Berita

PSS Sleman Kembali Tumbang di Kandang

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Menghadapi PSMS Medan, PSS Sleman kembali menelan kekalahan ketiganya di kandang secara berturut-turut. Satu gol Super Elja dicetak oleh Adi Nugroho dari titik putih berbalas dua gol Ayam Kinantan melalui Fets Butuan dan gol bunuh diri Bima Reksa.

Babak pertama baru saja mulai, PSS langsung menginisiasi serangan. Belum genap 1 menit pertandingan berjalan, kombinasi Tambun dan Adi Nugroho sudah mengancam gawang lawan. Sayang tendangan Adi masih dapat di blok barisan pertahanan PSMS.

Akselerasi cepat Tambun Naibaho sempat membuat lini belakang PSMS kelabakan sehingga harus dijatuhkan paksa. Tambun juga memiliki sebuah peluang jikalau saja dapat mengonversi umpan silang dari Slamet Budiono pada menit ke-13. Slamet juga sempat mengancam, sayang sepakannya melenceng di sisi kanan gawang PSMS yang dijaga Dhika Bhayangkara.

Tim tamu baru bisa melancarkan peluang setelah laga berjalan seperempat jam. Berawal dari usukan dari sisi kiri pertahanan PSS Sleman, Alwi Slamat mengirimkan umpan ke tiang jauh. Namun, umpan yang sudah siap disambut oleh Martin tersebut berhasil dihalau barisan pertahanan PSS.

Menit-menit berikutnya kedua tim bergantian menyerang. PSMS mengandalkan Martin di lini depan yang beberapa kali harus dijatuhkan oleh pemain bertahan PSS. Sementara dari situasi bola mati, tercatat tiga kali Legimin Raharjo mengancam gawang PSS melalui tendangan bebas. Tetapi Ega Rizky masih sigap untuk menyelamatkan gawangnya.

Sementara PSS Sleman bukan tanpa peluang. Berawal dari Tambun yang dilanggar di sisi kiri pertahanan PSMS Medan pada menit ke-25, umpan Adi Nugroho ke kotak penalti Dhika Bhayangkara menyebabkan kemelut. Bola liar mengarah ke Slamet yang langsung menghajar bola dengan tendangan gunting. Sayang tendangannya masih berhasil diblok kiper PSMS.

Malang bagi PSS, salah satu peluang PSMS Medan lebih dahulu menemui sasaran. Frets Butuan yang baru saja menerima umpan dari sisi lain lapangan berhasil menegelabuhi Akbar Zakaria. Tusukan yang ia lakukan ke dalam kotak penalti PSS diakhiri dengan tendangan yang berhasil menaklukkan Ega Rizky pada menit ke-40.

Babak pertama berakhir setelah wasit meniup peluit tanda turun minum. Skor sementara 1-0 untuk Ayam Kinantan.

Di paruh kedua, tempo permainan sedikit menurun. Baru pada menit ke-50 Adi Nugroho berhasil mengancam gawang PSMS Medan. Tendangannya mengenai tangan pemain bertahan PSMS Medan di kotak penalti. Ia sendiri maju sebagai algojo dan sukses mengambil membobol gawang Dhika Bhayangkara dari titik putih.

Ilham Irhas hampir saja melesakkan gol cantik. Menerima umpan dari sisi kanan penyerangan PSS Sleman, Irhas yang berada di tengah melakukan kontorl ciamik yang di akhiri oleh tendangan voli. Hampir saja ia mencetak gol indah ala James Rodriguez ke gawang Uruguay saat Piala Dunia 2010. Sayang tendangan Irhas masih melambung.

Tak mau terus terkurung, Djajang Nurdjaman memasukkan Wilfried Yessoh, Suhandi, dan Erwin Ramdhani yang menambah kegarangan taji Ayam Kinantan.

Erwin hampir saja mencetak gol andai saja ia dapat mengalahkan Ega Rizky dalam situasi satu lawan satu setelah menerima umpan Yessoh. Umpan silang Fredyan Wahyu dua kali mengancam pertahanan PSS, tetapi sundulan Suhandi dan Yessoh masih belum menemui sasaran.

PSS Sleman tak tinggal diam, I Made Wirahadi dimasukkan menyusul Rangga Muslim dan Dave Mustaine yang telah terlebih dahulu menggantikan Adi Nugroho dan Ichsan Pratama. Masuknya Wirahadi disambut riuh suporter PSMS Medan yang malah kembali menyanyikan namanya.

Selang dua menit setelah masuknya Wirahadi, PSMS kembali melancarkan serangan. Tak seperti menit-menit sebelumnya yang mengandalkan sisi kanan, kali ini Frets Butuan melancarkan serangan dari sisi kiri penyerangan Ayam Kinantan.

Untuk kedua kalinya, Frets berhasil mengelabuhi Akbar Zakaria. Mengakhiri aksinya di kotak penalti, Frets melesakkan tendangan pelan terarah yang berhasil membobol gawang Ega Rizky. Namun, bola sempat mengenai Bima Reksa sebelum masuk ke gawang.

Seolah tak cukup, pada menit ke-84 kubu tim tamu melakukan serangan balik cepat. Situasi Yudi Khoirudin dan Absor Fauzi yang out of position membuat Akbar Zakaria sendirian menghadapi Frets Butuan yang sedang membawa bola.

Melihat Yessoh berlari tanpa kawalan, Frets memberikan umpan kepada penyerang asal Pantai Gading tersebut. Beruntung bagi PSS Sleman, tendangan Yessoh terlalu lemah. Bola berhasil diamankan oleh Ega Rizky.

Sampai pertandingan selesai, tak ada lagi peluang berarti. Hasil akhir 1-2 untuk kemenangan tim tamu di bawah langit mendung yang menaungi Stadion Maguwoharjo. PSS Sleman harus kembali tertunduk dihadapan 8 ribu pendukungnya sendiri.

Komentar
Andhika Gilang

Perintis @tapakbola. Dapat dihubungi secara personal melalui akun @AndhikaGila_ng