Berita

Players to Watch: Bagus Nirwanto dan Yakob Sayuri

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Piala Menpora 2021 sudah memasuki babak akhir. Dua tim legendaris yakni Persija Jakarta dan Persib Bandung akan saling berhadapan untuk menentukan siapa yang terbaik. Tak kalah seru, pada perebutan tempat ketiga akan terjadi pertarungan antara PS Sleman dan PSM Makassar besok (24/4).

Partai tersebut tentunya bisa menimbulkan ketegangan pada pemain ketimbang laga final antara Persija dan Persib. Pasalnya, untuk penentuan juara ketiga itu hanya dilakukan satu pertandingan saja, bukan dua leg seperti final utama.

Meski harus takluk dari lawan pada babak semifinal, namun masing-masing baik PSS atau PSM telah membuktikan bahwa mereka tim yang solid dan susah dikalahkan.

Super Elja bermain sangat merepotkan tim Maung Bandung, sementara skuat Juku Eja baru bisa ditaklukan oleh Macan Kemayoran hingga adu penalti.

Melihat perjalanan yang telah dilalui oleh kedua tim selama gelaran ini berlangsung. Terdapat beberapa pemain kunci di setiap kesebelasan itu. PSS yang banyak kedatangan nama baru masih mengandalkan sang kapten yakni Bagus Nirwanto di sisi kanan pertahanan.

Sementara itu, kubu PSM yang turun dengan seratus persen pemain lokal, memiliki Yakob Sayuri. Winger yang baru naik daun dalam beberapa musim terakhir tersebut akan bertugas untuk mengacak-acak pertahanan Super Elja.

Bagus Nirwanto

Pemain yang memulai karirnya di Deltras Sidoarjo itu sudah cukup lama mengisi line up di PSS. Sebelum datang ke Sleman pada tahun 2017, pria berusia 27 tahun itu bermain untuk PSCS Cilacap dan sempat meraih gelar Indonesia Soccer Championship B.

Bergabung bersama Laskar Sembada, pria yang akrab disapa munyeng ini menunjukan grafik permainan yang bagus. Tak salah jika pada akhirnya dirinya dipercaya sebagai kapten bagi publik Sleman.

Bermain sebagai bek kanan, tidak lantas membuat Bagus bermain statis sebatas garis tengah permainan. Seringkali pergerakan pemain dengan nomor 3 itu merepotkan sisi kiri pertahanan lawan.

Dalam bertahan, Munyeng memiliki pembacaan permainan yang juga baik. Peran vital itulah yang menjadikan posisi bek kanan menjadi milik dia.

Dalam event Piala Menpora ini, Bagus selalu bermain sebagai pemain inti. Kecuali pada pertandingan melawan Bali United karena terkena hukuman kartu kuning, serta saat berusa Persik Kediri.

Melawan PSM, Bagus wajib mewaspadai eksploisivitas yang kerap kali ditunjukan oleh anak asuh Syamsudin Batola.

Yakob Sayuri

Pemain muda asal Papua itu bergabung bersama PSM setelah setahun berkarir di Barito Putra. Meski statistik gol Yakob di klub yang berjuluk Laskar Antasari itu tidak terlalu mentereng, namun tidak membuat PSM mengurungkan niat untuk merekrut pemain berusia 23 tahun itu.

Kecepatan memang merupakan kelebihan paling menonjol dari sang pemai. Namun disamping itu, Yakob mampu mengkombinasikan itu dengan dribble serta visi bermain yang tak kalah apik.

Selama Piala Menpora 2021, Yakob merupakan salah satu pemain dari Juku Eja yang sangat diwaspadai oleh lawan-lawanya. Sering kali para pemain belakang lawan tidak dapat mengejar langkah mantan pemain Persewar ini.

Selain membuka peluang, dirinya juga tajam di lini depan PSM. Gawang dari kiper senior Andritany pun tak lepas dari bidikanya.

Tentu saja, pemain yang sudah memiliki caps sebanyak 2 kali di Tim Nasional U-23 akan menjadi harapan bagi Pasukan Ramang. Ditunjang oleh pemain seperti Rasyid Bakrie serta Saldy, tampaknya Mario Maslac dan kolega harus ekstra hati-hati.

Komentar

Comments are closed.