Analisis

Preview PSS Sleman vs Pakindo MP: Rotasi, Rotasi, Rotasi!

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Kamis, 18 Januari 2018, PSS akan menjalani pertandingan kedua di ajang Coppa Sleman 2018. Di pertandingan kedua PSS akan melawan Pakindo MP. Sebelumnya PSS berhasil menaklukkan PDRM FA dengan skor 3-1, sedangkan Pakindo MP harus mengakui keunggulan Kuala Lumpur FA dengan kekalahan 2-0.

Dengan jarak antar pertandingan yang begitu dekat, PSS dan MP harus memikirkan recovery para pemainnya. Terlalu memaksakan para pemainnya akan berdampak buruk, salah satunya adalah badai cedera. Apalagi sehari setelahnya (Jumat), kedua tim juga harus kembali bertanding. Pelatih kedua tim harus memutar otaknya untuk tetap memberikan suguhan pertandingan yang menarik namun juga harus melindungi pemainnya dari badai cedera.

Rotasi menjadi jawaban. Kedua pelatih (Herkis dan Jamal Yasro) memiliki pandangan yang sama untuk pertandingan ini. Keduanya mengisyaratkan untuk melakukan rotasi pemain. Selain untuk menjaga kebugaran pemain, rotasi juga berguna untuk melihat lebih jauh para pemain yang sedang menjalani trial.

Pakindo MP, secara mengejutkan mereka membawa 2 pemain asing untuk mengarungi Coppa Sleman 2018. Keduanya adalah Dirkir Kohn Glay dan Edy Boakai Foday. Alasannya adalah untuk mengimbangi tim lain (PDRM FA dan KL FA) yang juga memakai pemain asing.

Selain 2 pemain asing, Pakindo MP diisi oleh 50% skuat lama dan 50% pemain baru. Nama-nama seperti Ade Christian, Ricky Kambuaya, Indra Setiawan, dan Krisna Adi mengisi skuat The Lasmojo. Indra Setiawan adalah nama yang harus diwaspadai, pemain 27 tahun ini adalah top skorer MP musim lalu. Namun tetap saja, permainan MP akan dimotori oleh Edy Boakai Foday di lini depan dan Dirkir Kohn di lini belakang.

Pada pertandingan melawan KL FA, pergerakan Edy Boakai sempat merepotkan lini belakang tim asal Malaysia tersebut. Penampilan impresif Foday ternoda setelah gagal mengeksekusi penalti di babak kedua. Di pertandingan melawan PSS Sleman, kemungkinan Foday akan diduetkan dengan Krisna Adi. Mengingat Krisna Adi memiliki agenda khusus dengan PSS Sleman.

Di kubu PSS Sleman, Herkis mengisyaratkan untuk melakukan rotasi pemain. Ada beberapa pemain di dalam skuat PSS yang belum mendapatkan kesempatan bermain sejak awal permainan. Apalagi PSS bermain high pressing yang melelahkan saat melawan PDRM FA. Nama-nama seperti Dave, Rangga Muslim, Gufroni, dan Vandy Prayogo mungkin akan mendapatkan kesempatan bermain sejak awal.

Prediksi Line Up PSS Sleman vs Pakindo MP

Pola permainan PSS diprediksi tidak akan banyak berubah dibanding pertandingan sebelumnya. PSS akan bermain cepat dan mengandalkan sayap-sayapnya. Setelah Thaufan Hidayat dan Slamet Budiono membuktikan diri, giliran Rangga Muslim, Gufroni, dan Irkam Mila yang harus diberikan kesempatan lebih untuk membuktikan diri.

Di lini belakang, masih ada Zamzani yang belum diberikan kesmepatan bermain. Zamzani mungkin akan dimainkan dan diduetkan dengan Yudi Khoerudin. Bek kiri yang diisi oleh Bima Reksa menjadi sorotan pada pertandingan pertama, kemungkinan besar akan digantikan oleh Abdul Azis mengingat Tedi Berlian yang biasanya mengisi pos ini sedang dalam keadaan cedera.

Untuk lini tengah, coach Herkis sempat menyebut nama Dave Mustaine di dalam satu wawancara dengan media. Coach Herkis menyebut PSS membutuhkan sosok playmaker yang bisa menguasai permainan, dan Dave bisa menjalankan peran tersebut. menarik kita tunggu bagaimana lini tengah PSS ketika Dave dan Ilham Irhaz bermain bersama.

Pertandingan akan berjalan menarik, kedua tim akan berusaha menampilkan permainan terbaiknya. PSS akan mencoba mendobrak pertahanan MP lewat sisi sayap. Juga patut kita tunggu bagaimana Dave Mustaine mengontrol lini tengah, mendistribusikan bola ke sayap maupun pemain depan (dengan asumsi Dave dimasukkan sejak awal).

Sementara MP akan memanfaatkan kekuatan dari Edy Boakai Foday yang akan dibantu oleh Ricky Kambuaya. Lini belakang PSS diharapkan bisa lebih tenang, dan tidak melakukan manuver yang beresiko di pertahanan sendiri.

Komentar
Ahmad Indra Pranata

Dokter muda yang mencintai sepakbola, bisa kamu hubungi di akun Twitter @mamas_ahmad