Berita

PSS Sleman Torehkan Kemenangan Terbesar Musim Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Dave Mustaine mengawali serangan dengan tendangan dari luar kotak penalti. Peluang yang lebih berbahaya terjadi satu menit setelahnya. Sepakan Bagus Nirwanto dari halfspace kanan yang mengarah ke tiang dekat masih dapat ditepis kiper Semeru FC. Lastori sempat menyambar bola muntah, namun belum menemui hasil.

Tak sampai lima menit kemudian, Slamet Budiono terlihat memegangi tangannya yang kesakitan setelah usahanya menyisir sayap kiri dijatuhkan pemain lawan. Dave yang mengeksekusi tendangan bebas mengarahkan bola ke tiang jauh. Sayang sekali Hamdan Zamzani gagal menyambut bola.

Semenit berselang skema serupa dilakukan kembali, tetapi hasilnya berbeda. Bagus Nirwanto mengambil bola mati dari sisi kanan setelah Tambun Naibaho dijatuhkan Fadel Mohamad. Bola sama-sama di arahkan ke tiang jauh, namun kali ini Hisyam Tolle dapat mengonversinya menjadi gol.

Dalam situasi tertinggal, para pemain tamu dari Lumajang menjaga ketat penggawa Laskar Sembada. Marking tersebut menyebabkan Rifal Lastori terbawa emosi. Ia sempat menendang kaki Amir Mahmud setelah berduel. Untung saja wasit tak mengeluarkan kartu.

Peluang matang pertama Semeru FC baru terjadi pada pertengahan babak pertama. Umpan terobosan kepada Oni Rosandi gagal diantisipasi Tolle sehingga berbuah sepak pojok. Bola dari sudut lapangan disundul oleh Fadel Mohamad, tetapi dapat ditepis Ega Rizky yang terbang menyelamatkan gawangnya.

Tim tamu kembali mendapat peluang yang diawali dribble Yogi Syaifullah di sisi kiri. Namun, umpan terobosannya ke dalam kotak penalti tidak dapat dijangkau Oni Rosandi. Serangan berbahaya tersebut adalah yang terakhir bagi Semeru FC di babak pertama. Selanjutnya, permainan dikuasai PSS Sleman.

Serangan tuan rumah di akhir babak pertama dimulai dari tendangan Dave deri luar kotak penalti yang masih dapat ditepis. Pemain bernomor punggung 92 tersebut kembali mengancam gawang Mohammad Pujiantoro melalui tendangan bebas dari depan kotak penalti. Kali ini bola yang melewati samping pagar hidup dapat ditangkap oleh kiper.

Ichsan Pratama tak mau ketinggalan memberi ancaman dengan melakukan cut inside dari sisi kanan. Namun, tendangannya masih melambung. Ichsan kembali berperan saat melakukan umpan satu-dua dengan Tambun Naibaho. Tambun yang hanya tinggal berhadapan dengan kiper gagal menyelesaikan peluang.

Gol kedua baru datang di masa tambahan waktu. Umpan pendek dari sepak pojok dibawa Lastori yang melakukan dribble diagonal ke depan kotak penalti dan kemudian melepaskan tendangan melengkung ke arah tiang jauh. Bola sempat mengenai kepala pemain belakang tim tamu lalu masuk ke dalam gawang. Skor 2-0 untuk PSS Sleman bertahan hingga turun minum.

Peluang di babak kedua baru tercipta setelah sepuluh menit bola bergulir. Umpan datar Wirabuana Prayogo ke dalam kotak penalti disambut oleh Ichsan Pratama yang mengelabuhi satu pemain belakang lawan. Sayangnya, bola sepakan mantan pemain PSPS Pekanbaru tersebut dapat diblok.

Para pemain Super Elja menerapkan high pressing sejak awal babak kedua. Hasilnya dipetik saat laga memasuki menit ke-58. Mohammad Pujiantoro tak kuasa mengantisipasi tekanan yang dilakukan oleh Slamet Budiono. Umpan yang ia kirimikan menjadi tak akurat dan jatuh di kaki Tambun. Dengan mudah, penyerang asal Samosir tersebut menceploskan bola ke gawang Semeru FC.

Sejak itu, tak ada peluang berarti bagi kedua tim. Hingga di pertengahan paruh kedua, Ichsan, Dave, dan Tambun melakukan variasi umpan satu-dua di depan kotak penalti yang diakhiri dengan sepakan Ichsan. Bola cukup lemah, tetapi bek lawan juga gagal mengantisipasi dengan baik. Bola liar akhirnya disambar Budi menjadi gol keempat PSS Sleman.

Laga baru diwarnai peluang berbahaya hampir sepuluh menit kemudian. Tolle yang bermaksud menghalau umpan lambung hampir berujung petaka. Sapuannya yang tidak sempurna membuat bola jatuh di kaki Adam Anis. Beruntung pagi tuan rumah, tendangan pemain pengganti tersebut tidak menemui sasaran.

Hanya semenit berselang, Bagus Nirwanto melakukan dribble menawan mengelabuhi tiga pemain tim tamu. Umpan terobosannya menemui kaki Rangga Muslim yang sebelumnya telah masuk menggantikan Rifal Lastori. Rangga dengan tenang melewati kiper Semeru FC dan menceploskan gol terakhir PSS Sleman di laga ini.

Dalam keadaan tertinggal, Semeru FC berusaha mencuri gol. Setidaknya terdapat tiga peluang hingga akhir laga. Pertama adalah sundulan Adam Anis yang menyambut tendangan bebbas Feri Firmansyah. Kemudian, sundulan Yogi Syaifulah setelah menerima umpan silang Agil Promono. Terakhir, sepak pojok langsung dari Feri Firmansyah. Namun, ketiga peluang tersebut tidak menemui sasaran.

Hingga wasit Suyanto meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, kedudukan tidak berubah. Di bawah bulan sabit yang tampak di sisi barat laut, Laskar Sembada menghantam tamunya lima gol tanpa balas sekaligus menorehkan catatan kemenangan terbesar musim ini.

Komentar
Andhika Gilang

Perintis @tapakbola. Dapat dihubungi secara personal melalui akun @AndhikaGila_ng