Berita

Setangkai Gol dari Ladang Kebosanan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Fisioterapis tim PSS Sleman, Sigit Pramudya, hanya menggelengkan kepala menandakan keprihatinan ketika ditanya mengenai peluang Jodi Kustiawan bermain melawan Persiba. Si pemain akhirnya harus rela namanya tak muncul dalam daftar susunan pemain karena cedera. Alhasil, ban kapten kembali melingkar di lengan Bagus Nirwanto yang memimpin rekan-rekannya menjejakkan kaki mereka ke lapangan basah setelah diguyur hujan.

Lawan Persiba, PSS Belum Bisa Turunkan Pemain Andalan

Masuknya Yericho Christiantoko dalam starting line-up membuatnya kembali menjalin kerja sama dengan Rangga Muslim di sisi kiri. Duet mereka berdua sempat moncer di awal musim sebelum Heri Kiswanto meninggalkan kursi kepelatihan dan Yericho diterpa cedera.

Walau begitu, justru sayap kanan Super Elja yang mengawali ancaman melalui Rifal Lastori hingga harus dijatuhkan barisan pertahanan Persiba Balikpapan. Kejadian serupa berulang hingga menit terakhir. Hanya ada tiga muara utama serangan PSS Sleman pada laga ini: bola keluar lapangan, dapat diantisipasi bek lawan, atau menghasilkan pelanggaran yang bola matinya tidak bisa dimanfaatkan.

Setelah penetrasi Lastori, ada peluang dari Bagus Nirwanto. Berawal dari bola silang Ichsan Pratama ke kotak penalti, bola liar hasil sapuan lini pertahanan Beruang Madu jatuh di kaki Lastori. Pemain pinjaman dari Borneo FC itu mencoba melakukan tembakan tetapi diblok, bola muntah disambar Nirwanto, namun sama sekali tidak membahayakan.

Dilanjutkan dengan dribble Rangga Muslim yang mencari ruang ke kanan untuk meneirma umpan terobosan Lastori. Rangga berhasil masuk ke kotak penalti dan melewati pemain belakang Persiba yang kewalahan menandingi kecepatannya. Namun, ia sendiri juga kesusahan mengontrol laju bola sehingga si kulit bulat akhirnya hanya keluar dari lapangan.

Tak jauh beda, Lastori juga berhasil melakukan tusukan hingga masuk kotak penalti sesudah menerima bola dari Rangga yang memustuskan memindah arah serangan dari kiri ke kanan. Berbekal kecepatan, ia berhasil melewati satu pemain Persiba, namun umpan silangnya terlalu keras sehingga tidak ada yang mampu menjangkau.

Variasi serangan coba dimunculkan oleh kubu tuan rumah. Umpan jauh dari Arie Sandy dari daerah pertahanan sendiri diteruskan dengan wall pass oleh Cristian Gonzales. Bola bergulir ke Ichsan Pratama di halfspace kiri yang kemudian melepaskan umpan silang, tetapi gagal dijangkau Gonzales maupun Rangga.

Giliran situasi bola mati yang coba dimanfaatkan anak asuh Seto Nurdiantoro. Ichsan terjatuh di sisi kiri luar kotak penalti dan wasit memutuskan memberikan tendangan bebas untuk PSS Sleman. Rangga yang mengambil bola mengarahkannya ke tiang jauh. Sebenarnya Arie Sandy dan Gonzales ada di sana, namun keduanya gagal menyambut umpan.

Untung bagi Laskar Sembada, tim tamu juga gagal menciptakan peluang berbahaya. Persiba Balikpapan justru sering melakukan tembakan jarak jauh untuk menembus pertahanan tuan rumah. Satu-satunya yang cukup merepotkan Ega Rizky adalah tendangan dari Fadil Redian yang mendapat bola setelah para pemain belakang PSS Sleman ceroboh dalam membuang bola.

