Berita

Players to Watch: Ujian Para Penjaga Gawang

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Laga semifinal Liga 2 Indonesia 2018 akan kembali digelar dalam minggu ini, PSS Sleman dijadwalkan akan melakoni laga away terlebih dahulu dengan melawan Kalteng Putra di Stadion Tuah Pahoe (25/11). Format semifinal kali ini masih menggunakan sistem home & away. Dengan jeda istirahat yang tak banyak, PSS akan sedikit dirugikan mengenai hal tersebut ketimbang tim tuan rumah.

Yang menarik dalam pertandingan ini adalah ujian untuk kedua penjaga gawang Kalteng dan Laskar Sembada. Kedua penjaga gawang ini tampil cukup impresif selama berlaga di babak 8 besar lalu. Dan mengapa laga ini disebut ujian untuk sang penjaga gawang?

Tentu karena agresivitas kedua tim yang sangat berbahaya, oleh karena itu siapa yang paling sigap dalam mengamankan gawang masing-masing, akan sangat menentukan langkah ke tahap berikutnya.

Di kubu Super Elang Jawa punya seorang Ega Rizky sedangkan di kubu Kalteng Putra punya seorang Riki Pambudi. Penampilan apik mereka selama ini tentu bergantung dengan kualitas lini bertahan mereka, dan kualitas serangan sang lawan. Namun setidaknya kedua penjaga gawang tersebut kerap menunjukkan aksinya dengan penyelamatan berkelas.

Riki Pambudi

Kiper satu ini terbilang masih cukup muda. Namanya sempat naik manakala federasi mengupayakan pembinaan usia muda beberapa waktu yang lalu. Riki Pambudi namanya sempat melejit manakala ia memperkuat Mitra Kukar. Sedangkan musim ini ia memilih merumput bersama Kalteng Putra.

Penjaga gawang yang kini masih berusia 22 tahun itu tampil cukup apik sepanjang babak 8 besar Liga 2 Indonesia 2018. Dalam 6 laga yang ia mainkan, Riki Pambudi kebobolan sebanyak 7 gol, namun yang menjadi catatan penting adalah ia mampu tampil clean sheet saat Kalteng Putra bermain di kandangnya sendiri.

Akankah rekor apik seorang Riki Pambudi masih berlanjut di laga nanti? Semoga tidak.

Ega Rizky

Sorot mata Sleman Fans akhir-akhir ini mengarah ke sosok Ega Rizky. Bagaimana tidak, dalam laga terakhir kala PSS Sleman menghempaskan Persiraja Banda Aceh, ia mampu tampil clean sheet dengan sederet penyelamatan gemilang yang dibuatnya.

Jika Manchester United punya sosok David De Gea, PSS punya juga seorang David De Ega. Setidaknya penampilan cemerlangnya dalam beberapa laga mampu meminimalisir jumlah gol yang masuk ke jala PSS Sleman.

Di laga terakhir, ia tercatat melakukan high claims sebanyak 5 kali. Hal itu menunjukkan bahwa, meskipun dengan postur yang tidak terlalu tinggi,  ia tetap jago dalam duel udara saat sang lawan melakukan umpan lambung yang mengarah ke gawang. Sedangkan catatan lainnya adalah mantan kiper PSCS Cilacap ini di laga terakhirnya melakukan 3 kali penyelamatan penting.

Kedua tim yang akan tampil nanti bisa dibilang tim yang cukup produktif sepanjang gelaran Liga 2 Indonesia. Oleh karena itu, siapa yang paling berperan penting mengagalkan serangan lawan? Patut kita nantikan.

Komentar
Bagus Ananditya

Penikmat ketela bakar ketika waktu Maghrib tiba. Bisa ditemui di akun @BagusAnanditya

Comments are closed.