Analisis

Preview PSS Sleman vs PDRM FA: Mau Main Seperti Apa?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Hari Selasa, 16 Januari 2018, PSS Sleman akan memulai Coppa Sleman 2018 dengan bertanding melawan tim dari Malaysia, PDRM FA. Pertandingan ini menjadi pertandingan resmi PSS pertama, setelah terakhir mengalahkan Persis Solo 2-1 pada 10 Oktober 2017.

Seperti kita ketahui, PDRM adalah tim bentukan POLRI-nya Malaysia. Mereka bermain di Liga Primer Malaysia (setara dengan Liga 2). Jadi bisa dikatakan bahwa pertandingan besok adalah pertandingan yang selevel. Apakah benar?

Mengawali musim 2018, skuat PSS kebanyakan diisi oleh muka-muka baru. Sekitar 75% dari pemain yang ada di skuat adalah pemain-pemain baru. Terlebih mereka baru bergabung selama 2 minggu. Di salah satu wawancara, pelatih PSS Sleman menyebutkan bahwa pada bulan Januari sebenarnya skuat PSS baru akan dimatangkan secara fisik, belum dipersiapkan untuk sebuah pertandingan. Namun coach Herkis juga menambahkan bahwa dirinya akan menyiapkan tim semaksimal mungkin untuk menghadapi Coppa Sleman.

Sebenarnya, Coach Herkis bisa memanfaatkan Coppa Sleman ini sebagai ajang untuk mengetahui karakteristik setiap pemainnya. Memberikan kebebasan tiap pemain di lapangan bisa menjadi pilihan. Terlebih saat ini PSS sudah memiliki 16 pemain yang telah dikontrak. Dengan mendalami karakteristik setiap pemain, Herkis bisa menentukan formasi yang tepat untuk kompetisi Liga 2 musim 2018.

Mengintip Penggawa Baru PSS Musim 2018

Dengan pemain-pemain yang dimiliki saat ini, saya akan mencoba untuk memprediksi cara main yang akan diperagakan PSS. Dengan skuat yang ada, menurut penulis, PSS bisa memainkan formasi 4-2-3-1. Formasi ini bisa dimanfaatkan untuk meredam lini tengah lawan yang diperkuat oleh pemain asing.

                                                                          Gambar 1: Prediksi Formasi PSS Sleman

Penjaga gawang kemungkinan besar ditempati oleh Ega Rizky. Posisi bek tengah akan diisi oleh Yudi Khoirudin dan Zamzani/Absor Fauzi. Di posisi bek kanan dan kiri, akan ditempati oleh Vandy Prayogo dan Tedi Berlian. Sementara Double Pivot akan kemungkinan akan diisi oleh Arie Sandy dan Hisyam Tolle. Untuk penghubung antara lini belakang dengan lini penyerangan, Ilham Irhaz akan menempati pos tersebut.

Jika melihat daftar pemain yang sudah diikat kontrak, kita bisa melihat kekuatan PSS ada di sisi sayap. Pemain-pemain dengan dribble yang baik dan mengandalkan kecepatan, seperti Rangga Muslim, Slamet Budiono, dan yang terbaru adalah pemain seleksi Irkham Mila.

Hal tersebut bisa menjadi gambaran kita bagaimana PSS akan bermain. Mereka akan mengeksploitasi sisi sayap, menyisir area pinggir lapangan. Belum lagi PSS juga memiliki wingback yang mempunyai agresivitas tinggi, macam Tedi Berlian di kiri dan Vandy Prayogo di kanan. Yang mungkin akan menjadi problem adalah waktu bermain bersama yang masih minim, sehingga komunikasi belum bisa berjalan maksimal.

Rangga Muslim dan Slamet Budiono kemungkinan besar akan mengisi starting line up, Rangga di sisi kiri dan Slamet di sisi kanan. Keduanya memiliki cara bermain yang mirip, yaitu pemain sayap yang eksplosif.

Jika dicermati, Slamet Budiono memiliki insting menyerang yang sangat baik. Slamet akan lebih sering masuk membawa bola ke dalam kotak penalti lawan. Sementara, Rangga Muslim akan lebih berimbang, antara membawa bola ataupun memberikan umpan kepada rekannya di dalam kotak pinalti. Di posisi sayap, ada satu nama lagi, yaitu Thaufan Hidayat. Pemain pinjaman dari Persebaya ini dikenal memiliki umpan crossing yang baik, bisa dimasukkan jika pelatih ingin mencoba variasi serangan.

Seperti kita tahu, saat tulisan ini dibuat, PSS belum mendapatkan tanda tangan kontrak dari striker. Sedangkan, ada 2 pemain (Tambun Naibaho dan Gufroni) yang sudah mengikuti latihan PSS sejak pekan lalu. Tambun Naibaho kemungkinan besar akan dicoba sejak awal di pertandingan, pada babak kedua, Gufroni bisa dimasukkan untuk melihat kemampuannya.

Sepeninggalan Charles Orock dan Guy Junior, PSS tidak pernah mendapatkan pemain nomor 9. Penyerang murni, seorang predator di kotak penalti. Dua musim terakhir, PSS memiliki seorang Riski Novriansyah, namun Riski sering bermain melebar menarik pemain lawan. Belum lagi di musim lalu Riski sering men-delay serangan PSS dan sering kehilangan bola.

Yang penulis harapkan dari kedua pemain depan musim ini (Tambun dan Gufroni), ada pemain nomor 9. Seorang predator yang siap menyambar umpan-umpan di kotak penalti.

Beralih ke tim lawan. Musim lalu, PDRM menjadi tim papan tengah di Liga Premier Malaysia.  PDRM berstatus sebagai tim yang baru saja terdegradasi dari Liga Super Malaysia pada tahun 2016. DI akhir kompetisi 2017, PDRM berada di peringkat 8 dengan catatan 7 kemenangan, 4 hasil seri, dan 11 kali kekalahan.

Tim PDRM merombak skuatnya untuk menghadapi musim kompetisi 2018, terutama di sektor pemain asing. Pemain asing baru yang mereka datangkan antara lain: Argzim Redźovič (Montenegro) di posisi bek tengah, Shim Un-Seob (Korsel) di posisi gelandang serang, Shunsuke Nakatake (Jepang) di posisi gelandang, dan Petrisor Voinea (Rumania) di posisi penyerang.

Adanya 4 pemain asing di kubu PDRM ini tentu saja akan menjadi pembeda pada laga kali ini. Seperti kita ketahui PSS tidak menggunakan jasa pemain asing, karena peraturan di Liga 2 melarang klub untuk mengontrak pemain asing.

Jalannya pertandingan akan sangat seru. PDRM yang diperkuat oleh 4 pemain asing akan memberikan perlawanan kepada PSS Sleman. PSS akan banyak menyerang lewat sisi sayap, Rangga dan Slamet Budiono akan saling bergantian menyisir lapangan dan memberikan umpan kepada penyerang PSS.

Penyerang PSS pun akan mendapatkan ujian berat, dengan melawan bek asing dari PDRM FA. Jika dimainkan, ada 2 pemain asing yang akan menjadi motor serangan di lini tengah PDRM. Mereka akan berhadapan dengan Arie Sandy dan Hisyam Tolle. Keberhasilan dua pemain muda ini meredam lini tengah PDRM akan menjadi kunci sukses PSS Sleman untuk meraih poin penuh.

Komentar
Ahmad Indra Pranata

Dokter muda yang mencintai sepakbola, bisa kamu hubungi di akun Twitter @mamas_ahmad