Berita

Bermain Imbang, PSS Gagal ke Final

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Partai lanjutan semifinal leg kedua Piala Menpora 2021 mempertemukan PS Sleman berhadapan dengan Persib Bandung dengan kondisi tertinggal satu gol. Super Elja membutuhkan kemenangan dua gol atas lawannya jika menginginkan tampil di laga final ajang itu.

Pada laga tersebut PSS tidak banyak mengubah komposisi tim. Hanya tampak Derry Rachman yang main menggantikan Samsul Arifin dan Arthur Irawan yang kali ini bermain di depan menggantikan posisi dari Arsyad Yusgiantoro.

Sepuluh menit pertama, Laskar Sembada yang membutuhkan kemenangan tampak menerapkan pressing yang lebih tinggi daripada pertandingan sebelumnya, meski secara strategi tidak banyak berubah, masih mengandalkan umpan-umpan jauh dari belakang.

Seperempat jam berjalan, PSS tampak masih kesulitan mengalirkan bola ke depan. Kubu Persib tampak sabar dan tidak mau buru-buru merebut bola. Para penggawa Maung Bandung lebih memilih menumpuk pemainnya di tengah untuk memotong bola-bola panjang lawannya.

Super Elja sekali mendapat peluang ketika Irfan Jaya berhasil menerima umpan jauh dari Derry Rachman. Dengan sekali kontrol di depan kotak penalti, Irfan Jaya melepaskan tendangan keras ke gawang Persib. Namun, sayang arahnya masih meninggi di atas mistar gawang.

Selain itu, sebuah tendangan gunting coba dilakukan Mario Maslac di depan gawang. Berawal dari upaya skema tendangan bebas di depan kotak penalti Maung Bandung yang berujung umpan lambung oleh Irfan Jaya, tetapi bola masih jauh dari jala.

Persib bukan tanpa peluang. Namun, PSS memiliki Ega Rizky yang berhasil mengamankan bola hasil tendangan bebas Wander Luiz di depan kotak penalti. Kiper asal Banyumas itu dengan mudahnya, membuang bola ke atas mistar gawang PSS.

Sebelum peluit panjang, Persib mendapat kesempatan tendangan bebas lagi, setelah Derry Rachman melakukan pelanggaran di depan kotak penalti. Di saat yang sama, Ega tiba-tiba terjatuh mengerang kesakitan sambil memegangi kakinya dan minta diganti.

Miswar Saputra kemudian masuk menggantikannya. Ujian langsung dihadapi mantan kiper Persebaya Surabaya itu untuk menghadapi tendangan bebas Persib yang diambil oleh Febri Haryadi. Beruntung arah tendangan winger lincah tersebut tepat di pelukan Miswar. Selesailah babak pertama, 0-0.

Sementara itu, di awal babak kedua, PSS mengambil inisiatif menyerang lebih dulu. Irfan Jaya lagi-lagi melakukan cutting inside sebelum melepaskan tendangan yang masih tepat di pelukan I Made Wirawan.

Dari kubu Persib, Frets Butuan benar-benar menunjukkan kualitasnya, utak-atiknya di depan gawang PSS berhasil mengungguli Bagus Nirwantoro sebelum melepaskan tendangan keras terarah ke arah gawang . Beruntung, Miswar cukup cekatan membelokkan arah bola.

Keasyikan mencoba menyerang, PSS malah mengalami kerugian. Dari sebuah skema serangan balik, Wander Luiz berhasil memaksa Fabiano melakukan pelanggaran. Sial, wasit mengganjar bek gaek itu dengan kartu kuning kedua, sehingga hanya tersisa sepuluh penggawa Super Elja di lapangan.

Setelah keluarnya Fabiano, Maung Bandung tampak lebih banyak menginisiasi serangan. Beruntung, pertahanan PSS kembali bermain tertib sehingga peluang-peluang Persib mental saja. Termasuk blok gemilang Miswar yang melompat sambil memanjangkan tangannya menghalau tendangan terarah Febri.

Lepas menit ke-70, Saddam Gaffar menunjukkan kualitasnya. Umpan terarah Samsul Arifin diselesaikan dengan tendangan fisrt time keras terarah ke pojok gawang Persib dan membuat Laskar Sembada unggul sementara dan asa ke final muncul kembali. Satu kosong.

Sehabis cooling break PSS lebih memilih bermain bertahan, menunggu kesempatan serangan balik. Sial bagi tim kebanggaan masyarakat Sleman itu, Saddam terjatuh karena mengalami kelelahan sehingga Wahyu Sukarta harus menggantikan penyerang muda itu.

Bermain bertahan, tampaknya bukan keputusan baik bagi Laskar Sembada. Pasalnya, melalui sebuah umpan lambung, Erza Walian berhasil menanduk bola ke pojok gawang Super Elja dan Miswaer gagal menjangkaunya. Satu sama.

Sebenarnya, PSS yang membutuhkan gol untuk menjaga peluang. Kemudian, tepat di menit 90, Super Elja kembali membuang peluang dengan hanya melambungkan bola di atas gawang Persib. Dengan hasil akhir 1-1 publik Stadion Maguwoharjo harus mengucapkan sampai jumpa ke partai final Piala Menpora 2021.

Komentar

Comments are closed.