Cerita

Bekerja Bersama Seto Nurdiyantoro

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Masyarakat DIY tentunya sangat mengenalnya, dia merupakan salah satu legenda hidup persepakbolaan DIY yang sukses menjadi pemain maupun pelatih. Eks Timnas Indonesia era 2000-an ini pernah menjadi pemain maupun pelatih dari PSIM Yogyakarta, Pelita Jaya, Persiba Bantul, dan PSS Sleman. Dia adalah Seto Nurdiyantoro, pelatih asal kalasan yang lahir 45 tahun silam.

Bermula dari pertemuan kami sekitar pertengahan tahun 2017, kami diundang ke rumah beliau untuk sekadar sharing dan membantunya dalam masalah kepelatihan sepakbola. Seto yang kala itu menjadi asisten pelatih Freddy Muli merupakan sosok yang ramah dan rendah hati.

Sejak pertemuan itu, kami menjadi kerap bertemu dan saling bertukar pendapat. Menurut kami, ia merupakan salah satu pelatih muda yang mau belajar dan bisa mengikuti perkembangan sepakbola modern. Seto sendiri juga salah satu pelatih yang tertarik dengan statistik dan analisis sepakbola.

Berbicara statistik dan analisis, musim 2018 merupakan musim pertama Super Elja memakai jasa tim statistik dan analisis yang yang dahulu sempat bernama PSS Stats. Tugas tim ini diawali dengan collecting data pertandingan PSS Sleman.

Mulai dari match stats, individual stats, hingga membuat video analisis baik dari tim PSS Sleman maupun calon lawan. Semua itu kami garap. Video analisis sendiri dibuat untuk ditunjukkan kepada tim pelatih agar menjadi bahan evaluasi.

Di awal musim, ketika jabatan pelatih kepala PSS Sleman masih Heri Kiswanto, kerja kami sebagai tim statistik dan analisis bisa dibilang begitu mudah, dikarenakan Herkis kala itu kurang aktif dan jarang komunikasi kepada kami. Kendala tim statistik dan analisis kala itu adalah sangat sulitnya menghubungi beliau. Hal itu menjadikan kinerja kami tidak begitu maksimal dan kurang greget.

Berbanding terbalik ketika Seto dipilih untuk menjadi pelatih kepala menggantikan Herkis pasca laga melawan Persegres. Kami masih ingat kala itu Seto menghubungi kami dan meminta membuat video analisis dalam tempo dua hari sebelum melawat ke PSBS Biak.

Karena saat itu tim sudah berangkat ke Biak, Seto meminta kami untuk mengirim video analisis via surel untuk nantinya di sampaikan ke pemain. Akhirnya, hasil positif pun diraih tim Laskar Sembada dengan membawa pulang 3 poin dari Biak.

Di pertandingan berikutnya melawan Martapura FC, Seto juga meminta kami untuk membuat video analisis dari tim asal Pulau Kalimantan tersebut. Kala itu, sehari sebelum pertandingan Seto juga meminta kami untuk datang ke mess pemain dan mempresentasikan hasil analisis didepan para pemain PSS Sleman.

Mulai saat itu, Seto setiap sebelum pertandingan selalu meminta video analisis lawan yang akan dihadapi PSS Sleman. Suatu hal yang memacu semangat kami sebagai tim statistik dan analisis untuk bekerja secara maksimal dalam membantu PSS Sleman dalam mengarungi Liga 2.

Seto sendiri mengungkapkan pentingnya tim statsiktik dan analisis untuk sebuah tim sepakbola. Dia juga mengungkapkan sangat terbantu dengan adanya tim statistik dan analisis, dikarenakan tim ini dapat membantu kinerja dirinya untuk membuat program latihan dan menyusun strategi bertanding.

Seto membeberkan bahwa setiap sehari sebelum bertanding, dia selalu mengadakan sesi khusus di dalam kelas untuk pemain-pemainya. Lewat sesi kelas khusus tersebut dia menyampaikan video analisis yang telah dibuat sebelumnya agar para pemain mempunyai gambaran tentang lawan yang akan dihadapi berikutnya.

Mantan pelatih PSIM Yogyakarta itu juga memiliki harapan agar kedepan kerja sama antara tim pelatih dan tim statistik dan analisis dapat ditingkatkan lagi. Dia juga mengungkapkan agar kedepannya tim ini dalam bekerja lebih bagus lagi dan dalam menganalisis lebih detail dan akurat.

Itulah sepenggal kisah tentang kerja sama kami dengan Seto Nurdiyantoro beserta tim pelatih yang dipimpinnya untuk menangani PSS Sleman selama ini. Tentu merupakan kebanggan tersendiri ketika pekerjaan yang kami tersebut membantu Laskar Sembada meraih gelar Liga 2 musim lalu.

Bagaimana dengan musim ini? Keinginan untuk terus membantu Super Elja pasti terus ada. Apalagi ketika ditanya apakah ada rencana akan menggunakan tim statistik dan analisis untuk jangka panjang, Seto menjawab, “Tentunya iya. Pasti kalau itu.”

Memang benar Seto telah memberikan lampu hijau untuk kembali menggunakan tim statistik dan analisis dan juga telah merekomendasikannya untuk membantu mengarungi Liga 1 musim 2019, nyatanya yang ada hingga saat ini hanya berupa obrolan.

Belum ada kontrak yang disodorkan dari pihak PSS Sleman. Meski begitu dalam situasi yang terkatung-katung tanpa kejelasan, beberapa anggota tim statistik dan analisis masih kerap mengambil video baik latihan dan pertandingan serta mengirimkan hasil analisisnya ke tim pelatih. Mungkin masih perlu menunggu. Kita sama-sama menanti kepastiannya.

Komentar
Eka Permana Putra

Pegiat angka. Bisa ditemui di akun @ekapp_

Comments are closed.