Berita

PSS Sleman Vs Persibangga: Mantap di Puncak

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Menghadapi tim juru kunci Grup 3, Persibangga Purbalingga, Laskar Sembada berhasil mengamankan 3 poin untuk semakin memantapkan posisi mereka di puncak klasemen. Dengan koleksi 22 poin, anak asuh Freddy Muli berhasil menjaga peluang mereka untuk keluar sebagai pemuncak Grup 3.

Tampil dengan pakem formasi yang sama dengan pertandingan melawan Persibas lalu, PSS Sleman tampil cukup mendominasi di babak pertama.

Arie Sandi yang terbebas dari hukuman akumulasi kartu mendapat kesempatan turun untuk berdampingan bersama Waluyo dan Tolle. Sementara di posisi flank masih dihuni oleh Bagus Nirwanto dan Teddy Berlian yang posisinya seolah belum tergantikan.

Lini tengah kembali dihuni oleh Dirga Lasut, Busari, dan Dave Mustaine yang menyokong pergerakan Rossi Noprihanis dan Riski Novriansyah di lini serang.

Tidak ingin menjadi lumbung gol anak-anak Sleman, Persibangga lebih memilih opsi menumpuk pemain di lini belakang. Sejak dimulainya laga, terlihat gaya permainan mereka cukup defensif dan hanya melancarkan serangan sesekali lewat serangan balik sporadis.

Pilihan strategi dari Persibangga ini ternyata cukup menyulitkan Super Elang Jawa dalam membuka ruang di lini pertahanan. Beberapa kali umpan-umpan pendek menuju pemain depan selalu mentah di depan kotak penalti lawan.

Kondisi ini memaksa para pemain PSS untuk melakukan tendangan dari jarak jauh maupun solo-run untuk masuk ke kotak penalti lawan.

Sebuah usaha dari Dirga di menit ke-21 berujung sebuah pelanggaran bagi dirinya. Sejurus kemudian, tendangan bebas yang ia eksekusi sendiri meluncur deras di sudut kanan bawah gawang lawan.

Selepas keunggulan 1-0 lewat eksekusi bola mati tersebut, PSS masih kesulitan membuka pertahanan lawan. Hasilnya, hingga babak pertama selesai kedudukan masih tetap 1-0 untuk tuan rumah.

Babak kedua dimulai dengan pola yang tidak jauh berbeda dengan babak pertama. Persibangga menumpuk pemain di belakang, dan PSS masih buntu.

Kondisi ini memaksa para gelandang dan pemain belakang PSS melakukan umpan-umpan panjang ke depan yang justru kurang efektif dan mudah mentah di pertahanan lawan.

Terbukti opsi ini menyebabkan PSS justru kesulitan membuka ruang di pertahanan lawan hingga lebih dari 80 menit pertandingan berjalan.

Kejelian Freddy memasukkan Kito berbuah manis. Di menit ke-86, Kito yang memang pandai mencari posisi di kotak penalti berkontribusi pada gol yang lagi-lagi dihasilkan oleh Dirga Lasut.

Kombinasi satu-dua antara dirinya dengan Dirga di kotak penalti lawan berbuah manis. Sebuah cut-back darinya berbuah manis melalui tendangan Dirga ke gawang lawan. Gol ke-7 si pemain bagi PSS Sleman di musim ini sekaligus menutup laga dengan keunggulan 2-0.

Hasil tersebut memantapkan posisi PSS Sleman di puncak klasemen Grup 3 Liga 2. Mereka unggul 7 poin dari saingan terdekatnya, PSCS Cilacap, yang pada pertandingan lain kalah 2-1 oleh PSGC Ciamis.

Tetap membumi, Elang Jawa!

Komentar
Ardita Nuzulkarnaen Azmi

Sleman Fans sejak dalam kandungan, bisa dikontak via akun Twitter @ardhi___ tapi ojo dibully ya...