Berita

Uji Tanding Ramadan: Menjaga Ritme

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Jika pada bulan Ramadan ini gelaran Liga 1 tetap berjalan meski dengan penyesuain jam bermain, kasus serupa tidak terjadi pada kompetisi Liga 2 yang untuk sementara diliburkan hingga lebih dari 40 hari lamanya.

Banyak pertimbangan yang mungkin diambil operator liga pada keputusan tersebut. Salah satu faktor yang mempengaruhi tentu saja kualitas sarana dari stadion di Liga 2 yang memang kebanyakan masih di bawah standar.

Kebanyakan stadion di Liga 2 minim fasilitas penerangan. Hal tersebut tentu menjadikan mau menjadikan PT. LIB sebagai operator liga menihilkan seluruh pertandingan di bulan Ramadan untuk para peserta liga kasta kedua ini.

Efek dari libur kompetisi yang cukup lama ini tentu akan sangat signifikan. Salah satu yang akan tampak tentu saja penurunan ritme dan kualitas permainan. Oleh karenanya, perlu strategi khusus untuk mensiasti kondisi tersebut.

Laga uji tanding di bulan Ramadan adalah pilihan paling rasional. Walaupun tentu saja tingkat intenstitas permainan tidak seketat ketika laga resmi, setidaknya harmonisasi tim serta kemampuan sentuhan bola antarpemain akan terjaga.

Selama bulan Juni ini, rencananya PSS Sleman akan melakukan 3 pertandingan. 2 laga akan digelar di Maguwoharjo, sementara satu sisanya akan berlansung di kandang lawan.

Madiun Putra dan PSIS Semarang akan menjajal kekuatan skuat anak asuh Freddy Muli pada uji tanding tersebut. Rencananya,  uji tanding akan digelar tanggal 4 Juni vs Madiun Putra (home), tanggal 10 Juni vs PSIS (home) dan tanggal 17 Juni vs PSIS (away).

Kedua lawan tersebut cukup konsisten performanya sejauh ini di Liga 2. PSIS berada di peringkat kedua grup 4 dengan total poin 13 dari hasil 4 kali menang dan 1 kali kalah. Sementara Madiun Putra juga menduduki peringkat kedua grup 5 dengan 8 angka dari hasil 2 kali menang, 2 kali imbang, dan sekali kalah.

Uniknya, PSS Sleman juga bernasib sama dengan meduduki peringkat kedua grup 3 dengan torehan 10 angka. Jadi bisa dibilang kedua lawan dalam uji tanding kali ini cukup berbobot dan tidak berbeda jauh kualitasnya.

Tentu saja hal tersebut merupakan langkah positif yang diambil manajemen, baik dari segi rencana uji tanding maupun dalam pemilihan lawan. Laga tersebut jaraknya antar satu pertandingan dengan pertandingan lain juga sekitar 7 hari. Tidak terlalu memberatkan para pemain tentunya, mengingat kondisi kebanyakan pemain yang juga menjalankan ibadah puasa.

Semoga rencana uji tanding ini terealisasi dan memberikan banyak manfaat untuk PSS Sleman.

Komentar
Ardita Nuzulkarnaen Azmi

Sleman Fans sejak dalam kandungan, bisa dikontak via akun Twitter @ardhi___ tapi ojo dibully ya...

Comments are closed.