Analisis

Tambun vs Wirahadi: Siapa Paling Layak Jadi Pilihan Utama ?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Pada pramusim jelang Liga 2, PSS Sleman selama 6 pertandingan belum menunjukan performa yang mengesankan. Sempat menjadi juara Coppa Sleman 2018, tim berjuluk Super Elja harus luluh lantah di 3 laga uji tanding melawan tim-tim Liga 1.

Catatan minor tersebut antara lain: kalah telak dari Persebaya dengan skor 1-4,  kalah dari Bhayangkara dengan skor 0-2 dan harus kalah tipis 1-2 dari runner-up Liga 2 musim lalu, PSMS Medan. Hasil yang tentunya  membuat sebagian besar Sleman Fans harap-harap cemas dengan penampilan tim Super Elja untuk mengarungi Liga 2 musim depan.

Dengan jebloknya penampilan tim Laskar Sembada selama pramusim, tentunya banyak faktor yang memengaruhi hal tersebut.  Belum padunya pemain antar lini menjadi salah satu faktornya. Dan salah satu faktor yang paling disorot yakni posisi center forward.

Penampilan kedua striker PSS di laga pramusim bisa dibilang sangat mengecewakan  dan jika boleh meminjam istilah awam (yang tentu sedikit berlebihan) penampilan keduanya bisa dibilang mandul. Bagaimana tidak, gelontoran gol PSS lebih banyak disumbangkan oleh sektor gelandang dan sayap. Distribusinya antara lain: Adi Nugroho dengan 3 gol, Taufan, Mila dan Dave dengan masing-masing sebiji gol.

Sementara itu, selama pramusim Tambun hanya bisa mencetak sebiji gol saja. Satu gol dicetak Tambun saat pertandingan melawan PDRM FA Malaysia di laga pembuka Coppa Sleman. Setelah itu, dia tidak bisa mencetak gol walaupun banyak diturunkan sebagai starter.

Sama halnya dengan Wirahadi. Si pemain belum banyak memberikan kontribusi maksimal untuk sektor penyerangan.

Tampaknya Herkis juga masih mencoba mana racikan strategi yang tepat untuk memaksimalkan Tambun maupun Wirahadi, dengan bergantian menurunkan keduanya atau bisa juga menduetkan keduanya di lini serang PSS Sleman musim depan. Patut kita tunggu apa yang akan dilakukan Herkis untuk keduanya.

Berikut raihan statistik dari  Tambun Naibaho dan Made Wirahadi di  6 laga pramusim yang sudah dijalani tim PSS Sleman.

Perbandingan raihan kedua pemain dari laga yang sudah dijalani

Tentunya data statistik di atas bukanlah patokan untuk menilai siapa yang pantas dan layak menjadi pilihan Herkis. Melihat angka di atas harus selalu disertai dengan konteks yang berlaku. Namun sedikit banyak, angka di atas bisa menjadi perbandingan siapa yang lebih moncer performanya di atas rumput.

Lalu, siapakah yang pantas dan layak jadi pilihan utama?

*Tulisan dibuat menjelang laga Semeru FC vs PSS Sleman

 

Komentar
Eka Permana Putra

Pegiat angka. Bisa ditemui di akun @ekapp_