Berita

Preview PSS Sleman vs Madura FC: Incar Puncak Klasemen

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Menggelontor tamu dari Mojokerto dengan tiga gol menjadi cara yang apik dalam memulai jalan panjang di Liga 2 musim ini. Kemenangan pekan lalu menjadi modal penting Laskar Sembada untuk bersaing di papan atas klasemen.

Pada pekan kedua, PSS Sleman bisa saja mengambil alih pimpinan klasemen Liga 2 Grup Timur. Setelah Blitar United bermain imbang dengan Persegres Gresik, Super Elja menjadi salah satu dari dua tim yang masih mempunyai peluang untuk duduk di puncak dengan poin 6.

Satu tim lain yang juga berpeluang mengoleksi poin 6 adalah Madura FC yang tak lain merupakan lawan PSS Sleman kali ini. Laga melawan tamu dari Pulau Garam tersebut akan menjadi pembeda antara tim mana yang layak dan yang belum layak duduk di tahta teratas klasemen LIga 2 Grup Timur.

Namun, melawan Madura FC tentu tidak akan menjadi laga yang mudah. Seperti kubu tuan rumah, Madura FC juga meraih kemenangan di laga pertama dengan skor 3-1 atas PSIM Yogyakarta. Tim tamu tentu juga menarget tiga poin demi melanjutkan tren positif.

Tim asuhan Salahuddin telah berangkat menuju Sleman dengan memboyong 20 pemain. Mereka datang dengan kekuatan penuh. Termasuk tiga pemain pencetak gol di laga pertama, yaitu Imam Budi, Andre Vemberyono, dan Janneth Kamare.

Di antara mereka juga terdapat nama-nama yang tak asing bagi publik Maguwoharjo. Gufroni Al Maruf contohnya. Gufroni sempat menjalani trial bersama Super Elja awal musim ini. Lalu, ada juga Joko Prayitno yang juga pernah melakoni seleksi di Sleman musim lalu.

Meskipun meraih kemenangan di laga pertama, tim tamu bukan merupakan tim yang tidak bisa dikalahkan. Mereka memenangkan pertandingan yang timpang karena salah satu pemain PSIM Yogyakarta diganjar kartu merah. Bahkan, Madura FC sempat kebobolan oleh Laskar Mataram yang bermain 10 pemain.

Sementara itu, PSS Sleman juga bukan tanpa cacat di laga pertama. Berkali-kali umpan silang sayap Super Elja yang tak menemui sasaran layak menjadi sorotan. Juga lini belakang yang kehilangan fokus di menit-menit akhir pertandingan menjadi kelemahan tersendiri yang dapat dimanfaatkan lawan.

Herkis: Modal Bagus Menyambut Madura FC

Selebihnya, PSS Sleman dalam kondisi cukup baik. Faktor Cristian Gonzales yang langsung nyetel di laga debutnya menjadi nilai tambah tersendiri. Ditambah lagi dengan apiknya Rangga Muslim berduet di sisi kiri dengan Yericho Christiantoko membuat serangan Super Elja semakin ciamiknya.

Namun, bisa saja Heri Kiswanto memilih menyimpan El Loco dan Si Krecek sebagai senjata pamungkas untuk paruh kedua alih-alih memasukkan mereka di starting line-up. Memasukkan mereka di babak kedua menjadi keuntungan sendiri bagi PSS Sleman untuk mengeksploitasi lawan yang staminanya sudah berkurang.

Juga faktor jadwal yang mengharuskan PSS Sleman tandang ke Gresik setelah pertandingan ini membuat dilakukannya rotasi menjadi hal yang lumrah. Lagipula Laskar Sembada tak kekurangan pemain apik. Masih ada Irkham Mila, Thaufan Hidayat, maupun Slamet Budiono di sisi sayap. Juga Tambun Naibaho dan I Made Wirahadi sebagai juru gedor. Semuanya fit untuk menjalani pertandingan.

Satu kelebihan PSS Sleman yang jelas tak dimiliki oleh Madura FC kali ini adalah dukungan Sleman Fans. Mental tandang Madura FC juga belum teruji mengingat ini adalah laga tandang pertama meraka. Dukungan dari Sleman Fans yang hadir kemungkinan besar akan menjadi salah satu pembeda kedua tim di laga ini.

Komentar
Andhika Gilang

Perintis @tapakbola. Dapat dihubungi secara personal melalui akun @AndhikaGila_ng