Opini

Tips Menghindari Penipuan Awaydays

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Beberapa waktu yang lalu, jagat dunia maya cabang Sleman gempar karena adanya penipuan berkedok awaydays. Ada beberapa Sleman Fans yang menjadi korban penipuan awaydays ke Tangerang.

Dari kronologi yang berhasil penulis himpun, awal mula penipuan adalah ketika ada seseorang yang menawarkan “open slot awaydays Persita” di sebuah grup Facebook. Dengan harga yang agak miring, tentu banyak Sleman Fans yang berminat. Singkat cerita, beberapa orang yang berminat bertemu dengan orang tersebut untuk melakukan pembayaran. Untuk lebih meyakinkan, sang oknum memberikan kuitansi ketika pembayaran telah dilakukan.

Kemudian saat hari H, para korban berkumpul di satu tempat untuk menunggu oknum yang berjanji akan menjemput mereka dan kemudian berangkat ke Tangerang. Namun, ditunggu sampai beberapa saat orang tersebut tidak kunjung datang. Sampai pada akhirnya mereka tersadar bahwa telah menjadi korban penipuan.

Penipuan ini merupakan jenis penipuan baru, di mana pelaku memanfaatkan loyalitas Sleman Fans untuk mendukung PSS di luar kandang. Kelompok fanatis semacam ini memang paling mudah untuk dimanfaatkan. Mereka cenderung untuk tidak berpikir panjang dalam mengambil keputusan, apalagi diimingi-imingi dengan harga murah.

Sleman Football akan memberikan beberapa tips untuk menghindari kejadian yang sama terulang di masa mendatang.

  1. Mengikuti awaydays resmi

Ini adalah cara yang paling aman untuk berangkat awaydays. Dengan mengikuti tour dari organisasi resmi atau kelompok utama suporter, sudah pasti segala hal dapat dipertanggung jawabkan. Kalian bisa mengikuti tour yang dilakukan oleh Brigata Curva Sud atau Slemania.

Beberapa keuntungan mengikuti tour resmi adalah tidak akan ada penipuan, keamanan sepanjang jalan terjamin, tiket terjamin, jika ada suatu “kejadian” bisa dihadapi bersama-sama. Selain itu kita juga bisa menambah saudara sesama pendukung PSS Sleman.

  1. Melakukan awaydays bersama komunitas yang telah dikenal

Jika kalian berasal dari luar daerah Sleman yang tidak terkover oleh tour resmi, awaydays bisa dilakukan bersama komunitas kalian, atau beberapa komunitas yang berdekatan. Karena yang mengadakan tour adalah teman satu komunitas, maka pasti tidak akan terjadi proses penipuan. Karena semua proses akan didiskusikan bersama-sama dan semua pihak berperan dalam mengurus tetek bengek awaydays tersebut.

Awaydays jenis ini sering dilakukan oleh komunitas luar daerah seperti East Java, Pantura, Batavia, Borneo, dan lain sebagainya.

  1. Jangan tergiur harga murah

Jika kalian melihat ada seseorang yang membuka open slot dengan harga yang relatif murah, jangan langsung tergiur. Jadikan harga awaydays resmi sebagai patokan, jika ada yang menawarkan harga jauh lebih murah dengan fasilitas yang sama maka dipastikan itu adalah penipuan.

Sebagai contoh, ketika ada yang membuka open slot dengan harga Rp200.000, fasilitas mobil plus bensin, makan 2 kali, tiket masuk, full Nella Kharisma. Sedangkan BCS membuka awaydays dengan harga Rp300.000. Jika dilogika tentu itu tidak masuk akal. Mobil Avanza rental yang akan diisi 7 orang, hanya akan mengumpulkan Rp1.400.000. Misal saja Rp600.000 untuk menyewa mobil selama 2 hari, hanya ada Rp800.000 sisa untuk membayar tol, bahan bakar, makan, dan juga tiket. Impossible!

Prinsip ekonomi memang harus kita junjung, namun prinsip rasionalitas juga tidak boleh ditinggalkan.

  1. Kenali pembuat open slot

Jika dalam keadaan sangat terpaksa, seorang independent tidak punya pilihan lain untuk berangkat awaydays selain mengikuti open slot yang ada, maka ada tips yang bisa dilakukan. Itu adalah dengan benar-benar mengenali identitas sang pembuat slot.

Usahakan untuk bisa bertemu langsung dengan orang tersebut. Saat itu, tanyakan identitas lengkapnya, mulai dari nama sampai alamatnya. Jika perlu, minta dia tunjukkan KTP miliknya dan dokumentasikan. Dengan mengetahui identitasnya, maka oknum akan berpikir dua kali untuk melakukan penipuan, atau ketika dia melakukan penipuan, kita bisa langsung mendatangi alamatnya untuk dimintai pertanggungjawaban.

  1. Jangan lakukan pembayaran penuh di muka

Ketika kalian sudah bertemu dengan pembuka open slot dan telah memegang identitasnya, jangan lakukan pembayaran penuh di muka. Paling tidak berikan maksimal 50% dari total yang harus kalian bayarkan. Sisanya berikan saat sudah berangkat menuju tujuan. Angka 50% dirasa cukup guna melakukan pembiayaan awal berangkat awaydays. Hal ini dikarenakan pengeluaran paling besar awaydays adalah saat dalam perjalanan (bahan bakar, tol, konsumsi, tiket). Di awal, si pembuat open slot hanya membutuhkan uang untuk menyewa kendaraan yang bisa dicukupi dengan 50% biaya yang diajukan.

Itulah beberapa tips yang bisa kami berikan untuk para Sleman Fans di manapun berada. Harapannya tidak ada lagi yang tertipu dengan modus seperti itu.

Untuk oknum penipu yang membaca tulisan ini, kami harapkan anda segera tersadar dan tidak melakukan perbuatan keji itu lagi. PSS Sleman adalah sebuah kesucian, dan tidak ada pembenaran sedikitpun untuk melakukan penipuan diatas nama PSS.

 

Komentar
Ahmad Indra Pranata

Dokter muda yang mencintai sepakbola, bisa kamu hubungi di akun Twitter @mamas_ahmad