Berita

Preview PSS Sleman vs Timnas U-19: Ajang Uji Taktik

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

PSS Sleman akan menjamu timnas U-19 dalam laga uji tanding di Stadion Maguwoharjo,  hari Sabtu (2/6/2018). Momentum yang sangat tepat untuk kedua tim mengingat keduanya sedang butuh lawan untuk uji tanding untuk mengasah skuat masing-masing.

PSS butuh menggelar laga ini dalam rangka menjaga performa mereka selama jeda kompetisi Liga 2 Indonesia di  bulan Ramadan. Sedangkan timnas U-19 sendiri datang ke Yogyakarta untuk menjalani training center sejak bulan Mei yang lalu.

Laskar Sembada sendiri menjalani agendanya di bulan puasa dengan menggelar latihan bertajuk Safari Ramadan 2018. Agenda yang cukup padat untuk skuat Super Elja dikarenakan latihan tersebut digelar rutin selama 6 kali dalam sepekan.

Harapan dari adanya Safari Ramadan ini tak lain agar para pemain dapat memanfaatkan jeda kompetisi Liga 2 untuk menaikkan kualitas individu dan kedalaman tim. Latihan tersebut dirasa cukup berat terlebih dikarenakan digelar di bulan puasa. Akan tetapi para pemain yang sedang menjalani ibadah puasa tampak dapat mengikuti jalannya latihan dengan baik.

Dalam seminggu terakhir, pemain sering digembleng fisiknya oleh coach Komarudin. Selama itu pula, meningkatnya kondisi fisik para pemain membuat Seto cukup senang.

Di Safari Ramadan tahun ini, Seto yang kini naik jabatan mengisi pelatih kepala PSS Sleman memberikan materi latihan ball possesion dengan berbagai variasi. Hal itu berguna agar para penggawa dapat lebih tenang dalam menguasai bola dan mampu merancang serangan dengan baik.

Seto sendiri memilki pandangan lain terhadap uji tanding melawan timnas U-19. “Kami nggak mencari kalah menang, tapi lebih mencoba progres pemain,” tutur Seto saat dijumpai di sesi wawancara.

“Kami juga belajar bagaimana coach Indra meracik strategi, terlebih kualitas para pemain di atas rata-rata,” terang Seto memuji anak asuh Indra Sjafri tersebut.

Secara kualitas, para pemain U-19 tak bisa dianggap remeh. Banyak dari mereka yang tampil baik secara reguler atau menjadi pemain pelapis di klub-klub Liga 1. Akan tetapi, mental bermain mereka belum teruji penuh. Bermain melawan PSS yang didukung dengan fanatisme suporter yang luar biasa akan membuat mental Garuda Muda diuji betul di pertandingan nanti.

Pada laga ini diprediksi Seto akan mencoba merotasi sejumlah nama di skuatnya. Untuk sektor penjaga gawang, Setya Beni mungkin akan dijajal kembali oleh coach Seto. Lini belakang sendiri kemungkinan besar akan diisi duet Hisyam Tolle dan Arie Sandy dengan dibantu bek sayap Akbar Zakaria dan Yericho.

Untuk sektor gelandang, Irham Irhaz diprediksi akan tampil mengingat Syamsul Chaerudin yang masih berkutat dengan cedera. Dua gelandang di depan Irhaz akan diisi duet Dave Mustaine dan gelandang lincah Ichsan Pratama. Yang menarik adalah sektor gelandang sayap yang kemungkinan besar coach Seto akan menurunkan Rangga Muslim di sayap kanan dan Slamet Budiyono di sayap kiri.

Untuk posisi ujung tombak, Tambun diprediksi akan bermain di awal laga karena Made Wirahadi belum pulih dari cedera yang dialaminya.

Timnas U-19 berambisi memperbaiki hasil yang diraihnya di Solo pekan lalu. “Pembelajaran dari Solo akan kami perbaiki di Sleman. Tim ini masih berkembang dan masih butuh proses adaptasi,” ujar asisten pelatih timnas U-19 saat mewakili tim pelatih untuk konferensi pers.

Egi Maulana dan rekan-rekannya tentu tak asing dengan atmosfer pertandingan yang ada di stadion Maguwoharjo. Mereka juga pernah menggelar laga uji tanding bersama PSS Sleman. Akan tetapi, komposisi pemain muda timnas ini sejak kembalinya Indra Sjafri cukup berbeda.

Apapun hasilnya nanti, pertandingan ini cukup menjadi pembelajaran bagi kedua pelatih. Bagi PSS Sleman tentu akan dijadikan modal untuk melanjutkan kompetisi setelah lebaran Idul Fitri nanti. Sedangkan bagi skuat U-19 akan menjadi modal berharga untuk mempersiapkan tim sebelum kompetisi tingkat Asia di tahun ini.   

Komentar
Bagus Ananditya

Penikmat ketela bakar ketika waktu Maghrib tiba. Bisa ditemui di akun @BagusAnanditya