Berita

PSS Sleman Kandas di Laga Kedua

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Mengincar kemenangan kedua, PSS Sleman langsung tancap gas di menit pertama. Adi Nugroho memulai serangan melalui sisi kiri, tetapi hanya menghasilkan sepak pojok. Bola liar dari corner kick sempat disambut Tambun Naibaho, namun bola masih dapat ditepis kiper Madura FC.

Sayang sekali serangan Laskar Sembada hanya berlangsung di awal pertandingan saja. Justru tim tamu mencuri gol saat Gufroni dari sisi kiri mengirim umpan matang ke kotak penalti PSS Sleman. Memanfaatkan Hisyam Tolle dan Yudi Khoirudin yang telat mundur, Yusuf Effendi dengan mudah mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-8.

Berusaha mengejar ketertinggalan, Thaufan Hidayat mencoba melakukan penetrasi dari sisi kanan pada menit ke-11. Kombinasinya dengan Tambun masih dapat ditangkap kiper Madura FC, Sukasto Efendi. Thaufan dan Tambun kembali mencoba melakukan kerja sama sembilan menit kemudian. Namun, lagi-lagi dapat diantisipasi.

Pada babak pertama, Thaufan benar-benar menjadi tumpuan serangan. Kerja sama Thaufan dan Yericho Christiantoko sempat mengancam ketika umpan bek kiri yang kerap disapa Owik tersebut menemui Dave di kotak penalti. Sayang sekali, tendangan Dave membentur bek lawan.

Thaufan kembali merepotkan pada menit ke-28. Serangan yang digalangnya sampai-sampai harus dihentikan paksa oleh Gufroni. Owik yang mengambil bola mati memberikan umpan matang, namun tak satupun yang dapat menjangkau.

Sebelumnya, PSS Sleman juga mendapat peluang melalui bola mati ketika Slamet Budiono dilanggar di sisi kanan pertahanan Madura FC. Dave yang maju sebagai eksekutor mengirimkan umpan apik, tetapi lagi-lagi tidak ada yang menyambut.

Satu-satunya peluang dari bola mati yang dapat disambut pemain PSS Sleman adalah ketika Bagus Nirwanto dilanggar saat duel bola udara di sisi kanan. Munyeng sendiri yang menjadi eksekutor memberikan bola panjang yang menemui Adi Nugroho. Sayang sekali dundulan Adi masih melenceng.

Madura FC bukan tanpa peluang. Andre Putra memberikan tusukan pada menit ke-26, tetapi umpannnya dipotong Ega Rizky. Gufroni juga menjadi momok di sisi kiri pertahanan PSS Sleman sehingga harus dihentikan paksa oleh Owik. Tendangan bebas Imam Budi masih dapat dipetik Ega Rizky.

Di akhir babak pertama, Heri Kiswanto menyadari macetnya lini tengah timnya. Ia memutuskan mengganti Slamet Budiono dengan Ilham Irhaz. Namun, pergantian tersebut masih belum membuahkan hasil hingga babak pertama berakhir.

Super Elja kembali tancap gas di awal babak kedua. Kali ini Dave Mustaine berusaha melakukan kerja sama dengan Tambun Naibaho, tetapi masih gagal menembus pertahanan tim tamu.

Menit ke-55 terjadi insiden benturan antara Hisyam Tolle dengan Sukasto Efendi. Sukasto yang terkapar tidak mampu melanjutkan pertandingan sehingga digantikan oleh Usman Pribadi. Di saat yang sama Tambun ditarik keluar dan digantikan oleh Cristian Gonzales.

Efek masuknya Gonzales baru dirasakan lima menit kemudian. Serangan balik yang berakhir di kaki El Loco menyebabkan dirinya dilanggar di depan kotak terlarang. Sayang sekali, eksekusi Dave Mustaine masih membentur pagar hidup.

Masih belum dapat menyamakan kedudukan, Herkis memasukkan Rangga Muslim menggantika Thaufan Hidayat. Aksi pertama Rangga malah justru saat bertahan ketika membuang bola hasil sundulan pemain Madura FC dari skema sepak pojok.

Baru pada menit ke-72, Rangga memberikan ancaman dengan melesatkan tendangan voli. Dengan sigap Usman Pribadi terbang menepis sepakan pemain bernomor punggung 15 tersebut. Sepak pojok yang mengikutinya juga berbuah peluang. Namun, Adi Nugroho yang menyambar bola liar masih melenceng di sisi kanan gawang Madura FC.

Memasuki menit ke-75, akhirnya perjuangan PSS Sleman membuahkan hasil. El Loco yang melakukan penetrasi harus dikawal oleh dua pemain belakang PSS Sleman. Serangan tersebut mengharuskan bek Madura FC menjatuhkan Gonzales di kotak penalti. El Loco sendiri yang menjadi eksekutor berhasil menyamakan kedudukan.

Berhasil menyamakan skor. PSS Sleman semakin bergairah untuk menambah gol. Menit ke-79, umpan silang Adi Nugroho dari sisi kanan menemui Rangga di kotak penalti. Sayang sekali Rangga gagal memanfaatkan peluang emas tersebut. Tendangannya masih melambung di atas gawang Madura FC.

Sampai akhir pertandingan, berkali-kali punggawa Super Elja menggalang serangan. Bola mati dari Ilham Irhas sempat disambut Tolle, namun masih menyamping. Dua tendangan bebas berikutnya melalui Owik dan Dave masih dapat dipetik Usman Pribadi.

Madura FC justru malah dapat mengembalikan kenggulan. Serangan balik di menit terakhir pertandingan melalui Bayu Firmansyah gagal diantisipasi pertahanan tuan rumah. Ega Rizky sempat menggagalkan situasi one-on-one, namun bola kembali bergulir ke kaki Bayu. Dengan mudah Bayu menceploskan bola ke gawang PSS Sleman yang kosong melompong.

Kekalahan ini membuat poin PSS Sleman terhenti pada angka tiga. Sementara Madura FC berhasil memuncaki klasemen sementara Liga 2 Grup Timur dengan enam poin. Selanjutnya, Laskar Sembada akan bertandang ke Gresik menghadapi Persegres pada tanggal 6 Mei.

Komentar
Andhika Gilang

Perintis @tapakbola. Dapat dihubungi secara personal melalui akun @AndhikaGila_ng