putra kian berbahaya dan cepat lewat sisi sayap.

Jika PSS Sleman mampu tampil dengan sabar dan terus menyerang sejak menit awal, bukan tidak mungkin raihan 3 poin di pekan ke-18 ini akan terwujud. Meskipun di laga sebelumnya PSS Sleman mampu tampil clean sheet, lini belakang harus segera dibenahi mengingat agresivitas Kalteng Putra jauh lebih berbahaya dari Persiba Balikpapan.

Komentar
Bagus Ananditya

Penikmat ketela bakar ketika waktu Maghrib tiba. Bisa ditemui di akun @BagusAnanditya