Berita

Dokter Amin: Pemain PSS Fit dan Sehat

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

PS Sleman terus mengintensifkan program latihan jelang menghadapi kompetisi Liga 1 2020. Kompetisi yang digulirkan di tengah-tengah pandemi Covid-19, mewajibkan dijalankannya aturan-aturan ketat terkait  kesehatan.

Manajemen PSS pun juga patuh terhadap aturan tersebut dengan menekankan penerapan protokol tersebut bagi para pemain.

“Kita tetap mematuhi protokol kesehatan. Sembari adaptasi dengan kebiasaan era baru, new normal. Dengan banyak protokol kesehatan ini Alhamdulillah anak-anak  mampu menerapkan dan menjalankan protokol tersebut. jelas dokter tim PS Sleman,” terang dr. Elwizan Aminuddin .

Setelah menjalani dua hari latihan, di hari ketiga skuad Super Elja mendapatkan materi tes VO2max. Dibawah arahan Danang Suryadi, para pemain harus siap melahap beberapa rangkaian proses tes tersebut. dr. Amin yang turut mengawasi latihan sore itu mengungkapkan hal tersebut.

“Alhamdulillah selama latihan tiga hari ini berjalan dengan lancar. Kebetulan hari adalah tes fisik dan hasilnya cukup memuaskan dan membanggakan. Insyaallah, pemain PS Sleman rata-rata fit dan sehat,” jelasnya.

VO2 Max adalah volume maksimal oksigen yang diolah tubuh manusia selama melakukan kegiatan fisik terus menerus. Dengan data VO2 Max kita bisa melihat berapa kira-kira kemampuan tubuh yang dinyatakan dalam liter per menit per kilogram berat badan.

Semakin tinggi kandungan oksigen pada saat berolahraga, maka akan semakin baik pula performanya dan tingkat kelelahannya akan semakin rendah.

Sebelumnya, Danang Suryadi menjelaskan, tes fisik tersebut nantinya akan menjadi patokan bagi tim pelatih untuk menentukan program latihan. Hal ini berguna untuk mengembalikan kondisi pemain agar siap mengarungi kompetisi dengan jadwal yang sangat ketat.

“Jadi tergantung hasil tes. Kita lihat hasilnya turunnya sejauh mana, ada di bawah, tengah atau di mana. Nah itu akan jadi zero point kita untuk memulai latihan, mulainya dari mana,” pungkas pelatih yang pernah mendampingi Timnas Futsal Putri itu.

Komentar
Awaludin Al Arif

Masih menimba ilmu di UIN Sunan Kalijaga dan masih akan terus mencintai PSS. Bisa dihubungi via akun Twitter @al_arif14

Comments are closed.