Berita

Players to Watch: Kim Jeffrey dan Mukhlis Nakata

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Gelaran Liga 1 berlanjut ke pertandingan kedua pekan ini. Salah satu laganya akan mempertemukan antara Persiraja Banda Aceh melawan PS Sleman di Stadion Gelora Bung Karno pada hari Sabtu (11/9).

Pertandingan ini diprediksi akan berjalan menarik mengingat kedua tim belum mendapat hasil memuaskan di pekan perdana. Persiraja mengalami kekalahan 2-1 dari Bhayangkara FC, sedangkan PSS harus puas berbagi angka dengan Persija.

Laskar Rencong sendiri memberi perlawanan sengit pada Bhayangkara FC dengan melepas 9 tembakan dengan 5 di antaranya on target dan 1 tembakan berbuah gol.

Sementara itu, Super Elja walau hanya mampu menguasai bola sebanyak 46%, tetapi mencatatkan akurasi umpan sebanyak 80% yang salah satunya passing Irfan Jaya ke Arsyad Yusgiantoro yang berujung gol penyeimbang dari Irkham Mila.

Dari laga pekan pertama terdapat dua pemain yang bisa menjadi kunci dalam laga Persiraja kontra PSS. Ada nama gelandang naturalisasi, Kim Jeffrey Kurniawan, di kubu Laskar Sembada. Kemudian, Persiraja memiliki gelandang pengakut air Mukhlis Nakata.

Kim Jeffrey Kurniawan

Gelandang keturunan Jerman ini memiliki profil yang mentereng sebelum berlabuh dengan PSS. Ia pernah bermain di A-Junioren Bundesliga bersama Karlsruher SC. Kim menjadi kunci pula kala bermain di Pelita Bandung Raya asuhan Dejan Antonic.

Bersama Super Elja, adik ipar dari Irfan Bachdim itu juga masuk menjadi jajaran pemain terbaik turnamen saat mengarungi gelaran Piala Menpora 2021.

Datang pada awal tahun, Kim langsung menjadi pilihan utama Dejan untuk mengisi pos gelandang tengah. Ia selalu bermain penuh di bawah pelatih asal Serbia tersebut, dengan total 8 laga di Piala Menpora dan 1 pertandingan di Liga 1 sejauh ini.

Dejan memang kerap memasang dua pivot, dan Kim diberi peran untuk mengisi salah satunya. Pemain berpostur 167 cm itu diberi peran sebagai gelandang box-to-box.

Biasanya, ia dipasangkan dengan satu pemain tengah lain bertipe perebut bola. Dengan begitu, Kim bisa lebih leluasa untuk menciptakan ruang lewat pergerakan tanpa bola atau membantu PSS melakukan progresi dengan kualitas umpannya.

Mukhlis Nakata

Kubu Persiraja tentu saja tak akan membiarkan Kim bergerak leluasa. Oleh karena itu, Mukhlis yang mengisi pos gelandang bertahan tampaknya akan melaksanakan tugas tersebut.

Pemain kelahiran Banda Aceh tiga dekade silam itu menjalani seluruh karir sepak bolanya di Persiraja. Mengawali karir profesional sebagai pemain sayap, kini Mukhlis tampil sebagai penghenti serangan di lini tengah sekaligus kapten bagi timnya.

Walaupun saat ini kerap bermain lebih bertahan, namun kemampuan menyerang masih hinggap dalam dirinya. Oleh karena itu, ia juga dikenal bisa menjalankan tugas lain sebagai gelandang.

Pelatih Laskar Rencong, Hendri Susilo, bisa saja menempatkan Mukhilis di pos yang lebih ofensif, yakni gelandang tengah atau gelandang serang. Apapun peran yang akan dimainkan nanti, ia pasti akan banyak bertarung dengan Kim di lini kedua.

Komentar

Comments are closed.