Berita

Preview PSS vs PSMP: Mengharap Sempurna di Laga Pembuka

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Liga 2 2018 resmi bergulir. Pertandingan pembuka telah digelar di Stadion Manahan yang  mempertemukan Persis Solo dengan Semen Padang FC. Liga 2 tahun ini dibagi menjadi 2 wilayah: barat dan timur. PSS sendiri berada di wilayah timur  beserta 11 kontestan lainnya.

PSS mendapat jadwal pertandingan melawan PSMP Mojokerto pada hari Kamis, 26 April 2018 di Stadion Maguwoharjo. Pertandingan ini menjadi pertandingan pertama bagi kedua tim di Liga 2 2018.

PSS dan PSMP adalah klub yang sama-sama memiliki persiapan cukup lama untuk menghadapi Liga 2. Jika PSS sudah membentuk tim pada akhir tahun 2017, PSMP mulai melakukan seleksi pemain pada awal tahun 2018. Keduanya juga telah bertemu pada gelaran Coppa Sleman 2018 Februari lalu. Saat itu PSS berhasil mengalahkan The Lasmojo dengan skor tipis 2-1.

Jalan yang dilalui oleh PSMP memang sedikit terjal. Sempat berganti nama menjadi Pakindo MP karena keinginan sponsor, namun terjadi penolakan dari kalangan suporter sampai pada akhirnya kembali menjadi PSMP. Jajaran manajemen juga sempat menghangat dengan mundurnya manajer dan pengelola tim.

Secara tim, PSMP tidak begitu berbeda seperti saat bertanding di Coppa Sleman 2018. The Lasmojo diisi oleh gabungan pemain berpengalaman seperti Putut Wijanarko, Jayusman Triasdi, Ade Cristian, dan Indra Setiawan. Tim yang dilatih oleh Jamal Yastro juga mendapatkan hasil yang positif dalam uji tanding yang telah mereka jalani selepas Coppa Sleman.

PSMP berhasil mengalahkan klub dari Singapura, Hougang United FC, dengan skor 2-0. Kemudian menahan Borneo FC dengan skor akhir 1-1. Terakhir, PSMP  berhasil mempecundangi tuan rumah Persijap dengan skor tipis 0-1.

Jamal Yastro, dalam wawancaranya dengan media, menyebutkan telah mempersiapkan strategi khusus untuk meredam agresivitas PSS. Strategi counter attack telah dimatangkan untuk memanfaatkan kelengahan lini belakang Super Elja. Jamal juga mengindikasikan akan menumpuk pemainnya di daerah pertahanan sendiri, dengan hanya menyisakan satu penyerang di depan.

Di kubu tuan rumah, PSS memiliki bekal yang sangat bagus untuk menghadapi pertandingan pertama. Dua kemenangan away dan dua kemenangan home diraih PSS pada 4 pertandingan uji tanding terakhirnya. Hal ini tentu saja membuat para penggawa PSS berada dalam puncak kepercayaan diri.

Hasil positif di laga uji tanding bukan tanpa catatan, ada perhatian ekstra yang harus diberikan di lini belakang. Pada empat uji tanding terakhir, PSS selalu kebobolan dari lawannnya. Tercatat sebanyak 6 kali gawang PSS kemasukan bola, dengan dua skema yang sama: umpan lambung dan serangan balik. Herkis beberapa kali menyebutkan bahwa evaluasi terus dilakukan, dan diharapkan pada pertandingan besok lini belakang PSS bisa lebih fokus dan meminimalkan kesalahan.

Kelemahan PSS tersebut perlu mendapatkan perhatian khusus, karena tampaknya pelatih PSMP juga menyadari bahwa ada celah yang bisa dimanfaatkan di lini belakang PSS. Strategi counter attack PSMP bisa menjadi mimpi buruk Super Elja jika lini belakang tidak tampil optimal. Pemain belakang PSS harus memberikan perhatian khusus untuk Indra Setiawan, striker ini menjadi top scorer PSMP di Liga 2 musim lalu.

Mengaku Siap Tempur, Herkis Masih Pusingkan 2 Hal Ini

Membicarakan kekuatan tim, skuat PSS saat ini sudah bisa dikatakan lengkap dengan kabar turut sertanya Cristian Gonzales dalam latihan tim. Semua pemain sudah siap tempur, dan tidak ada pula pemain yang mengalami cedera. Apabila Cristian Gonzales sudah resmi bergabung, tentu akan menjadi keuntungan tersendiri bagi tim pelatih. Pelatih tentu memiliki banyak pilihan dalam menerapkan strategi, sesuai karakter permainnya atau lawan yang dihadapi.

Pemain seperti El Loco bisa berfungsi sebagai wall dan pembuka ruang pemain lain. El Loco memiliki kepping ball yang baik, bisa memberi waktu pemain lainnya untuk masuk ke pertahanan lawan. Apalagi PSS memiliki pemain-pemain sayap yang sering masuk ke dalam kotak penalti lawan. Skema ini berguna ketika menghadapi lawan yang menumpuk pemain di area pertahanan sendiri.

Kita harapkan tim pelatih bisa menemukan komposisi terbaik yang akan diturunkan pada pertandingan perdana, dan tentu saja bisa menampilkan permainan yang terbaik pula.

Pertandingan pertama selalu berat, apalagi ada beban ekspektasi tinggi dari Sleman Fans yang diusung oleh penggawa PSS. Kita harapkan para pemain PSS tidak terbebani seperti laga pembuka musim lalu.

Seperti kita ingat, musim lalu PSS takluk di laga perdana dari PSCS dengan skor 0-1. Padahal saat itu PSS memiliki track record yang bagus di pertandingan pramusim, namun ternyata bermain tidak sesuai ekspektasi. Tentu kita berharap, kejadian itu tidak lagi terjadi pada musim ini.

Komentar
Ahmad Indra Pranata

Dokter muda yang mencintai sepakbola, bisa kamu hubungi di akun Twitter @mamas_ahmad