Sisanya, sepakan dari Siswanto, Beni Oktoviano, maupun Muhammad Rokani hanya melambung di atas mistar. Peluang berbahaya justru datang dari set piece yang diambil mantan penggawa Super Elja, Rosi Noprihanis. Tendangannya berusaha dibelokkan oleh Aang Suparman yang menjadi kapten sore itu, namun masih bisa ditangkap Ega Rizky.

Sementara peluang terbaik tuan rumah didapatkan melalui placing Rangga yang berdiri tanpa pengawalan di halfspace kanan, tetapi masih menerpa mistar. Tiang gawang juga menjadi penyelamat bagitamu dari Balikpapan saat diterpa sepakan Gonzales yang berusaha memanfaatkan kemelut di kotak penalti hasil umpan pendek Rangga. Babak pertama ditutup dengan skor kaca mata.

Babak kedua berjalan tak jauh beda dengan 45 menit pertama. Keduanya sama-sama dibuka dengan pelanggaran terhadap Lastori. Nirwanto yang kali ini mengambil bola menyebabkan kemelut di kotak penalti Persiba. Ichsan berusaha memanfaatkan kesempatan dengan melakukan tembakan jarak dekat, namun masih bisa ditepis. Bola mengarah ke Ilhamul Irhaz, tetapi ia tidak siap menyelesaikannya.

Tiang gawang kembali dihajar oleh Gonzales. Berawal dari Rangga yang melakukan pergerakan di halfspace kanan, ia lalu memberikan bola kepada Gonzales. Berada dalam penjagaan ketat, El Loco memberi umpan datar kepada Yericho yang langsung memberikan upan silang. Bola disambut oleh sundulan kepala Gonzales tetapi hanya menerpa tiang.

Di tengah laga yang membosankan dan minim peluang matang sejak babak pertama, Rangga menginisiasi serangan balik dengan umpan panjang kepada Gonzales. Dengan sekali sentuh saja, El Loco mengembalikan bola kepada mantan pemain PSIM Yogyakarta itu. Dribble-nya yang cepat memaksa bek Persiba menjatuhkannya di kotak penalti.

Wasit Juhandri Setiana menunjuk titik putih. Laga sempat berhenti sekitar dua menit akibat protes dari peara pemain tim tamu. Dalam kerumunan pemain yang melakukan protes, pengadil asal Kalimantan Barat itu mengambil bola dan meletakkannya pada titik penalti. Sejurus kemudian Ichsan Pratama berhasil menaklukkan Fajar Setya dan memberikan keunggulan bagi tuan rumah.

Tak mau terlalu lama dalam posisi tertinggal, lini depan Beruang Madu langsung melakukan serangan setelah kick off. Beni Oktovianto membuat Nirwanto kalang kabut dari sisi kiri. Penyandang nomor 10 itu kemudian melakukan umpan silang rendah yang dapat dijangkau Rosi Noprihanis. Namun, tendangannya hanya melambung di atas mistar.

Menit-menit selanjutnya hanya diisi oleh beberapa peluang yang terbuang sia-sia. Mulai dari sepakan Lastori dari dalam kotak penalti yang dapat ditepis Fajar Setya, Gonzales yang gagal memanfaatkan umpan lambung Yericho dari bola mati, hingga sepakan El Loco dari tendangan bebas di depan kotak penalti yang hanya membentur pagar hidup.

Peluang terakhir datang dari umpan silang Yericho dari sudut yang sangat sempit. Bola berusaha disambut oleh Mila tetapi hanya berakhir di samping gawang. Laga ditutup oleh masuknya Wahyu Sukarta beberapa detik sebelum wasit meniup peluit panjang. Gol Ichsan dari titik putih menjadi satu-satunya angka diantara ratusan detik yang membosankan.

Match Stats PSS Sleman vs Persiba Balikpapan
Komentar
Andhika Gilang

Perintis @tapakbola. Dapat dihubungi secara personal melalui akun @AndhikaGila_ng