Berita

PSS Sleman Masih Dalam Tahap Adaptasi

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Sejak tiba kembali di Sleman pada (20/6) para pemain diajak oleh tim pelatih untuk beradaptasi pasca menikmati 10 hari libur lebaran di kampung halaman. Hal ini diakui oleh pelatih kepala PSS, Sleman Seto Nurdiantoro, bahwa pada tahap-tahap awal ini pemain belum mendapatkan latihan yang berat. Artinya porsi yang diberikan masih pada tahap mengembalikan sentuhan-sentuhan bola para penggawa Super Elja.

“Adaptasi dulu, artinya kita ball possession dalam small sided game. Ya adaptasi dulu lah, jadi saya pikir pemain saya lihat juga mampu jaga kondisi. Walaupun ada sentuhan bola yang hilang, tapi tidak terlalu mengkhawatirkan. Jadi kalaupun turun tidak terlalu jauh,” jelasnya.

Terkait pengondisian pemain ke performa awal, Seto berharap anak asuhnya memiliki motivasi yang tinggi untuk kembali berlaga bersama Super Elja, sehingga mereka dapat bekerja keras untuk berada pada posisi peak performance. Pelatih berusia 44 tahun itu jugas sempat mengapresiasi para pemainnya yang tetap professional dan mampu menjaga kondisi selama libur latihan.

“Harusnya pemain punya motivasi lebih agar tidak terlalu berat. Tapi selalu kita lihat setiap sesi latihan bagaimana perkembangannya. Kondisi fisik turun pun tidak terlalu jauh, jadi saya apresiasi pemain, mereka tetap jaga kondisi mungkin latihan secara mandiri,” imbuhnya.

Ke depannya tim pelatih akan menerapkan  progam latihan yang telah disusun untuk mengasah kemampuan dan meningkatkan kualitas fisik. Sementara ini pemain mendapat materi permainan lapangan kecil atau small side game. Bila diperlukan, tim akan segera mencari lawan untuk latih mending meski bukan dari tim yang selevel.

“Sementara dengan small side game dan latihan shooting saja, jadi  harapannya dengan adanya beberapa latihan program besok untuk fisik sudah siap .Untuk ujicoba dengan tim selevel enggak,tapi mungkin kalo uji coba dengan tim yang di bawah kita mungkin satu kali uji coba, karena waktu cukup mepet,” tambah Seto.

PSS Sleman akan menjalani jadwal super padat di bulan Juli. Tercatat akan ada tiga pertandingan home dan empat pertandingan away dengan beberapa diantaranya hanya saling berselisih 3 hari jadwal pertandingan saja. Selain masalah fisik, kini tim pelatih harus dipusingkan dengan strategi rotasi pemain.

Komentar
Awaludin

Masih menimba ilmu di UIN Sunan Kalijaga dan masih akan terus mencintai PSS. Bisa dihubungi via akun Twitter @al_arif14