Berita

Players to Watch: Duel Samsul Arifin dan Riko Simanjuntak

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

PS Sleman akan mengawali petualangan di Liga 1 dengan menghadapi Persija Jakarta. Kedua tim tentunya memiliki ambisi meraih hasil maksimal. Kemenangan pada pertandingan perdana akan memberikan suntikan moral bagi para pemain untuk partai-partai berikutnya.

Melihat daftar para pemain kedua tim, terlihat tidak terlalu terjadi banyak perubahan komposisi seperti pada saat turnamen Piala Menpora lalu.

Super Elja masih akan mempercayakan para pemain lawas layaknya Bagus Nirwanto, Ega Rizky hingga muka baru seperti Samsul Arifin. Sementara itu, Persija tetap mengandalkan Marco Simic, Andritany Ardhiyasa, dan Riko Simanjuntak sebagai penyisir sisi lapangan pertahanan lawan.

Dari nama-nama tersebut, Samsul dan Riko tampaknya akan sering bertemu pada area yang sama. Keduanya sama-sama menjadi andalan kala melakoni Piala Menpora beberapa waktu silam.

Samsul Arifin

Datang dengan status sebagai pemain anyar, Samsul Arifin harus berjuang untuk mendapatkan pos bek kiri yang sebelumnya sudah terisi oleh Derry Rachman maupun Arthur Irawan

Pemain yang sebelumnya berkostum Persela Lamongan ini mampu bermain apik pada Piala Menpora 2021. Pada kesempatan itu, Samsul mampu membuat 2 asis pada saat melawan Persib Bandung. Ia mempunyai salah satu kualitas penting bagi bek sayap, yakni umpan-umpan silang yang seringkali membahayakan pertahanan lawan.

Berbekal kemampuan serta catatan statistik yang ia miliki, Dejan Antonic kemungkinan memilih pria berusia 36 tahun itu di sebelas pertama. Samsul berpotensi memenangkan persaingan di posisi ini atas Derry ataupun Arthur ketika menghadapi tim asal Ibukota.

Selain bertugas untuk memasok bola ke kotak penalti lawan, Samsul juga harus mewaspadai gerakan Riko Simanjuntak yang dikenal memiliki kecepatan diatas rata-rata untuk pemain Indonesia.

Namun, hal tersebut bukanlah masalah besar bagi pemain bernomor punggung 13 itu jika melihat performanya ketika mampu membuat Febri Haryadi tidak bisa berbuat banyak kala itu.

Riko Simanjuntak

Pria asal Pematang Siantar ini bukan lagi menjadi nama baru bagi publik Jakarta bahkan Indonesia. Akslerasi pemain yang akrab dengan nomor 25 itu seringkali menyulitkan pemain lawan untuk menghentikanya.

Semenjak bergabung bersama Persija di tahun 2018, Riko selalu menjadi pilihan pertama pada era kepelatihan Stefano Cugurra hingga Sudirman. Bermain sebanyak 32 kali dan menghasilkan 7 asis menjadikannya sebagai salah satu pilar penting bagi Persija Jakarta.

Di bawah racikan Angelo Alessio, Riko akan mengisi pos sayap kanan Macan Kemayoran ketika menghadapi Laskar Sembada. Kerjasamanya bersama Mario Simic diharapkan mampu menembus pertahanan Bagus Nirwanto dan kolega.

Walaupun tidak ada satu bola pun yang ia ceploskan ke gawang lawan pada Liga 1 sebelumnya, Riko memiliki umpan silang yang berbahaya untuk dikonversi menjadi gol oleh para penyerang Persija.

Selain itu, kecepatan pemain berpostur 1,58 meter tersebut berpotensi untuk memaksa para pemain belakang PSS melanggarnya. Situasi berbahaya dari bola mati dapat tercipta bagi Andritany dan kawan-kawan dari kondisi tersebut.

Komentar

Comments are closed.