Cerita

What doesn’t kill us makes us stronger

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

What doesn’t kill us makes us stronger

Kalimat tersebut cukup populer bagi penikmat quote. Selain pesannya yang syarat akan optimisme, kombinasi kata dan frasa di dalamnya juga sangat enak diucapkan.

Apa yang tidak membunuh kami, akan membuat kami menjadi lebih kuat. Kurang lebih terjemahan dalam bahasa Indonesia berbunyi seperti itu. Membunuh di sini mengandung berbagai makna, dan tentu saja bukan merupakan makna yang denotatif.

Jika dilihat dari kasus yang dialami suporter PSS Sleman, mereka bisa dibilang berhasil dalam melewati usaha “pembunuhan” ini. Dilarang datang ke stadion untuk melihat kesebelasan kesayangannya berlaga adalah sebenar-benarnya cobaan yang sedang diterpakan pada seluruh suporter Laskar Sembada.

Tidak sedikit dari mereka tentu saja yang tetap ingin menyaksikan PSS berlaga. Suatu janji pernah mereka ikrarkan bahwa mereka akan selalu berada di belakang PSS Sleman di manapun berlaga.

Namun, pada hari Rabu (2/8/17) lalu, mereka membuktikan kedewasaannya. Mereka yang sudah cukup menyusahkan PSS tidak ingin membebani PSS dengan hukuman yang lain dengan tetap nekat datang ke stadion. Cukup terima dan jalani saja hukuman ini. Kira-kira sikap itulah yang ditunjukkan oleh suporter setia Super Elja.

Kamis (3/8/17) dini hari, cinta yang sesungguhnya diperlihatkan oleh mereka, para pendukung PSS Sleman. Di tengah udara dingin yang menusuk, di tengah godaan kasur yang empuk, mereka rela menggeber kendaraan mereka untuk menembus malam demi menyambut PSS Sleman. Bukan hanya menyambut, mereka juga mengawal. Mengawal sang Elang Jawa yang telah bertarung segenap jiwa raga di bumi Pekalongan.

Poin tiga adalah bonus. Kemenangan sejati adalah ketika kita diuji dan bisa bertanggung jawab dan mendewasakan diri dari apa yang telah kita lakukan.

Lalu, apa makna makes you stronger?

Silakan,

 

Komentar
Ardita Nuzulkarnaen Azmi

Sleman Fans sejak dalam kandungan, bisa dikontak via akun Twitter @ardhi___ tapi ojo dibully ya...