Berita

Preview PSS Sleman vs Persiba Balikpapan: Wajib Menang!

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

PSS Sleman akan melakoni pekan ke-17 Liga 2 Indonesia 2018 dengan menjamu Persiba Balikpapan di Stadion Maguwoharjo, Sleman (20/9). Para penggawa berambisi untuk melupakan kekalahan telak 3-0 di pekan ke-16 lalu kala harus melawat ke kandang Martapura FC.

Laskar Beruang Madu pun sama, dalam pekan yang sama, Persiba dipermalukan PSIM Jogja di kandangnya sendiri dengan skor 1-2. Kekalahan pada laga sebelumnya membuat kedua tim akan berduel sengit guna meraih poin yang ingin dicapai.

Krisis pemain tampak masih menjadi masalah kubu Super Elang Jawa pasca Taufiq Febriyanto harus menepi di laga nanti akibat hukuman kartu merah yang diterimanya ketika melawat ke Kalimantan. Pada latihan rutin pekan ini, beberapa pemain terlihat masih menghuni pingggir lapangan guna melakukan recovery cedera yang dialaminya.

Adi Nugroho dan Jodi Kustiawan masih harus menjalani perawatan di sesi latihan kemarin. Dave Mustaine terlihat sudah mulai mengikuti sesi game pada latihan namun masih sedikit pincang akibat cedera engkel yang dialaminya. Sedangkan kabar baiknya Slamet Budiyono terlihat cukup fit dalam sesi latihan di Stadion UNY beberapa waktu yang lalu.

Tentu coach Seto harus memutar otak guna menyiapkan startegi yang tepat dengan pemain yang ada. Untuk bek tengah sebagai alternatif pengganti Jodi ada sosok Zamzani, Ryan Miziar, dan Arie Sandy. Sedang di lini tengah, Ilham Irhaz sudah mulai bisa dimainkan sejak ia harus menepi akibat hukuman akumulasi kartu.

Melawan tim yang kini menduduki peringkat ke-9 klasemen, PSS harus mewaspadai pergerakan dari sisi sayap Persiba Balikapapan. Laskar Beruang Madu sangat berbahaya jika mereka mengirim umpan crossing. Tak hanya itu, Persiba Balikpapan sering mencetak angka lewat set piece tendangan pojok. Ini artinya, lini belakang Super Elja dituntut lebih fokus agar dapat meredam serangan Persiba dari bola mati.

Namun masih banyak kelemahan di kubu Persiba Balikpapan. Transisi yang buruk saat bertahan ditambah kurang padunya duet lini belakang Yudi dan Aang membuat mereka sering kecolongan gol lewat serangan balik cepat.

Anak asuh coach Haryadi tentu datang tidak ingin mengalah begitu saja. Berbekal pemain yang sedang on fire seperti Beny Okto dan mantan penggawa PSS, Rosi Noprihanis, tim asal Pulau Kalimantan itu bisa saja memupus target poin penuh PSS  di kandangnya.

Walau begitu, catatan bermain Persiba sebenarnya tidak terlalu baik. Dalam 5 pertandingan terkahirnya, Persiba meriah 2 kali menang, 2 kali kalah dan sekali seri. Ini artinya, permainan beruang madu belum konsisten dan belum mencapai grafik yang baik.

Di atas kertas PSS Sleman unggul segalanya, namun di atas lapangan semua bisa berubah. Kreatifitas Ichsan Pratama dan kolega sangat diharapkan publik Sleman agar tim kebanggaan Kabupaten Sleman ini mampu memenangkan pertandingan dan mencetak banyak gol.

Komentar
Bagus Ananditya

Penikmat ketela bakar ketika waktu Maghrib tiba. Bisa ditemui di akun @BagusAnanditya