Berita

Pelatih Fisik PSS Soroti Terbatasnya Stok Pemain

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Jelang menghadapi putaran kedua Shopee Liga 1 2019, penggawa PS Sleman  difokuskan dalam pengondisian fisik. Namun, terbatasnya waktu dan sedikitnya jumlah pemain ternyata menyulitkan pelatih fisik untuk menempa skuat Super Elja kembali dalam puncak performanya.

Masa jeda paruh pertama pun belum dianggap cukup panjang bagi pelatih fisik PS Sleman, Asep Ardiansyah . Kendala tersebut memaksanya tidak dapat melakukan peningkatan fisik pemain seperti apa yang diinginkan.

“Sebenarnya kalau panjang itu sebenarnya tidak, karena jeda hanya seminggu. Setelah lawan Persib itu kita libur dua hari, jadi sebenarnya waktunya mepet. Tidak ada latihan khusus, hanya ada maintenance dan sedikit peningkatan. Itu juga terkendala jumlah pemain yang masih minim dan baru sembuh dari cedera,” ujarnya.

Padahal menurut pria asal Jawa Barat ini, ia masih memiliki sejumlah catatan terkait kondisi fisik penggawa Super Elja yang belum optimal. Namun terbatasnya waktu membuat materi yang diterapkan hanya sebatas pemeliharaan kondisi.

“Secara  garis besar, mungkin strength dan endurance yang harus kita tingkatkan. Namun lagi-lagi waktunya mepet untuk ke situ. Jadi tugas saya, ya memelihara kondisi yang ada, jangan sampai turun,” tambahnya

Jadwal kompetisi yang padat sering membuat kebugaran pemain bermasalah. Bahkan badai cedera seperti akrab sekali dengan penggawa Super Elja. Sehingga sejumlah pemain andalan harus bergantian dibekap cedera ringan hingga cedera berat.

Menghadapi kenyataan yang sulit tersebut, Coach Asep harus pandai-pandai memutar otak. Tentu ia tidak ingin lagi Dave Mustaine dan kolega bolak-balik  meja perawatan.

“Saya menyiasatinya ketika Bagus (Nirwanto) sama Dave sudah mulai berasa sakit, saya suruh keluar dan di terapi. Menyiasatinya seperti itu karena memang sedikitnya jumlah pemain. Kita tidak berani ambil resiko,” pungkasnya.

Komentar
Awaludin Al Arif

Masih menimba ilmu di UIN Sunan Kalijaga dan masih akan terus mencintai PSS. Bisa dihubungi via akun Twitter @al_arif14

Comments are closed.