Berita

Menilik Regulasi Piala Menpora 2021

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Gaung sepak bola di tanah air akhirnya kembali bergema setelah  PSSI dan PT LIB mendapat restu dari pihak yang berwajib untuk menggelar Piala Menpora 2021.

Hal tersebut tentu membawa angin segar bagi insan sepak bola dalam negeri akibat pandemi Covid-19 yang membuat nasib Liga 1 musim 2020 terkatung-terkatung.

Turnamen tersebut rencananya akan berlangsung pada 21 Maret-25 April 2021 dan akan diikuti 18 tim Liga 1. Ada empat kota yang ditunjuk untuk sebagai venue, yakni Bandung, Sleman, Solo, dan Malang.

Kompetisi itu rencananya menjadi uji coba PT LIB untuk menerapkan kompetisi dengan protokol kesehatan, sehingga pertandingan tidak boleh dihadiri penonton ataupun suporter.

Pengundian fase penyisihan sendiri telah dilaksanakan pada Senin malam (8/3/2021). Hasilnya, PS Sleman menempati Grup C bersama Persebaya Surabaya, Persela Lamongan, Persik Kediri dan Madura United.

Grup yang didominasi oleh klub-klub Jawa Timur itu akan bermain di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung. Nantinya, mereka akan bertarung untuk memperebutkan dua peringkat teratas untuk bisa lolos ke babak perempat final.

Adapun untuk regulasi, PT LIB tidak serta merta menggunakan aturan lama. Namun, operator liga itu menerapkan aturan yang disesuaikan dengan situasi pandemi Covid-19 dan kondisi fisik pemain yang telah lama rehat dari kompetisi.

Dalam pergantian pemain misalnya, pada Piala Menpora 2021 akan ada sedikit perubahan. Tiap klub diperbolehkan melakukan pergantian pemain maksimal enam penggawa dalam tiga kali kesempatan yang berbeda.

Selain itu, seperti yang telah dilaksanakan pada uji tanding Timnas U-23, pertandingan akan dilaksanakan selama 90 menit dengan menambahkan sesi cooling break pada menit ke-30 dan 75 dengan durasi 3 menit.

Ofisial pun diatur ketat, dimana hanya 10 orang yang bisa didaftarkan dengan 8 orang saja yang boleh duduk di bangku cadangan. Sementara itu, untuk pemain, setiap klub boleh mendaftarkan 30 pemain dengan tiga diantaranya termasuk kiper.

Klub juga boleh mendaftarkan empat pemain asing dengan satu diantaranya berasal dari Asia. Adapun pendaftaran pemain dimulai pada 9 Maret 2021 hingga satu hari jelang pertandingan pertama pada masing-masing grup.

Hadirnya Piala Menpora 2021 diharapkan menjadi ajang persiapan dan simulasi kompetisi yang sesungguhnya di tengah pandemi Covid-19. Jika turnamen pramusim ini sukses, nantinya dapat menjadi modal berharga PSSI dan PT LIB untuk menggelar Liga 1 dan Liga 2 musim  2021.

Komentar

Masih menimba ilmu di UIN Sunan Kalijaga dan masih akan terus mencintai PSS. Bisa dihubungi via akun Twitter @al_arif14

Comments are closed.