Berita

Super Elja Bertengger di Puncak Klasemen Sementara

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Mengenakan nomor 31, Jodi Kustiawan memimpin rekan-rekannya masuk ke lapangan. Berada paling belakang dari barisan tersebut adalah Amarzukih. Sementara itu, rekrutan anyar yang lain, Try Hamdani, tampak duduk di tribun VIP menyaksikan kompatriotnya bertanding.

Mengincar puncak klasemen, Super Elja langsung naik menyerang. Tak sampai tiga menit laga berjalan, PSS Sleman sudah bisa menembus kotak penalti lewat umpan Bagus Nirwanto dan Ichsan Pratama. Peluang berbahaya datang pada menit ke-7 ketika umpan silang Bagus disambut dengan tendangan gunting Dave Mustaine, namun masih sedikit melebar.

Kedua sayap PSS Sleman juga ikut ambil bagian di awal babak pertama. Serangan Slamet Budiyono dari sisi kiri dialihkan kepada Rangga Muslim yang membawa bola masuk ke tengah kotak penalti. Sayang sekali mantan pemain PSIM tersebut terlalu lama membawa bola sehingga dapat diantisipasi pemain belakang Persiwa Wamena.

Giliran Tambun mendapat peluang. Berawal dari sepak pojok Dave dari sisi kanan pertahanan Persiwa, bola diarahkan ke tiang jauh di mana Tambun berada. Pemain asal Samosir tersebut kemudian melakukan tembakan volley, tetapi masih lemah dan melebar di samping gawang Persiwa.

Seperempat jam laga berjalan, tim tamu melancarkan serangan melalui Abdul Tuakia dari sayap kiri. Bagus Nirwanto yang bertugas menjaga sisi tersebut terpaksa menjatuhkan pemain Persiwa itu. Tendangan bebas diambil oleh Riyan Ardhiansyah. Belum sampai mengancam gawang Stya Beni, bola sudah dibuang Ichsan Pratama.

Lima menit berselang, Ichsan menginisiasi serangan balik yang kemudian dialirkan ke Tambun di sisi kanan. Penyerang tersebut kemudian mengirimkan umpan silang. Budi yang berada di tiang jauh mengutak-atik bola lalu melakukan cut back. Menerima umpan Budi, Dave melancarkan tembakan namun masih dapat ditangkap oleh Adek Caniago.

Tuan rumah kembali mendapat peluang setelah Rangga dilanggar saat membangun serangan dari sisi kanan. Bagus Nirwanto yang mengambil tendangan bebas mengarahkan bola ke tiang jauh. Si kulit bulat disambut oleh Budi yang melakukan sepakan sambil berbalik badan, tetapi bola hanya melambung di atas mistar.

Berniat mencuri poin, Persiwa juga melancarkan serangan. Beni sempat gugup ketika pressing pemain depan tim tamu membuatnya salah umpan. Untung saja hanya menghasilkan tendangan gawang. Melalui Abdul Tuakia, Badai Pegunungan kembali mengancam. Kombinasinya dengan Taufiq Febriyanto diakhiri tendangan keras yang masih tak terarah.

Serangan tim tamu sempat menyebabkan pemain PSS Sleman kewalahan. Budi sampai harus melanggar Riyan Ardhiansyah. Top skor sementara Super Elja tersebut meluapkan emosi dengan menendang bola ke arah Riyan yang sudah terjatuh. Wasit memberikan kartu kuning kepada Budi atas tindakan tersebut.

Di akhir babak pertama, tuan rumah memiliki beberapa peluang tetapi tak satupun membuahkan hasil. Umpan tarik Ichsan dari sayap kiri gagal dijangkau oleh Budi. Tendangan bebas Dave setelah Tambun dilanggar juga tak ada yang menyambut. Kembali, Dave mengambil bola mati akibat Budi dilanggar di sisi kanan, namun gagal dikonversi Arie Sandy menjadi gol. Babak pertama berakhir dengan skor kaca mata.

Babak kedua dibuka dengan penetrasi Rangga dari kanan. Setelah melewati beberapa pemain lawan, bola kemudian ia berikan kepada Dave yang berdiri tanpa kawalan. Mantan pemain Persegres Gresik tersebut kemudian melakukan tembakan jarak jauh yang masih melenceng dari sasaran.

Serangan berpindah ke sisi kiri melalui Budi. Mencoba menembus pertahanan lawan melalui halfspace, pemain bernomor punggung 41 tersebut dijatuhkan. Bola mati diambil dengan cepat diarahkan kepada Wirabuana Prayogo yang kosong di kotak penalti, namun sayang sepakan placing-nya masih dapat ditangkap kiper tim tamu.

Persiwa tak mau tinggal diam. Edo Febriyansyah yang dibantu oleh Abdul Tuakia berusaha memasuki kotak penalti dari sisi yang dijaga Wirabuana. Beberapa kali berjibaku, PSS Sleman kembali dapat menggagalkan serangan setelah Arie Sandy datang membantu.

Wirabuana kembali mendapat peluang. Berawal dari umpan lambung dalam skema bola mati yang diambil oleh Bagus Nirwanto, bola di kotak penalti menyebabkan kemelut. Wirabuana yang berusaha mengambil keuntungan hanya dapat melakukan tembakan lemah yang dapat ditangkap Adek Caniago.

Memasuki setengah jam terakhir, Super Elja mendapat sepak pojok yang diambil Bagus Nirwanto. Bola yang mengarah ke kotak penalti ditinju oleh Adek Caniago. Rangga berusaha menyambar bola liar dan mengarahkan ke gawang yang ditinggalkan oleh kiper. Namun, bek Persiwa dengan sigap membuang boal hasil sepakan Rangga.

Bola mati kembali menjadi andalan PSS Sleman. Berawal dari handball pemain tim tamu, Bagus Nirwanto mengirimkan bola ke kotak penalti dari sisi kanan. Arie Sandy menyambut bola dengan sundulan, tetapi masih mengenai tiang gawang. Bola muntah diselesaikan oleh Budi untuk menjadi gol pertama tim tuan rumah.

Persiwa juga harus bermain dengan sepuluh orang setelah Budi yang berusaha melewati dua pemain dilanggar. Budi yang telah jatuh masih diinjak dengan sengaja oleh Elo Pere tepat di depan mata hakim garis. Atas tindakan itu, kartu merah keluar dari saku wasit kepada pemain Persiwa bernomor punggung 23 tersebut.

Wirahadi yang masuk menggantikan Tambun mewarnai menit-menit akhir dengan dua peluang walaupun masih gagal. Pertandingan ditutup dengan sepakan Budi yang melebar di sisi gawang tim tamu. Hasil akhir tetap 1-0 untuk PSS Sleman sekaligus mengantarkan Super Elja ke puncak klasemen sementara.

Komentar
Andhika Gilang

Perintis @tapakbola. Dapat dihubungi secara personal melalui akun @AndhikaGila_ng