Berita

Tim POPDA Sleman Siap Tampil Spartan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Dalam menghadapi hajatan olahraga pelajar terbesar tingkat Provinsi atau yang biasa disebut POPDA DIY, tim POPDA Sleman cabang olahraga sepakbola akan dilepas siang ini Kamis (15/3). Acara pelepasan ini direncanakan akan dihelat di selasar Rumah Dinas Bupati Sleman. Skuat saat ini masih berisi sebanyak 25 pemain muda, namun akan dirampingkan kembali menjadi 20 pemain.

Tim POPDA Sleman cabor sepakbola kali ini kembali dilatih oleh pelatih kawakan asal Sleman, Lafran Pribadi. Sebelumnya tim ini telah melakukan seleksi terhadap pemain-pemain berbakat. Mereka dipilih dari siswa-siswa SMA dan SSB di Sleman. Format POPDA DIY 2018 kali ini memiliki pembatasan usia, yakni berstatus pelajar maksimal kelahiran tahun 2000 ke bawah.

Guna mematangkan persiapan, anak asuh Lafran Pribadi ini sudah melaukan uji tanding dengan melawan Villa BPM 2000, SMA N 1 Seyegan dan PS Cena. Dari 3 kali uji tanding tersebut Devin Pradana dan rekannya sukses memetik dua kemenangan dan sekali hasil seri.

Namun menurut sang pelatih, anak asuhnya masih sering kali melakukan kesalahan elementer dan belum menunjukkan kematangan bermain. Hal ini disebabkan karena persiapan yang boleh dibilang cukup mepet.

“Kita baru berkumpul 2 minggu, itupun banyak juga yang izin karena terkendala dengan kegiatan sekolah,” jelas coach Lafran.

Tidak adanya kompetisi usia dini dan remaja di Sleman membuat pelatih yang pernah membesut PSS U-17 di Piala Soeratin 2017 itu kesulitan dalam menentukan materi pemain. Beberapa pemain bahkan  tidak berada dalam kondisi fisik yang terjaga.

Padahal turnamen POPDA kategori sepakbola merupakan salah satu cabang olahraga yang paling bergengsi dan memiliki potensi untuk mendulang medali. Persiapan tim yang dimulai dari nol harus menghadapi materi latihan yang padat.

“Kami hanya berharap anak-anak bisa bermain bagus. Kita tidak mencanangkan sesuatu yang tinggi. Ya intinya kalau main bagus ya bisa menang meskiun banyak kendala. Kami siap untuk tampil spartan,” tambahnya.

Tahun lalu, tim POPDA Sleman cabor sepakbola berhasil merengkuh medali emas setelah memuncaki klasemen akhir. Rencananya pertandingan akan dimulai pada tanggal 18-21 Maret mendatang  di venue yang sama seperti tahun lalu yakni Stadion Mandala Krida.

Komentar
Awaludin

Masih menimba ilmu di UIN Sunan Kalijaga dan masih akan terus mencintai PSS. Bisa dihubungi via akun Twitter @al_arif14