Berita

PSS Pastikan Diri Naik Kasta

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Stadion Maguwoharjo penuh sesak pada laga kandang terakhir musim ini melawan Kalteng Putra. Pada semifinal leg kedua Liga 2 ini justru tim tamu yang menyerang terlebih dahulu hingga menghasilkan sepak pojok. Akan tetapi, peluang tersebut tidak membuahkan hasil.

PSS Sleman baru mendapat peluang pada menit kelima ketika Ichsan Pratama dilanggar Dendi Maulana. Dewa mengambil tendangan bebas mengirimkan umpan rendah yang disambut Rangga Muslim dengan tumit. Sayang sekali, belum dapat membuat tim tuan rumah unggul.

Justru Gonzales lah yang membuka keunggulan. Berawal dari Amarzukih yang memotong umpan lambung bek Kalteng Putra. Mantan gelandang Persija Jakarta tersebut kemudian mengirimkan umpan lambung ke kotak penalti. El Loco menyambut umpan tersebut dan berhasil membuka keunggulan bagi Super Elja.

Sama-sama mengincar tiket ke Liga 1, Kalteng Putra tak tinggal diam. KH Yudo menyisir sayap kiri dan berhasil melewati Hamdan Zamzani. Setelah menusuk ke kotak penalti, sayap cepat tim tamu itu melepaskan tendangan. Bola sempat mengenai Bagus Nirwanto, namun Ega Rizki dapat menghalau dengan kaki walaupun arah si kulit bulat sempat berubah.

Menit ke-34, Bagus Nirwanto dilanggar di daerah pertahanan PSS Sleman. Tendangan bebas cepat dilakukan dengan memberi bola ke Rangga yang bersiap membangun serangan. Ia melakukan dribble sembari mencari momen untuk memberi bola kepada Gonzales. Akibat jalur umpan yang tertutup, Rangga memilih melepaskan tendangan, tetapi masih bisa diamankan Riki Pambudi.

Semenit sebelum waktu normal di babak pertama usai. Fandy Edi yang mengambil tendangan bebas melambungkan bola ke kotak penalti. Sempat terjadi kemelut di kotak terlarang PSS Sleman. Bahkan bola sempat mengarah ke gawang, namun berhasil dihalau Asyraq Gufron tepat di garis gawang. Skor 1-0 untuk tuan rumah bertahan hingga turun minum.

Babak kedua dimulai dengan serangan Kalteng Putra melalui Yudo. Seperti serangan sebelumnya, ia menyisir sayap kiri dan berhasil masuk kotak penalti setelah melewati Bagus Nirwanto. Di dalam kotak terlarang, ia terjatuh saat berduel dengan Zamzani. Wasit tidak menunjuk titik putih, namun menganggap Yudo melakukan diving.

Serangan pertama Laskar Sembada terjadi semenit kemudian. Rangga menggiring bola ke kotak penalti sesudah menerima umpan dari Gonzales. Berhasil melewati Heri Susilo dan mendapat ruang tembak, mantan pemain PSIM Yogyakarta tersebut melepaskan sepakan. Sayang sekali masih tipis di atas mistar.

Gol kedua Super Elja akhirnya hadir sepuluh menit babak kedua berjalan. Dewa mengambil bola mati meberikan umpan lambung ke tiang jauh. Memanfaatkan Riki Pambudi yang keluar dari posisinya, Gonzales dengan mudah mengarahkan bola ke dalam gawang.

Tertinggal dua gol, Kalteng Putra mencoba keluar menyerang. Ugik Sugiyanto melakukan tusukan melewati Zamzani ke kotak penalti. Namun, tendangannya masih mengenai kaki Ega Rizki. Ega kembali melakukan penyelamatan dengan kaki tiga menit kemudian saat ia berhasil menghalau sepakan Beni Okto tepat di depan gawang.

Dua puluh menit terakhir tensi meninggi, tetapi tidak ada peluang berbahaya tercipta. Dua gol dari Gonzales memastikan PSS Sleman melaju ke babak final. Hasil ini, akhirnya dapat membawa Super Elja naik kasta ke Liga 1.

Komentar
Andhika Gilang

Perintis @tapakbola. Dapat dihubungi secara personal melalui akun @AndhikaGila_ng